Beranda » News » Cara Mengolah Air Sumur yang Kuning

Cara Mengolah Air Sumur yang Kuning

T Diposting oleh pada 16 December 2017
F Kategori
b Comments Off on Cara Mengolah Air Sumur yang Kuning
@ Dilihat 8741 kali

Ini Cara Mengolah Air Sumur yang Kuning agar Jernih

Di era pemukiman yang kian padat dan minimnya lahan perkebunan di area perkotaan membuat air tanah sering berwarna kuning bahkan berbau. Hal ini disebabkan tidak adanya penyaring alami sehingga air sumur tercemar oleh bakteri atau limbah sekitar. Hal ini tentu meresahkan bagi masyarakat yang menggunakan air sumur sebagai air utama untuk kebutuhan harian. Padahal kebutuhan air untuk mandi, mencuci hingga minum tidak bisa ditunda. Jika Anda memiliki uang lebih, tentu memilih untuk membeli pasokan air bersih. Namun, bila Anda tidak memiliki dana, tidak ada salahnya melakukan semacam pengolahan air sumur yang kuning agar jernih dengan mudah.

Kriteria Sumur yang Baik

Salah satu penyebab buruknya kualitas air sumur saat ini ialah karena pembuatan yang salah tempat hingga lingkungan yang memang kurang sesuai.  Untuk itu saat akan membangun sebuah sumur, Anda harus memperhatikan berbagai faktor seperti kedalaman sumur yang sebisa mungkin lebih dari 10 meter. Jarak antara sumur dengan toilet atau saluran air lainnya haruslah jauh agar tidak terjadi pencemaran. Dalam pembuatan sumur juga hindari area yang dekat pembuangan sampah. Ditakutkan adanya air limbah sampah yang bisa mencampuri air sumur. Buat sumur di daerah yang memiliki banyak tanaman berakar sebagai penyaring air bersih alami.

Mengolah air sumur yang kuning

Mengolah air sumur yang kuning

Mengolah Air Sumur agar Jernih

Bila Anda sudah terlanjur membuat sumur dan mendapati air sumir yang kuning hingga berbau, jangan patah semangat. Pasalnya masih ada beberapa cara untuk mengolah air dalam sumur agar jernih. Berikut cara untuk menjernihkan air sumur yang mudah.

  1. Menggunakan Tawas

Bahan batuan ini menjadi salah satu bahan alami yang sering digunakan untuk menjernihkan air. Anda bisa mendapatkan tawas dengan mudah seperti di toko – toko bangunan hingga pasar. Untuk mengolah air sumur dengan tawas, Anda bisa menghancurkan tawas hingga halus. Kemudian larutkan tawas dalam wadah berisi air. Tuang larutan tawas tersebut ke dalam sumur. Pastikan jumlah tawas yang digunakan ke dalam sumur sesuai.  Untuk permulaan, larutkan 1 kg tawas terlebih dahulu.

  1. Menggunakan Ijuk

Menjernihkan air sumur yang menguning juga bisa menggunakan ijuk. Serat pepohonan yang biasa digunakan sebagai sapu ini juga bisa menetralkan air sumur agar bisa digunakan untuk kebutuhan harian. Caranya, Anda buat rangkaian ijuk dengan diameter kurang lebih 1 meter. Buat 5 rangkaian ijuk dan tumpuk menjadi satu. Beri pemberat pada ijuk lalu masukkan ke dalam sumur. Pastikan ijuk bisa sampai ke dasar sumur. Sama seperti penggunaan tawas, pengolahan air sumur dengan ijuk membutuhkan waktu.

2. Menggunakan Arang Kelapa atau Karbon Aktif

Karbon aktif menjadi bahan ampuh dalam mengikat kotoran atau zat – zat yang menyebabkan air sumur berwarna kuning. Untuk itu, Anda bisa menggunakan arang kelapa sebagai pengganti karbon aktif. Caranya bungkus arang kelapa dengan bahan kain dan masukkan ke dalam sumur. Sesuaikan jumlah arang kelapa dengan banyaknya air dalam sumur

3. Menguras Sumur

Cara terakhir untuk mengolah air sumur agar jernih ialah menguras sumur. Anda bisa mengeluarkan air dalam sumur secara terus menerus hingga air yang keruh dan kotoran lain ikut terbuang.

4. Menggunakan Filter

Untuk menjernihkan air sumur yang berwarna, Anda bisa menggunakan filter. Anda bisa mencoba menghubungi kami. Dan Anda bisa mendapatkan alat pengolahan air dengan kemampuan terbaik.

a Artikel Terkait Cara Mengolah Air Sumur yang Kuning

Mesin air isi ulang galon dan tips untuk memilih

T 11 December 2017 F A admin

Peluang usaha yang tidak pernah mengenal musim dan selalu laris dipasaran adalah bisnis air isi ulang galon. Bisnis ini menjanjikan laba yang sangat besar apalagi dimusim kemarau. Tapi agar usaha tersebut dapat berjalan lancar dan mendapat kepercayaan dari konsumen, pebisnis... Selengkapnya

Mesin Filtrasi air

Esensialitas Filtrasi Air dalam Aspek Biologis dan Ekologis

T 25 February 2017 F A admin

Filtrasi air. Semua makhluk hidup diketahui membutuhkan air. Tanaman membutuhkan air untuk berfotosintesis. Air dibutuhkan sebagai bagian penting dalam metabolisme. Secara umum, manusia membutuhkan satu sampai tujuh liter air setiap hari untuk menghindari dehidrasi. Persisnya tergantung pada banyak faktor; aktivitas,... Selengkapnya

air layak pakai

Kerusakan Lingkungan dan Dampaknya Terhadap Sumber Air Bersih

T 25 February 2017 F A admin

Meskipun saat ini air bersih masih bisa didapatkan, misalnya dengan membeli air mineral atau bahkan alat pada produsen atau distributor yang jual mesin filtrasi, tetapi alangkah baiknya kita lebih peduli dan peka pada lingkungan yang menjadi sumber air bersih.  ... Selengkapnya

+ SIDEBAR

Anda memiliki permasalahan pada air bersih anda ? ada yang hendak ditanyakan ? Silahkan hubungi marketing kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai solusi yang harus dilakukan untuk menangani permasalahan air ditempat saudara.