Beranda » News » Faktor Penentu Air Minum Sehat dan Aman Dikonsumsi

Faktor Penentu Air Minum Sehat dan Aman Dikonsumsi

T Diposting oleh pada 13 December 2017
F Kategori
b Comments Off on Faktor Penentu Air Minum Sehat dan Aman Dikonsumsi
@ Dilihat 2071 kali

Faktor Penentu Air Minum Sehat dan Aman Dikonsumsi

Sebenarnya tidak terlalu sulit untuk memilih air minum sehat yang aman dikonsumsi. Paling tidak terdappat 3 ciri utama yang harus selalu diperhatikan ketika akan meminum air tersebut. Dengan mengkonsumsi air minum yang sehat, tubuh akan terlindung dari serangan penyakit terutama yang diakibatkan oleh konsumsi air tidak memenuhi persyaratan kesehatan.

Manfaat Air untuk Tubuh

Salah satu manfaat terpenting air untuk tubuh adalah menghilangkan rasa haus dan dehidrasi atau kekurangan cairan. Tubuh yang kekurangan cairan akan mudah lemas dan tidak nyaman untuk melakukan kegiatan.

Fungsi berikutnya dari air yaitu untuk menjaga keseimbangan cairan dan melancarkan sistem kerja pada organ-organ tubuh misalnya mencerna makanan, mengalirkan darah, mengalirkan oksigen dan sebagainya. Air juga berperan untuk menjaga suhu tubuh agar tetap stabil.

air minum sehat

Pengolahan air minum dalam kemasan, air minum sehat

Tanpa air, tidak mungkin tubuh akan mampu mengeluarkan racun. Karena racun yang ada di dalam tubuh akan dikeluarkan melalui keringat, urine dan proses buang air besar. Jika terlalu lama terpendam dalam tubuh, racun bisa menimbulkan berbagai macam gangguan kesehatan. Oleh karena itu mengkonsumsi air minum sehat setiap hari merupakan suatu keharusan.

Ciri Utama Air Minum yang Sehat

Air minum yang sehat selalu memiliki warna bening atau transparan dan tidak menimbulkan bau dan aroma tidak sedap saat didekatkan dengan hidung. Selain itu suhu air minum tersebut  suhunya harus lebih rendah dibanding suhu luar atau suhu dalam ruang dimana air diletakan. Satu hal yang tidak kalah penting, air minum tidak boleh mengandung material tersuspensi. Untuk industri air minum dalam kemasan, terdapat beberapa alat filtrasi yang digunakan untuk menyaring beberapa partikel tersuspensi tersebut.

Itulah beberapa ciri fisik utama yang harus ada dalam setiap tiap air minum. Lanjut pada ciri mikrobiologi, tidak boleh ada satupun bakteri yang mengotori dan mencemarinya. Air minum harus terbebas dari pemunculan bakteri patogen karena bakteri ini sering jadi sumber pertama pemunculan penyakit.

Ciri ketiga atau terakhir dari air minum yang sehat merupakan ciri kimia. Dalam setiap teguk maupun tetesannya, air yang dipakai untuk minum harus mengandung zat-zat khusus seperti zat besi, klorida serta mangan dengan kadar atau jumlah tertentu sesuai standar kesehatan.

Kurangnya kandungan zat-zat tersebut di air minum dapat memunculkan ketidakseimbangan pada beberapa organ tubuh. Hal yang sama juga akan terjadi ketika jumlah kandungan zatnya terlalu berlebihan. Untuk mengetahui berapa jumlah kandungan zat yang ada pada air, pilihan terbaiknya adalah melakukan pengujian dan pengetesan di laboratorium.

Ciri Air Minum Tidak Sehat

Setelah mengetahui ciri-ciri air minum sehat, tidak ada salahnya mengenali ciri-ciri air yang tidak sehat dan tidak aman dikonsumsi. Pertama, airnya tidak berwarna jernih dan cenderung keruh. Hal ini menandakan jika air minum tersebut tercemar oleh beberapa bakteri merugikan yang dapat memicu terjadinya serangan penyakit.

Air minum yang tidak sehat sering juga ditandai dengan munculnya bau tidak sedap, karena mengandung zat-zat tertentu yang membayakan kesehatan. Beberapa jenis zat yang biasanya mencemari air dan memunculkan bau tidak sedap antara lain yaitu kromium, arsenik, timbal dan senyawa organik sintetis lain yang berasal dari unsur logam.

Ciri berikutnya yang biasanya terdapat dalam air minum tidak sehat adalah ketika diteteskan pada benda tertentu seperti kain selalu meninggalkan noda kotoran berwarna coklat atau hijau kebiruan. Jika menemukan air dengan ciri seperti ini, tandanya air tersebut mengandung zat klorin yang berasal dari tembaga dan jika tetap dimimun akan menimbulkan sakit di ginjal.

Untuk mendapatkan air minum sehat yang aman dikonsumsi, sebaiknya diambil dari sumber yang bebas dari polusi dan pencemaran. Selanjutnya agar bisa menemukan sumber air terbaik baca informasi selengkapnya di situs internet dengan alamat http://www.tirtamandiri.com.

a Artikel Terkait Faktor Penentu Air Minum Sehat dan Aman Dikonsumsi

air minum air sumur

Amankah Minum Air Dari Mata Air Langsung Tanpa Disaring

T 17 March 2017 F A admin

Bagi sebagian orang yang tinggal di wilayah pegunungan mungkin akan sering bertemu dengan mata air. Mata air ini biasanya tampak jernih dan segar. Jika dilihat sekilas pasti yang melihatnya akan tergoda untuk segera meminumnya. Akan tetapi meskipun terlihat bersih dan... Selengkapnya

air minum air sumur

Air sumur bau dan berwarna, berikut cara mudah menghilangkan bau dan menjernihkannya

T 14 December 2017 F A admin

Air Sumur Bor Bau dan Berwarna? Ini Cara Mudah Menghilangkan Bau dan Menjernihkannya Air menjadi salah satu kebutuhan penting dalam kehidupan manusia. Tidak heran, banyak orang melakukan berbagai hal agar bisa mendapatkan air. Untuk Anda yang tinggal di daerah pinggiran... Selengkapnya

air layak pakai

Cara Menyaring Air Kotor Menjadi Air Bersih

T 16 March 2017 F A admin

  Air adalah sumber kehidupan manusia yang tidak bisa digantikan dengan yang lainnya. Kebutuhannya yang sangat mutlak untuk semua orang bahkan hewan dan tumbuhan juga membutuhnyan keberadaannya. Karena kegunaannya yang sangat bervariasi, dari minum, mencuci baju, memasak, mandi, cebok, mencuci... Selengkapnya

+ SIDEBAR

Anda memiliki permasalahan pada air bersih anda ? ada yang hendak ditanyakan ? Silahkan hubungi marketing kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai solusi yang harus dilakukan untuk menangani permasalahan air ditempat saudara.