Apa Itu Water Treatment? Penjelasan Lengkapnya di Sini!

//
Home » News » Apa Itu Water Treatment? Penjelasan Lengkapnya di Sini!

Air yang tersedia di alam sangatlah melimpah. Hanya saja, ada air yang layak konsumsi dan ada pula yang tidak memenuhi standar kesehatan karena kandungannya.

Maka dari itu, perlu ada water treatment agar air layak konsumsi. Proses apakah itu? Bagaimana pula cara melakukannya serta konsep kinerjanya?

Apa Itu Water Treatment?

Water treatment atau pengolahan air merupakan proses yang dilakukan untuk memperbaiki atau meningkatkan kualitas air agar dapat digunakan pada kondisi tertentu.

Pengolahan ini bertujuan untuk penggunaan air minum, industri, irigasi, limbah, dan lain sebagainya. Biasanya pabrik-pabrik besar pun melakukan prosesnya untuk mendapat air bersih.

Apakah proses pengolahan tersebut bisa mengubah air yang tidak layak minum menjadi layak konsumsi? Tentu saja, karena ketika air mengalami berbagai proses, maka semua bakteri dan partikel jahatnya akan hilang.

Dengan begitu, air bisa layak untuk masyarakat konsumsi tanpa harus takut mengalami keracunan ataupun merusak kesehatan.

Proses Water Treatment yang Wajib Anda Ketahui

Setelah mengetahui pengertian dari apa itu water treatment, Anda pun sebaiknya mengetahui juga proses-prosesnnya. Dalam proses penjernihan dan penetralan air, ada satu istilah yang bernama Water Softener Filter, ini merupakan alat yang berfungsi untuk menyerap kandungan kapur di dalam air.

Untuk mengenal alat tersebut lebih lanjut, simak penjelasan selengkapnya pada poin penjelasan di bawah ini:

1. Ozone

Ozone merupakan proses membersihkan air yang terkontaminasi, dalam proses ini air tidak hanya melewati satu tahapan saja melainkan ada beberapa proses mulai dari desinfeksi, detoksifikasi, dan deodorisasi.

2. Reverse Osmosis

Reverse Osmosis atau RO adalah proses penyaringan. Apa yang harus disaring? Jawabannya ialah molekul dan ion yang ada di dalam air atau suatu larutan. Selama proses RO, ada alat khusus yang digunakan yakni lapisan seleksi atau membran seleksi.

3. Ultrafiltrasi

Apakah water treatment membutuhkan proses yang panjang? Jawabannya adalah iya. Bahkan, untuk proses ketiga yakni ultrafiltrasi ini masih berada di tahapan penyaringan. Artinya, ini menjadi tahap penyaringan kedua setelah RO. Namun bedanya, ultrafiltrasi bertujuan untuk memisahkan partikel kecil dan zat-zat larut pada air.

4. Karbon Filter

Proses yang berikutnya adalah karbon filter. Prosesnya dilakukan untuk menjernihkan air serta menghilangkan bau. Anda tentu tidak mau, bukan jika harus meminum air yang bau ataupun keruh? Untuk itulah proses ini dikerjakan.

5. Sedimentasi

Apa itu water treatment sedimentasi? Sedimentasi merupakan proses untuk memisahkan air dengan endapan atau partikel yang ada di dalam air. Jadi saat keluar nanti, air bisa jernih sempurna tanpa ada partikel pengganggu lainnya.

6. Aeration

Aeration merupakan proses yang bertujuan untuk menguraikan zat-zat organik. Pada tahapan ini, ada alat penting yang digunakan yakni air blower yang berguna untuk mengeluarkan air limbah ke udara dan menguraikan senyawa polutan yang terkandung di dalamnya.

7. Custom Bacteria

Custom bacteria adalah proses untuk mereduksi konsentrasi bakteri sehingga air bisa digunakan dengan baik pada kondisi tertentu tanpa khawatir mengandung racun. Prosesnya cukup panjang karena harus menghilangkan bakteri patogen yang bisa menyebabkan penyakit apabila orang konsumsi.

8. Equalization

Masih membutuhkan alat blower, equalization menjadi tahapan yang memiliki cara kerja dengan menyamaratakan aliran air sesuai kualitas air limbah. Dengan begitu, air bisa digunakan sesuai dengan kebutuhan.

9. Bar Screen

Bar Screen adalah suatu proses yang berfungsi untuk menyaring molekul atau benda-benda yang masih menempel pada air. Jadi, hasil akhir airnya nanti lebih sempurna dan bisa langsung bermanfaat untuk semua orang.

Metode Water Treatment yang Paling Umum

Penjelasan masih terus berlanjut. Jika tadi Anda sudah mengetahui tentang definisi dari apa itu water treatment beserta prosesnya, maka pada penjelasan kali ini Anda akan tahu tentang metodenya. Ingat, metode beda dengan proses, jadi pahamilah baik-baik ulasan berikut.

A. Flokulasi dan Koagulasi

Dalam pengolahan air, ada satu metode yang tidak boleh sampai terlewatkan yakni flokulasi dan koagulasi. Metode ini merupakan proses penambahan bahan kimia yang bermuatan positif ke dalam air. Kenapa harus menggunakan muatan positif?

Karena, muatan positif dapat menetralkan muatan negatif yang berasal dari kotoran atau partikel pada air. Jadi, apabila ada bahan kimia bermuatan positif yang masuk ke air, maka muatan negatif akan langsung terikat dan membentuk partikel lain yang lebih besar.

B. Pengendapan

Selama melakukan proses pertama, partikel-partikel yang terbentuk akan mengendap di bagian bawah air. Maka dari itu, air perlu melewati proses pengendapan untuk menyatukan molekul-molekulnya.

C. Penyaringan

Setelah proses kedua selesai, secara otomatis partikel akan mengendap pada bagian dasar pasokan air. Barulah air akan masuk ke proses filter untuk menghilangkan partikel larut seperti parasit, virus, debu, dan bahan kimia berbahaya.

D. Desinfeksi

Apa itu water treatment desinfeksi? Metode ini menjadi yang paling terakhir dilakukan. Setelah selesai melewati tahap filter air akan langsung diberikan desinfektan untuk membunuh bakteri, virus, dan molekul-molekul berbahaya yang ada di dalam air.

Bagaimana Cara Kerja Water Treatment?

Pernahkah Anda memikirkan pertanyaan bagaimana cara kerja water treatment? Jika iya, berikut adalah ulasan tentang cara kerja dari pengolahan air yang bisa menjadi informasi untuk Anda.

1. Masuk ke Tempat Penampungan

Cara kerja dari pengolahan air yang pertama adalah air akan masuk ke dalam tempat penampungan. Kemudian, air melewati berbagai macam proses mulai dari ozone, reverse osmosis, UV filter, dan karbon filter. Setelah itu, air akan kembali masuk ke ozone dan masuk ke proses pengecekan standar mutu limbah cair.

2. Melewati Berbagai Proses untuk Menghilangkan Molekul Jahat

Apabila sudah sesuai dengan standarnya, maka air akan melewati proses lain yakni sedimentasi clarifier, aeration, custom bacteria, dan equalization. Proses ini cukup memakan waktu karena harus menghilangkan berbagai molekul jahat yang tidak boleh orang konsumsi atau pebisnis gunakan untuk kebutuhan pabrik.

3. Masuk ke Primary dan Mengalir ke Berbagai Bangunan

Setelah itu, air akan masuk kembali ke tempat penampungan besar yang namanya adalah primary. Kemudian, air tadi masuk ke tahapan terakhir yakni bar screen.

Apakah sudah selesai tahapannya? Belum, karena air akan melewati pipa-pipa untuk dialirkan ke berbagai bangunan atau konstruksi.

Barulah air bisa Anda manfaatkan untuk berbagai jenis kebutuhan. Entah itu untuk air minum, industri, pabrik, limbah, dan lain sebagainya. Dengan adanya proses pengolahan tadi, air pasti jadi lebih aman dan layak konsumsi. Tak ada lagi molekul jahat yang bisa membuat kesehatan menurun karena memicu radikal bebas.

Apakah Anda Pernah Melakukan Water Treatment?

Itu tadi penjelasan tentang definisi dari apa itu water treatment, proses, metode, dan cara kerjanya yang sudah Anda baca secara keseluruhan. Jadi sekarang, apakah Anda termasuk salah satu penggunanya? Atau Anda penasaran ingin mencobanya?