Beranda » News » Cara mengolah air tanah asin menjadi air bersih

Cara mengolah air tanah asin menjadi air bersih

T Diposting oleh pada 15 December 2017
F Kategori
b Comments Off on Cara mengolah air tanah asin menjadi air bersih
@ Dilihat 31229 kali

Tips mengolah air tanah asin menjadi air bersih 

Bagi Anda yang tinggal di daerah pesisir pantai atau daerah bekas rawa, mendapatkan air bersih memang sulit. Pasalnya banyak air sumur di daerah tersebut yang terasa asin sehingga kurang cocok untuk keperluan harian seperti minum, mengolah makanan maupun mandi dan cuci. Padahal air merupakan kebutuhan hidup yang penting bagi manusia. Tidak heran, beberapa orang yang tinggal di daerah pantai atau rawa harus melakukan pengolahan lebih dulu agar air tanah asin menjadi air bersih yang bisa digunakan. Namun, sebelum melakukan pengolahan lebih lanjut, Anda harus memahami penyebab mengapa air sumur bisa terasa asin?

air tanah asin

Dikutip dari http://akbardk.blogspot.xxx

Penyebab air sumur menjadi asin

Untuk daerah yang dekat pantai atau rawa, sering kali masalah air tanah yang terasa asin menjadi masalah serius. Penyebab air terasa asin pun cukup banyak salah satunya karena adanya penyusupan atau intrusi air laut. Pada kondisi alami, air tanah akan mengalir terus menerus ke laut. Berat jenis air asin sedikit lebih besar daripada berat jenis air tawar, maka air laut akan mendesak air tawar di dalam tanah lebih ke hulu.

Namun, akibat keseimbangan sistem yang terganggu seperti pemompaan air tanah yang berlebihan, karakteristik pantai dan batuan penyusun membuat penyusupan air laut ke air sumur kian meningkat. Hal inilah yang menyebabkan air tanah menjadi asin sehingga tidak dapat lagi digunakan untuk konsumsi atau kebutuhan harian.

Berikut beberapa cara mengolah air tanah yang asin menjadi air tawar 

Pada dasarnya, tips mengolah air asin menjadi air yang bisa digunakan ialah dengan jalan memisahkan air dan garam sehingga didapati air tawar. Beberapa tips yang bisa dilakukan ialah:

  1. Penyulingan

Untuk mengolah air sumur asin agar bisa digunakan bisa melalui proses penyulingan. Salah satu cara alami penyulingan ialah menguapkan air yang asin kemudian mengembunkan uapnya kembali. Jadi saat air tanah yang asin dipanaskan atau direbut, hanya air yang akan menguap, sedangkan garam – garam tetap larut dalam larutan tersisa.

  1. Reverse Osmosis

Sistem ini dikerjakan dengan cara memberikan tekanan pada air yang asin sehingga memaksa molekul – molekul air murni menembus sebuah membrane, sedangkan sisanya yang bisa berupa garam, bahan organic hingga bakteri akan tertinggal di penyaringan. Sistem ini dapat dikerjakan secara terus menerus sehingga mampu menghasilkan kemurnian air mencapai 99%. Dengan tingkat produksi yang tinggi, sistem ini menjadi cara paling gampang untuk mengolah air tanah asin. Sistem ini juga diklaim lebih hemat tempat dan tentu saja hemat energi dibanding sistem penyulingan.

Pencegahan Intrusi Air Laut

Setelah berhasil mengolah air yang asin, Anda juga harus mampu mengendalikan intrusi laut agar tidak semakin parah. Caranya dengan memindah lokasi sumur lebih ke arah hulu. Hal ini membuat tekanan air tanah akan bertambah besar. Selain itu, Anda juga bisa menambah kedalaman sumur hingga kurang lebih 100 meter. Dengan cara ini, sumber air yang didapat akan menjadi lebih bagus. Namun, cara ini memiliki kekurangan karena air tanah yang keluar biasanya memiliki warna berbeda dan suhu diatas rata – rata dari air sumur biasanya.

Untuk mengurangi  intrusi, Anda juga bisa menambah vegetasi atau tumbuhan di sekitar pantai. Hal ini berguna karena tumbuhan bisa mengontrol pergerakan pasir hingga mengontrol pergerakan air laut yang masuk ke tanah.

Demikian sedikit tips mengolah air tanah air menjadi air bersih. Jika Anda masih kesulitan mendapatkan air bersih, Anda bisa menghubungi www.tirtamandiri.com saja.

a Artikel Terkait Cara mengolah air tanah asin menjadi air bersih

Alat water treatment

Mari Mengenal Berbagai Teknologi Pengolahan Air Bersih

T 25 February 2017 F A admin

Air bersih merupakan kebutuhan penting bagi setiap orang karena air minum bersih dibutuhkan untuk menunjang kesehatan tubuh. Sayangnya, di daerah perkotaan terutama kota besar keberadaan air bersih yang layak konsumsi sudah semakin langka. Kabar baiknya, seiring dengan kemajuan teknologi terdapat... Selengkapnya

Mesin Filtrasi air

Esensialitas Filtrasi Air dalam Aspek Biologis dan Ekologis

T 25 February 2017 F A admin

Filtrasi air. Semua makhluk hidup diketahui membutuhkan air. Tanaman membutuhkan air untuk berfotosintesis. Air dibutuhkan sebagai bagian penting dalam metabolisme. Secara umum, manusia membutuhkan satu sampai tujuh liter air setiap hari untuk menghindari dehidrasi. Persisnya tergantung pada banyak faktor; aktivitas,... Selengkapnya

air minum sehat

Faktor Penentu Air Minum Sehat dan Aman Dikonsumsi

T 13 December 2017 F A admin

Faktor Penentu Air Minum Sehat dan Aman Dikonsumsi Sebenarnya tidak terlalu sulit untuk memilih air minum sehat yang aman dikonsumsi. Paling tidak terdappat 3 ciri utama yang harus selalu diperhatikan ketika akan meminum air tersebut. Dengan mengkonsumsi air minum yang... Selengkapnya

+ SIDEBAR

Anda memiliki permasalahan pada air bersih anda ? ada yang hendak ditanyakan ? Silahkan hubungi marketing kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai solusi yang harus dilakukan untuk menangani permasalahan air ditempat saudara.