Denah ruangan pabrik air minum kemasan

Denah atau pengaturan ruangan untuk pabrik air minum kemasan.

Denah ruangan pabrik air minum kemasan merupakan hal yang sangat penting, Jika kita salah merancang denah dari pabrik atau tata ruang untuk pabrik kita, maka dapat dipastikan bahwa izin SNI dan BPOM tidak akan diberikan oleh instansi terkait.

Baca juga : Jamin Keamanan, Kemenperin Atur SNI Wajib Bagi Minuman Kemasan

Oleh karena itu, perencanaan yang baik untuk denah ruangan sangat diperlukan untuk memastikan semua design sudah sesuai dengan ketentuan yang berlaku untuk pabrik air minum.

Baca : Izin yang diperlukan pabrik air minum secara lengkap

Pengaturan denah ruangan adalah untuk peletakan mesin-mesin ataupun peralatan lainnya sesuai dengan ketentuan dari pemerintah mengenai ketentuan tata letak pabrik air minum kemasan. Sehingga peletakan Mesin AMDK dapat direncanakan dengan baik.

Pengaturan denah ruangan atau desain dari ruangan baik untuk proses pengolah maupun proses produksi memerlukan perencanaan diawal. Dengan memiliki rancang bangunan yang sesuai, maka kita dapat memperhitungan berapa biaya yang akan dikeluarkan untuk bangunan tersebut.

Baca juga : Mau tau berapa biaya Investasi total sebuah pabrik ? berikut nilainya

Pada dasarnya, Denah ruangan pabrik air minum kemasan terbagi menjadi beberapa fungsi, antara lain :

  1. Denah Ruangan filtrasi pabrik air minum kemasan

Ruang ini adalah ruang dimana proses filtrasi air atau proses pemurnian air, di ruangan ini terdapat Sand Filter, Karbon filter, Multimedia filter, Mikrofiltrasi, Ultrafiltrasi atau reverse osmosis. Dimana filter yang dipakai sangat tergantung dengan sumber air yang akan di olah lebih lanjut.

Update soon Baca juga : Sumber bahan baku yang baik untuk air minum

  1. Ruang Sterilisasi atau ruang antara

Ruangan ini digunakan untuk proses sterilisasi, disaat operator ingin memasuki ruangan steril lainnya, maka harus dilakukan sterilisasi terlebih dahulu untuk mencegah adanya bakteri, virus ataupun kontaminan lainnya.

Baca juga : Sterilisasi menggunakan lampu ultraviolet

Baca juga : Sterilisasi menggunakan ozone 03 generator

  1. Ruang filling atau ruang pengisian produk

Mesin-mesin pengisian atau filling seperti pengisian botol, gallon ataupun gelas ada pada bagian bangunan ini. Masing masing produk akan lebih baik kalau dipisahkan dimasing masing ruangan tersendiri.

  1. Ruang packing atau ruang pengemasan produk

Proses pengemasan produk dari produk jadi kedalam kardus dilakukan di ruangan ini. Biasanya ruangan ini terkoneksi langsung pada ruangan filling.

  1. Ruang laboraturium untuk Quality control produk.

Untuk produk air minum harus dilakukan pengecekan secara berkala untuk mengetahui atau untuk memastikan kualitas airnya tetap dalam kondisi prima, Setiap perusahaan air minum harus memiliki laboraturium ini untuk dapat melakukan pengecekan secara berkala.

Baca : Peralatan laboraturium apa saja yang diperlukan ?

  1. Ruang gudang bahan baku

Ruang ini digunakan sebagai tempat penyimpanan dari bahan baku seperti kardus, gelas, botol. Sedotan, stiker, gallon dll. Perhitungan jumlah bahan baku harus dilakukan dengan tepat agar proses produksi tidak kehabisan bahan baku.

Baca juga : Harga bahan baku gelas, botol dan gallon

Baca juga : Proposal usaha pabrik air minum, Perhitungan BEP dan ROI.

  1. Ruang gudang bahan jadi

Ruangan ini digunakan untuk menampung hasil produksi, dimana hasil produksi siap dipasarkan.

Hubungi kami disini, untuk informasi lebih lanjut.