Beranda » News » Kadar pH Air yang paling ideal untuk digunakan

Kadar pH Air yang paling ideal untuk digunakan

T Diposting oleh pada 15 January 2018
F Kategori
b Comments Off on Kadar pH Air yang paling ideal untuk digunakan
@ Dilihat 26501 kali

Kadar ph air merupakan hal yang perlu diperhatikan juga dalam air yang kita konsumsi sehari-hari. Air begitu penting dalam kehidupan manusia. Bahkan, dalam tubuh manusia hampir seluruhnya mengandung air. Tidak heran jika dalam kesehariannya, manusia tidak bisa lepas dari peran air. Dalam prosesnya, air dalam tubuh manusia memiliki pH normal berkisar antara 6.5 – 8.5. Air dalam tubuh manusia ini tidak hanya menempati ruang dalam tubuh, tetapi juga membantu kinerja organ didalamnya.

Seperti pada enzim tubuh manusia, sebagian besar enzim akan memproses dan bekerja dalam tubuh pada rentang pH di antara 6.5 – 8.5. Yang artinya, enzim dalam tubuh akan bersinergi dengan kadar pH air dalam tubuh, sehingga setiap proses atau kinerja organ dapat maksimal dan berjalan dengan lancar. Maka dari itu, banyak dokter menyarankan untuk mengonsumsi air putih yang memiliki kadar pH di angka 6.5 – 8.5. Lalu, bagaimana cara menaikkan atau menurunkan pH dalam air agar bisa mencapai pH normal? Berikut uraiannya;

Menaikkan dan Menurunkan pH Air

Kadar pH air memang penting untuk tubuh. Tidak hanya berfungsi untuk menyegarkan ketika dahaga, pH air juga berfungsi untuk membantu proses kinerja organ dalam tubuh. Dalam perkembangannya, tidak banyak air minum yang dikonsumsi oleh kita memiliki kandungan pH yang cukup. Ada beberapa jenis air yang memiliki pH dibawah normal atau bahkan melebihi pH air yang dibutuhkan oleh tubuh. Oleh karenanya, berikut ini akan dibahas mengenai cara menaikkan dan menurunkan pH dalam air.

kadar ph air yang baik dalam air minum

kadar ph air

  1. Menaikkan pH Air

Untuk menaikkan pH dalam ari, bisa dilakukan dengan 2 cara, yaitu dengan cara kimiawi dan non kimiawi. Pada cara non kimiawi, Anda bisa menggunakan batu kapur atau batu karang yang banyaknya bisa disesuaikan dengan pH air diawal. Jenis bebatuan ini tidak mudah surut atau rapuh terkena air. Bahkan, terbukti dapat menaikkan kadar pH dalam air.

Cara menaikkan pH air secara kimiawi bisa dilakukan dengan menambahkan soda ash pada bak penampungan air. Sama seperti pada penggunaan bebatuan, banyaknya soda ash yang ditambahkan pada bak penampungan bisa Anda aur sesuai dengan kadar pH air sebelumnya. Semakin rendah kadar pH air di awal maka semakin banyak pula soda ash yang dimasukkan. Proses penambahan bahan ini membutuhkan waktu sekitar 3-7 hari, hingga kadar pH air benar-benar naik.

  1. Menurunkan pH Air

Seringkali kita melihat fenomena bahkan berbagai media menjelaskan bahwa kadar pH air yang tinggi bagi untuk dikonsumsi oleh tubuh. Padahal, pada kenyataannya pH air yang berada diatas normal 6.5 – 8.5 dapat menekan kinrja enzim dalam tubuh. Itu artinya, pernyataan mengenai tingginya pH dalam air baik itu adalah salah.

Untuk menurunkan kadar pH air yang tingginya diatas normal, Anda bisa menggunakan tawas sebagai media atau bahannya. Tawas nyatanya tidak hanya bisa menjadi penjernih air yang keruh atau kecoklatan. tawas juga bisa menurunkan kadar pH air yang tinggi. Dalam penggunaanya, Anda bisa menambahkan tawas kedalam air yang ingin Anda konsumsi. Diamkan tawasa dalam air beberapa hari maka pH air akan turun sesuai dengan jumlahnya.

Cara pengaturan pH air di atas bisa Anda coba dirumah. Anda juga bisa menghubungi Tirta Mandiri sebagai perusahaan pengolah air untuk membantu Anda mengatur pH air menjadi normal dan baik untuk dikonsumsi. Tidak hanya air dalam jumlah yang kecil, air dengan jumlah yang besar pun bisa diolah sedemikian rupa sehingga menghasilkan air dengan kandungan mineral dan pH yang baik untuk tubuh.

Untuk mendapatkan informasi lebih lengkapnya, Anda cukup mengunjungi website resminya di www.tirtamandiri.com. Semoga bermanfaat!

a Artikel Terkait Kadar pH Air yang paling ideal untuk digunakan

Mengolah air sumur yang kuning

Cara Mengolah Air Sumur yang Kuning

T 16 December 2017 F A admin

Ini Cara Mengolah Air Sumur yang Kuning agar Jernih Di era pemukiman yang kian padat dan minimnya lahan perkebunan di area perkotaan membuat air tanah sering berwarna kuning bahkan berbau. Hal ini disebabkan tidak adanya penyaring alami sehingga air sumur... Selengkapnya

Cara mengolah air tanah asin menjadi air bersih

T 15 December 2017 F A admin

Tips mengolah air tanah asin menjadi air bersih  Bagi Anda yang tinggal di daerah pesisir pantai atau daerah bekas rawa, mendapatkan air bersih memang sulit. Pasalnya banyak air sumur di daerah tersebut yang terasa asin sehingga kurang cocok untuk keperluan... Selengkapnya

air layak pakai

Cara Menyaring Air Kotor Menjadi Air Bersih

T 16 March 2017 F A admin

  Air adalah sumber kehidupan manusia yang tidak bisa digantikan dengan yang lainnya. Kebutuhannya yang sangat mutlak untuk semua orang bahkan hewan dan tumbuhan juga membutuhnyan keberadaannya. Karena kegunaannya yang sangat bervariasi, dari minum, mencuci baju, memasak, mandi, cebok, mencuci... Selengkapnya

+ SIDEBAR

Anda memiliki permasalahan pada air bersih anda ? ada yang hendak ditanyakan ? Silahkan hubungi marketing kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai solusi yang harus dilakukan untuk menangani permasalahan air ditempat saudara.