Fungsi Sinar Ultraviolet pada Proses Pemurnian Air Minum

//
Home » News » Fungsi Sinar Ultraviolet pada Proses Pemurnian Air Minum

Fungsi sinar ultraviolet dalam proses penyaringan air adalah sebagai alat desinfektan. Jadi, dalam proses penyaringan air ini, harus higienis dan steril, untuk menjamin mutu dan kualitas air baik dan aman.

Lampu UV water filter sendiri berfungsi untuk membunuh bakteri pada proses pemurnian air minumnya. Metode sterilisasi ini sendiri menggunakan lampu ultraviolet yang sudah terbukti memberikan manfaat baik.

Fungsi Sinar Ultraviolet dalam Proses Pemurnian Air Minum

UV sterilizer merupakan alat untuk mendesinfeksi bakteri yang ada dalam air dengan menggunakan sinar ultraviolet. Metode ini terkenal lebih efektif dan aman untuk menghancurkan 99,99% mikroorganisme berbahaya tanpa mengubah rasa atau bau air. Berikut 4 fungsi sinar ultraviolet lainnya dalam proses pemurnian air:

1. Sterilisasi Bakteri

Lampu UV water sterilizer ini berfungsi untuk menghilangkan bakteri dalam air minum. Perannya adalah sebagai treatment class IIa yang sesuai dengan standar AS/NZS 3947. Aturan ini berasal dari pemerintah Australia dan New Zealand.

Perlu Anda ketahui, bahwa ada beberapa bakteri berbahaya dalam air, antara lain adalah bakteri E. Coli dan fecal coliform. Nah, apabila air minum yang Anda konsumsi mengandung bakteri tersebut, maka Anda bisa terserang sakit diare.

2. Sterilisasi Protozoa

Fungsi sinar ultraviolet lain yang ada pada pemurnian air isi ulang adalah untuk sterilisasi protozoa. Protozoa sendiri merupakan salah satu kontaminan berbahaya yang terkandung dalam air yang Anda biasa minum.

Ada banyak sekali laporan yang mengatakan bahwa air minum mengandung cryptosporidium, amoeba naegleria fowleri, dan giardia. Organisme inilah yang menyebabkan timbulnya gejala-gejala seperti kram, sakit perut, dehidrasi, hingga gastroenteritis akut.

3. Sterilisasi Virus

Fungsi sinar ultraviolet dari lampu UV sterilizer pada pemurnian air minum adalah untuk menghilangkan virus. Ada banyak sekali virus yang membahayakan manusia tersebar melalui air minum.

Virus yang tersebar dalam air minum ini tergantung dari sumber dan kontak air tersebut. Menurut laporan dari World Health Organization (WHO), ada beberapa virus dalam air, mulai dari hepatitis A dan E virus, adenovirus, dan astrovirus.

Selain itu, ada juga norovirus, caliciviruses, rotavirus, enteroviruses, polioviruses, hingga coxsackieviruses. Ada juga virus yang keluar bersamaan dengan urine, seperti cytoimegalovirus dan polyomaviruses. Biasanya, memang air yang mengandung virus ini adalah air sungai.

4. Sterilisasi Fungi

Fungsi sinar ultraviolet dalam proses pemurnian air minum yang terakhir adalah untuk sterilisasi fungi atau jamur.

Nah, manfaat lampu UV water sterilizer untuk menghilangkan fungi ini sudah terbukti dalam study The fungal spores elimination in drinking water. Studi ini merekomendasikan penggunaan UV untuk fungi, seperti halnya aspergillus niger, saccharomyces sp, aspergillus flavus, dan rhizopus nigricans.

Kelebihan Sinar Ultraviolet pada Pemurnian Air Minum

Selain bermanfaat untuk membunuh bakteri dan kuman, ternyata UV sterilizer juga memiliki beberapa kelebihan. Berikut penjelasan mengenai kelebihan dari UV water sterilizer:

  • Dapat bekerja selama 24 jam setiap hari.
  • Filter air dengan sistem UV yang hemat energi.
  • UV sterilizer ini lebih efisien dan mudah dioperasikan.
  • Penggunaan UV water sterilizer ini merupakan solusi terbaik untuk membersihkan air tanpa perlu menggunakan bahan kimia beracun. Hal ini karena memang prosesnya menyerang struktur bakteri dalam air secara fisik.
  • Tidak perlu perawatan ekstra.
  • Tidak mengandung bahan kimia aktif yang berbahaya.
  • Sistem ini sudah disetujui oleh Badan Pengawasan Obat dan Makanan.

Tahapan Sterilisasi Air Isi Ulang

Setelah Anda memahami apa saja fungsi sinar ultraviolet pada proses pemurnian air minum, maka Anda juga perlu mengetahui tahapan-tahapan sterilisasi air isi ulang hingga layak minum. Ada dua tahapan utama yang harus dilakukan, diantaranya adalah sebagai berikut:

A. Tahapan Filtrasi

Pada tahap ini, sumber air harus melewati filter khusus untuk menghilangkan partikel-partikel kasar. Filter yang digunakan bisa berupa filter pasir, karbon aktif, hingga membran reverse osmosis (RO).

Jadi, semakin kotor air baku atau sumber air yang digunakan dalam mesin ro ini, maka tahapan filter airnya pun akan semakin banyak. Selain berfungsi untuk menghilangkan Volatile Organic Compound (VOC), warna, dan bau. Air yang dihasilkan pun jernih, tidak berbau, dan tidak berwarna.

B. Tahapan Sterilisasi

Perlu Anda ketahui, bahwa air yang sudah melalui tahapan filtrasi ternyata belum tentu terbebas dari mikroorganisme dan bakteri jahat. Hal ini karena memang tahapan filtrasi bisa menyaring kotoran yang berukuran makro, namun untuk mikroorganismenya masih bisa lolos.

Untuk menghilangkan mikroorganisme dan bakteri ini, maka perlu melakukan proses penyinaran menggunakan fungsi sinar ultraviolet dan ozon generator.

Lampu UV ini sangat efektif dalam membunuh kuman penyebab penyakit tanpa mempengaruhi sifat kimia dari air, sehingga air pun akan tetap jernih, tidak berbau, dan tidak berwarna.

Sementara itu, ozon generator ini sendiri memiliki fungsi yang sama dengan lampu UV, yakni untuk membunuh kuman dan bakteri.

Jadi, dengan menggunakan lampu UV maupun ozon generator ini dalam proses pemurnian air minum, bisa membuat air bebas dari bakteri dan kuman. Tidak hanya itu, kedua alat ini juga berfungsi untuk mencegah tumbuhnya lumut pada tempat penyimpanan airnya.

Adanya teknologi ultrafiltrasi ini bisa membantu menghilangkan mikroorganisme jahat dalam air, mulai dari bakteri E. Coli, fecal coliform, protozoa, fungi, dan virus.

Tertarik untuk Menggunakan UV Water Sterilizer?

Itulah fungsi sinar ultraviolet yang perlu Anda ketahui. Selain fungsinya, Anda juga bisa mengetahui apa saja manfaat penggunaan UV water sterilizer sekaligus tahapan-tahapan dari sterilisasi.

Bagi Anda yang masih bingung dan ragu, bisa membaca FAQ yang sudah tersedia untuk menjawab beberapa pertanyaan yang mungkin sedang Anda hadapi.