Beranda » News » Air sumur bau dan berwarna, berikut cara mudah menghilangkan bau dan menjernihkannya

Air sumur bau dan berwarna, berikut cara mudah menghilangkan bau dan menjernihkannya

T Diposting oleh pada 14 December 2017
F Kategori
b Comments Off on Air sumur bau dan berwarna, berikut cara mudah menghilangkan bau dan menjernihkannya
@ Dilihat 51170 kali

Air Sumur Bor Bau dan Berwarna? Ini Cara Mudah Menghilangkan Bau dan Menjernihkannya

Air menjadi salah satu kebutuhan penting dalam kehidupan manusia. Tidak heran, banyak orang melakukan berbagai hal agar bisa mendapatkan air. Untuk Anda yang tinggal di daerah pinggiran kota dan belum teraliri oleh air PDAM, mendapatkan air dengan jalan mengebor menjadi solusi terbaik. Sayangnya untuk Anda yang tinggal di daerah pedesaan atau pinggiran kota, air hasil sumur bor atau sumur galian ternyata masih belum layak konsumsi. Pasalnya, masih ditemui air sumur bor yang bau dan berwarna. Hal ini tentu sangat mengganggu karena air tidak bisa digunakan untuk kebutuhan sehari – hari seperti mencuci pakaian atau dimasak.

air minum air sumur

air sumur

Penyebab Air Sumur Berbau

Di Indonesia sendiri air sumur bor yang berbau atau berwarna bisa ditimbulkan oleh berbagai hal. Salah satunya karena dalam air tanah terkandung bahan – bahan atau unsur alam yang menyebabkan air berbau. Yang sering ditemukan di Indonesia sendiri, air tanah atau air bor sering terdapat kandungan logam besi yang tinggi sehingga menyebabkan air berbau amis atau bau karat. Selain karena unsur alam, air tanah yang berbau juga bisa disebabkan karena tercemar bahan pencemar. Hal ini terjadi pada daerah yang dekat perindustrian. Terkadang air tanah pun bercampur limbah yang ikut meresap ke tanah.

Air berbau juga bisa disebabkan karena adanya bakteri atau benda asing yang masuk ke aliran air tanah. Selain itu ada juga masalah air tanah yang berwarna. Hal ini biasanya disebabkan karena jarak antar sumur dengan toilet terlalu dekat. Tidak hanya itu, air bor yang berwarna juga bisa disebabkan adanya pencemaran dari limbah atau bakteri.

Cara Menghilangkan Bau dan Warna pada Air Sumur Bor

Seperti yang diketahui, tidak semua daerah bisa mendapatkan air bersih nan berkualitas. Ada dari beberapa prang yang lebih memilih menggunakan air sumur bor untuk memenuhi kebutuhan harian. Untuk menjaga air sumur tetap bersih atau untuk menghilangkan bau dan warna air sumur bor, berikut beberapa langkah yang bisa Anda lakukan.

  • Tampung Air Sumur Bor Sebelum Digunakan

Untuk menghilangkan bau air tanah, Anda bisa menampung air dari sumur terlebih dahulu sebelum digunakannya. Anda bisa menggunakan wadah dari tanah liat agar proses penghilangan bau lebih bersih dan sehat. Penggunaan wadah dari tanah liat sangat dianjurkan karena pH air bisa menjadi netral dengan mudah.

  • Campurkan Tawas atau Kaporit ke Dalam Tempak Penampungan Air Sumur Bor

Cara ini dianggap mampu mempercepat hilangnya kotoran yang menjadi penyebab air jadi bau dan berwarna. Gunakan takaran yang pas untuk mendapatkan air bersih yang diharapkan. Bila cara ini berhasil akan muncul kotoran – kotoran di dasar wadah.

  • Diamkan Air Sumur yang Ditampung Selama Beberapa Hari

Jangan gunakan air sumur bor yang telah diberi tawar atau kaporit. Biarkan air tampungan ini selama beberapa hari hingga bau dan warna pada air menghilang. Jangan gunakan air untuk konsumsi terlebih dahulu. Gunakan untuk kebutuhan mencuci baju atau keperluan lainnya.

Selain cara di atas, untuk mendapatkan air yang lebih bersih, Anda bisa mencoba untuk memperdalam sumur bor. Anda juga bisa melapisi dinding sumur dengan beton berkualitas agar air dari luar tidak bisa masuk ke sumur.

Bila Anda masih bingung dalam mengelola air tanah yang bau dan berwarna, Anda bisa menghubungi www.tirtamandiri.com. Kami merupakan perusahaan yang khusus menangani pengolahan air. Dengan pengolahan yang tepat dari kamu, Anda akan mendapatkan kualitas air yang sesuai dengan keinginan.

a Artikel Terkait Air sumur bau dan berwarna, berikut cara mudah menghilangkan bau dan menjernihkannya

Mesin Filtrasi air

Esensialitas Filtrasi Air dalam Aspek Biologis dan Ekologis

T 25 February 2017 F A admin

Filtrasi air. Semua makhluk hidup diketahui membutuhkan air. Tanaman membutuhkan air untuk berfotosintesis. Air dibutuhkan sebagai bagian penting dalam metabolisme. Secara umum, manusia membutuhkan satu sampai tujuh liter air setiap hari untuk menghindari dehidrasi. Persisnya tergantung pada banyak faktor; aktivitas,... Selengkapnya

Alat water treatment

Mari Mengenal Berbagai Teknologi Pengolahan Air Bersih

T 25 February 2017 F A admin

Air bersih merupakan kebutuhan penting bagi setiap orang karena air minum bersih dibutuhkan untuk menunjang kesehatan tubuh. Sayangnya, di daerah perkotaan terutama kota besar keberadaan air bersih yang layak konsumsi sudah semakin langka. Kabar baiknya, seiring dengan kemajuan teknologi terdapat... Selengkapnya

jasa water treatment

Proses Pengolahan Air Limbah Menjadi Air Bersih

T 29 December 2017 F A admin

Proses Pengolahan Air Limbah Menjadi Air Bersih Tidak bisa dipungkiri kebutuhan air saat ini terus meningkat. Terutama kebutuhan air bersih yang sejatinya digunakan untuk minum, mandi, memasak, dan kegiatan lainnya. Hasil dari penggunaan air tersebut kemudian dikenal dengan sebutan air... Selengkapnya

+ SIDEBAR

Anda memiliki permasalahan pada air bersih anda ? ada yang hendak ditanyakan ? Silahkan hubungi marketing kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai solusi yang harus dilakukan untuk menangani permasalahan air ditempat saudara.