Beranda » News » Teknik Pemilihan, Pemasangan, dan Perawatan mesin pompa air

Teknik Pemilihan, Pemasangan, dan Perawatan mesin pompa air

T Diposting oleh pada 12 December 2017
F Kategori
b Comments Off on Teknik Pemilihan, Pemasangan, dan Perawatan mesin pompa air
@ Dilihat 2659 kali

Air bersih merupakan kebutuhan utama rumah tangga dan sering digunakan untuk memasak, mandi, mencuci baju dan sebagainya. Salah satu cara untuk mendapatkannya adalah dengan memakai mesin pompa air yang berfungsi sebagai penyedot kebutuhan tersebut dari dalam tanah.

Teknik Pemilihan

Sebelum menentukan dan memilih jenis mesin pompa yang mau digunakan, sebaiknya diukur lebih dulu kedalaman sumber air. Apabila sumber air tersebut merupakan sumber lama, cara pengukurannya dapat menggunakan paku yang diikatkan pada benang lalu dimasukan dalam sumber air sehingga kedalamannya bisa diketahui dari ukuran panjang benang.

Satu hal yang perlu dipertimbangkan dalam sistem pengukuran ini adalah saat datang musim kemarau dimana permukaan air akan mengalami penyusutan. Sehingga ukuran kedalamannya perlu ditambah sekitar 1 hingga 2 meter dari permukaan. Sedangkan untuk sumber air yang masih baru, tinggal disesuaikan dengan kedalaman sumber air yang baru saja ditemukan.

Mesin pompa air terbaik

Salah satu jenis mesin pompa air

Jika kedalaman airnya kurang dari 7 meter, pilih mesin pompa jenis dangkal. Lalu untuk air yang kedalamannya antara 7 hingga 9 meter, juga menggunkan mesin pompa dangkal namun dari tipe yang berbeda, yaitu semi jet pump. Berikutnya untuk kedalaman dengan ukuran lebih dari 9 meter, jenis mesin pompa air terbaik yang harus dipilih adalah tipa jet pump.

Selanjutnya daya hisap mesin juga harus jadi bahan pertimbangan. Standar hisap pada mesin pompa pada umumnya diukur dari ukuran kedalaman permukaan air paling maksimal dimana sumber air bisa terhisap. Perlu diperhatikan disini, maksud dari maksimal belum pasti optimal Contohnya, daya hisap maksimal 10 liter tetapi butuh waktu hingga 1 jam. Tentu hal ini dapat dikatakan kurang efisien.

Dari daya hisap, lanjut ke sistem penggunaan daya listrik. Kebutuhan daya listrik pada mesin pompa untuk sumur dangkal sekitar 125 sampai 200 watt, mesin model semi jet pump antara 100 hingga 250 watt dan mesin jet pump lebih dari 250 watt.

Besarnya kebutuhan daya listrik ini tidak ada kaitannya sama sekali dengan daya hisap tetapi sangat berpengaruh terhadap kapasitas. Misalnya mesin pompa yang memerlukan daya listrik 250 watt pasti memiliki daya hisap lebih tinggi dibanding mesin pompa lain yang hanya perlu daya listrik sebesar 125 watt saja. untuk mesin ro biasanya membutuhkan pompa dengan daya yang lebih besar dibanding dengan mesin pada umumnya.

Teknik Pemasangan

Hal utama yang perlu diperhatikan saat memasang mesin pompa air adalah posisinya sebisa mungkin berdekatan dengan sumber air. Selain itu lokasinya harus dilengkapi dengan sistem sirkulasi udara yang baik dan terlindung dari hujan, genangan air serta pancaran panas cahaya matahari.

Kemudian untuk sitem instalasi terutama di bagian pipanya, jika ada kelokannya harus dapat diusahakan agar jumlahnya seminim mungkin. Tujuannya untuk menghindari kebocoran serta memaksimalkan daya hisap sekaligus daya sembur mesin.

Lakukan pengeleman secara sempurna terutama pada bagian pipa hisap agar tidak ada udara yang masuk. Masuknya udara dalam pipa hisap bisa berpengaruh terhadap sistem kerja mesin dimana air tidak dapat terhisap dengan lancar. Jika dibiarkan secara terus menerus, mesin jadi tidak awet dan mudah rusak.

Teknik Perawatan

Selain menjaga agar tidak ada udara yang masuk dalam sistem instalasi, masih ada beberapa tips lain yang bisa dilakukan untuk menjaga keawetan pompa air. Misalnya pada stop kontak, jangan dipakai untuk meletakan beberapa steker sekaligus karena dapat menimbulkan panas yang berlebihan.

Ketika tower air atau sumber air sedang kosong, jangan menyalakan mesin pompa karena hal ini dapat mempercepat proses keausan. Lalu yang terakhir, jika ingin mendapatkan informasi lengkap tentang jenis mesin pompa air dengan kualitas terbaik dan awet, silahkan membuka halaman situs http://www.tirtamandiri.com di internet

a Artikel Terkait Teknik Pemilihan, Pemasangan, dan Perawatan mesin pompa air

air minum air sumur

Amankah Minum Air Dari Mata Air Langsung Tanpa Disaring

T 17 March 2017 F A admin

Bagi sebagian orang yang tinggal di wilayah pegunungan mungkin akan sering bertemu dengan mata air. Mata air ini biasanya tampak jernih dan segar. Jika dilihat sekilas pasti yang melihatnya akan tergoda untuk segera meminumnya. Akan tetapi meskipun terlihat bersih dan... Selengkapnya

air layak pakai

Cara Menyaring Air Kotor Menjadi Air Bersih

T 16 March 2017 F A admin

  Air adalah sumber kehidupan manusia yang tidak bisa digantikan dengan yang lainnya. Kebutuhannya yang sangat mutlak untuk semua orang bahkan hewan dan tumbuhan juga membutuhnyan keberadaannya. Karena kegunaannya yang sangat bervariasi, dari minum, mencuci baju, memasak, mandi, cebok, mencuci... Selengkapnya

kadar ph air yang baik dalam air minum

Kadar pH Air yang paling ideal untuk digunakan

T 15 January 2018 F A admin

Kadar ph air merupakan hal yang perlu diperhatikan juga dalam air yang kita konsumsi sehari-hari. Air begitu penting dalam kehidupan manusia. Bahkan, dalam tubuh manusia hampir seluruhnya mengandung air. Tidak heran jika dalam kesehariannya, manusia tidak bisa lepas dari peran... Selengkapnya

+ SIDEBAR

Anda memiliki permasalahan pada air bersih anda ? ada yang hendak ditanyakan ? Silahkan hubungi marketing kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai solusi yang harus dilakukan untuk menangani permasalahan air ditempat saudara.