Beranda » News » Jenis jenis air yang bisa digunakan untuk kehidupan sehari-hari

Jenis jenis air yang bisa digunakan untuk kehidupan sehari-hari

T Diposting oleh pada 29 December 2017
F Kategori
b Comments Off on Jenis jenis air yang bisa digunakan untuk kehidupan sehari-hari
@ Dilihat 5761 kali

Jenis jenis air

Berbicara mengenai air, tentu tidak terlepas dari kebutuhan hidup. Air merupakan salah satu kebutuhan pokok makhluk hidup. Tidak hanya manusia, hewan dan tumbuhan pun sejatinya membutuhkan air untuk keberlangsungan hidupnya. Maka tidak heran jika air menjadi hal penting yang harus selalu ada dan tersedia dimana pun makhluk hidup berada.

Dalam penggunaannya, air sendiri banyak dibutuhkan dalam berbagai kegiatan. Contoh paling sederhananya adalah untuk minum, mandi atau bersuci, dan lain sebagainya. Untuk bisa melakukan kegiatan tersebut, tentu dibutuhkan air yang bersih, jernih, dan layak digunakan. Namun, pada kenyataanya air yang tersedia tidak semuanya layak digunakan atau dikonsumsi. Hal ini berkaitan dengan sumber dari mana air tersebut diperoleh.

Jenis-jenis Air

Seperti yang sudah banyak diketahui, air merupakan hal penting dalam kehidupan. Banyak jenis-jenis air yang bisa digunakan sebagai penunjang kebutuhan. Beberapa jenis air di antaranya adalah sebagai berikut.

  1. Air Hujan

Air yang turun dari langit ini disebabkan oleh proses kondensasi uap air yang naik ke permukaan bumi, sehingga membentuk awan. Ketika sudah menjadi awan, air hujan pun turun dan dapat ditampung untuk digunakan sebagai air minum dan kebutuhan lainnya. Untuk dijadikan air minum, air hujan yang sudah ditampung ini diharuskan melalui proses penetralan serta penambahan kalsium untuk mengisi kandungan kalsium pada air hujan.

Jika Anda banyak memanfaatkan air hujan, Anda bisa menggunakan mesin pengolahan air yang tersedia di Tirta Mandiri. Di sini, Anda tidak hanya bisa mengolah air menjadi layak untuk dikonsumsi, tetapi aman juga digunakan.

Jenis jenis air mata air pabrik air minum dalam kemasan

Sumber mata air pergunungan

 

  1. Air Sungai atau Danau

Seperti halnya air hujan, air yang bersumber dari sungai dan danau biasanya hasil dari resapan air hujan yang jatuh dari langit. Untuk menggunakannya sebagai air minum atau kebutuhan lainnya, air dari sungai dan danau ini juga perlu diolah dan melalui beberapa proses. Mengingat, sungai dan danau saat ini sudah banyak tercemar. Hal ini bertujuan agar air yang nantinya dikonsumsi benar-benar jernih, higienis, dan memiliki kandungan yang bermanfaat.

  1. Mata Air

Mata air pada dasarnya memancarkan air yang siap dikonsumsi. Air dari sumber alam ini keluar dari akuifer menuju permukaan tanah. Namun, untuk mengkonsumsinya ada baiknya air tersebut diolah terlebih dahulu untuk menjamin kualitas dan terjaganya air dari pencemaran tanah yang menjadi jalan keluarnya dari mata air.

  1. Air Sumur Pompa Dangkal

Seperti namanya, air ini berasal dari lapiran air didalam tanah yang dangkal. Biasanya air akan memancar dari permukaan tanah dengan kedalaman 5-15 meter. Air jenis ini disarankan untuk diolah terlebih dahulu, karena saluran air rentan terhadap pencemaran, baik itu dari sampah, kotoran, dan lain sebagainya.

  1. Air Sumur Dalam

Berbeda dengan air sumur sebelumnya, air sumur dalam ini biasanya akan memancar pada kedalaman 15 meter dari permukaan tanah. Beberapa ahli mengatakan, air dari sumur dalam ini bisa langsung dikonsumsi, baik itu untuk diminum langsung maupun untuk dipergunakan sebagai kebutuhan lain. Mengingat, air dari sumur dalam ini jauh dari pencemaran dan cenderung memiliki kesamaan dengan air yang langsung dari mata airnya.

Selain kelima jenis air di atas, ada beberapa jenis air lain yang juga biasa dipergunakan oleh makhluk hidup. Yang harus menjadi perhatian adalah bagaimana cara pengolahan agar air yang didapat bisa layak dikonsumsi.

Karena, dari beberapa penjelasan diatas, tidak semua jenis air bisa langsung dikonsumsi. Perlu pengolahan agar air benar-benar layak. Salah satu cara pengolahannya adalah dengan menggunakan mesin pengolahan air dari Tirta Mandiri. Anda bisa mendapatkan informasi selengkapnya mengenai air dan cara pengolahan di www.tirtamandiri.com. Semoga bermanfaat!

a Artikel Terkait Jenis jenis air yang bisa digunakan untuk kehidupan sehari-hari

kadar ph air yang baik dalam air minum

Kadar pH Air yang paling ideal untuk digunakan

T 15 January 2018 F A admin

Kadar ph air merupakan hal yang perlu diperhatikan juga dalam air yang kita konsumsi sehari-hari. Air begitu penting dalam kehidupan manusia. Bahkan, dalam tubuh manusia hampir seluruhnya mengandung air. Tidak heran jika dalam kesehariannya, manusia tidak bisa lepas dari peran... Selengkapnya

Mengolah air sumur yang kuning

Air Bau Besi! Bagaimana Cara Mengatasinya?

T 4 March 2017 F A admin

Air selalu menjadi kebutuhan pokok bagi kehidupan. Selain untuk keperluan minum dan makan, air juga digunakan untuk mandi dan mencuci. Hal yang menjadi masalah adalah tidak semua tempat tinggal menyediakan air bersih. Banyak daerah yang ditemukan memiliki kualitas air yang... Selengkapnya

Cara mengolah air tanah asin menjadi air bersih

T 15 December 2017 F A admin

Tips mengolah air tanah asin menjadi air bersih  Bagi Anda yang tinggal di daerah pesisir pantai atau daerah bekas rawa, mendapatkan air bersih memang sulit. Pasalnya banyak air sumur di daerah tersebut yang terasa asin sehingga kurang cocok untuk keperluan... Selengkapnya

+ SIDEBAR

Anda memiliki permasalahan pada air bersih anda ? ada yang hendak ditanyakan ? Silahkan hubungi marketing kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai solusi yang harus dilakukan untuk menangani permasalahan air ditempat saudara.