Pentingnya Menggunakan Jasa Konsultasi dalam Instalasi IPAL

//
Home » News » Pentingnya Menggunakan Jasa Konsultasi dalam Instalasi IPAL

Pentingnya menggunakan jasa konsultan IPAL dalam proses instalasi pengolahan air limbah tidak hanya mencakup tata letak saluran instalasi saja. Akan tetapi, faktor lain seperti kandungan bahan kimia hasil pembuangan limbah dan dampaknya bagi ekosistem setempat menjadi pertimbangan lain yang perlu Anda perhatikan.

Bagi pelaku usaha di berbagai sektor industri, pembuatan instalasi pengolahan air limbah domestik merupakan hal yang wajib tertata secara rapi. Hal ini bertujuan untuk menata, mengelola, dan memproses air limbah hasil produksi agar tidak menimbulkan dampak negatif bagi sumber air bersih di daerah setempat.

Apa Itu Instalasi IPAL?

Pengolahan air limbah menjadi permasalahan yang serius di Indonesia karena lingkungan perkotaan yang semakin berkembang sehingga menghasilkan limbah yang banyak. Perlu peran perusahaan pengolahan air karena apabila tidak ada pusat pengolahan maka air limbah akan menjadi ancaman nyata untuk masyarakat sekitar.

Banyak juga penyakit yang mengancam kesehatan yang timbul akibat dari limbah tersebut. Instalasi pengolahan air limbah (IPAL) adalah sistem yang dirancang untuk membuang limbah biologis dan kimiawi dari air sehingga air tersebut dapat digunakan kembali pada aktivitas yang lain.

Pentingnya IPAL Bagi Perusahaan dan Lingkungan Sekitar

Berikut ini adalah peranan penting IPAL bagi perusahaan dan lingkungan yang perlu Anda ketahui:

A. Melestarikan Ekosistem dan Habitat Ikan

Bagi perusahaan yang membuang air limbah hasil industri ke sungai atau laut, tentu saja akan merusak habitat dan ekosistem ikan di perairan tersebut. Instalasi pengolahan air limbah ini bertujuan untuk menjaga hasil perikanan serta taraf hidup nelayan dan pelaku usaha budidaya ikan.

Jika instalasi pengolahan air limbah terstruktur rapi dan sesuai standar ekosistem lingkungan, maka air limbah yang dibuang dari hasil produksi tersebut aman dari zat berbahaya. Jadi, air limbah yang keluar tidak akan menimbulkan dampak negatif bagi ekosistem makhluk hidup di perairan serta tidak merusak habitatnya.

B. Menetralisir Kontaminan

Sebagaimana Anda ketahui bahwa limbah hasil industri mengandung zat kimia berbahaya yang menimbulkan kontaminan, baik itu kimia, fisika, dan biologis.

Bahkan, racun limbah industri tersebut tidak hanya mencemari air saja. Akan tetapi, racun tersebut dapat merusak tanah, lingkungan di sekitar lokasi industri, serta menyebabkan gangguan kesehatan bagi warga sekitar.

Namun, dengan menerapkan sistem instalasi pengolahan air limbah yang efisien, risiko tersebut dapat diminimalisir. Tidak hanya sekedar menghilangkan kontaminan saja, pengolahan air limbah juga bisa membuat lingkungan jadi lebih sehat dan tingkat kebersihan air tetap terjaga.

Bahkan manfaat instalasi pengolahan air limbah ini juga berfungsi untuk menetralisir polusi udara, sehingga kualitas udara setempat jadi lebih aman untuk masyarakat hirup.

C. Meningkatkan Kualitas Hasil Produksi

Adanya IPAL selain bisa membuat menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan, air bersih dari hasil pengolahan di sistem ini juga bisa Anda pakai kembali untuk kegiatan produksi.

Terlebih tak jarang air hasil pengolahan di IPAL kualitasnya bisa lebih bagus daripada air bersih awal. Oleh karena itu, secara tidak langsung hal tersebut sangat efektif untuk meningkatkan produktivitas serta kualitas hasil produksi.

D. Meminimalisir Masalah Kesehatan

IPAL juga membantu meminimalisir masalah kesehatan makhluk hidup setempat. Jika tidak benar-benar bersih, maka air dapat menyebabkan penyakit pada hewan dan manusia.

Bahkan, air merupakan hal yang sangat penting bagi kehidupan makhluk hidup. Jika tercemar, tentu saja sangat membahayakan kesehatan.

Selain itu, tak sedikit masyarakat desa yang masih memanfaatkan aliran air sungai untuk memenuhi berbagai kebutuhan untuk rumah tangga dan mengairi sawah. Jika tidak terkelola dengan baik, tentu saja kualitas air tersebut akan berdampak buruk terhadap kesehatan masyarakat, hasil panen, dan hewan di lokasi tersebut.

Lebih parahnya lagi, perusahaan yang membuang air limbah produksi kadang tidak sadar jika pengolahan limbah yang kurang baik akan berdampak luas bagi kesehatan dan lingkungan. Jadi, penting bagi pemilik usaha untuk bijak dalam menyikapi pengolahan limbah industri.

Pentingnya Menggunakan Jasa Konsultasi Pembuatan IPAL

Menggunakan jasa konsultan IPAL terpercaya sangat penting dalam proses pengolahan air limbah karena mencakup banyak aspek yang nantinya akan berpengaruh terhadap ekosistem dan keberadaan air bersih.

Jika pengolahan air limbah dijalankan dengan benar, maka akan membawa banyak manfaat untuk lingkungan sekitar. Berikut beberapa alasan mengapa perusahaan Anda perlu menggunakan jasa konsultasi IPAL.

1. Membantu Mengidentifikasi Jenis Dan Karakteristik Limbah

Ada banyak sekali jenis limbah industri dan memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Bagi Anda yang tidak memahami dan tidak memiliki kompetensi di bidang lingkungan maka tidak akan bisa memahaminya.

Untuk itulah anda harus menggunakan konsultan untuk mengidentifikasi jenis serta karakteristik limbah yang akan ditangani. Dengan demikian perusahaan anda bisa membuat IPAL yang sesuai untuk setiap jenis limbah dan berhasil mengolahnya dengan baik.

2. Izin IPAL Menjadi Lebih Mudah

Melakukan pengolahan limbah pun juga sebuah perusahaan juga harus mendapatkan izin mendirikan IPAL. Dengan adanya konsultan yang sudah memahami birokrasi di dalam pemerintahan tentang lingkungan hidup maka akan mudah mendapatkan izin.

Bandingkan jika Anda sendiri yang harus mencari izin untuk IPAL dan pengolahan limbah perusahaan pasti akan membutuhkan waktu yang lebih lama. Hal ini juga akan menimbulkan kerugian karena Anda menjadi tidak produktif. Untuk itu Anda perlu menggunakan jasa konsultan pembuatan IPAL agar bisa membantu Anda dalam hal ini.

3. Perancangan Bangunan IPAL Di Perusahaan

Mendirikan bangunan IPAL ini bukanlah masalah yang bisa dianggap sepele karena sangat penting. Untuk menentukan bentuk dan susunannya Anda tidak boleh menentukan tanpa mengetahui aturan-aturannya.

Anda harus menggunakan konsultan pembuatan IPAL untuk membantu Anda dalam perancangan bangunan IPAL di perusahaan. Dengan begitu Anda bisa mendapatkan rancangan bangun yang sesuai dengan aturan yang berlaku dan akan membuat air limbah perusahaan anda terkelola dengan baik.

4. Penyusunan SOP Sistem Pengolahan Limbah Menjadi Lebih Mudah

Dalam setiap kegiatan pengolahan limbah haruslah ada SOP sistem pengolahan limbah tersebut. Membuat SOP sendiri tanpa bantuan ahli tentu akan sulit dan belum tentu benar sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Untuk itulah anda membutuhkan konsultan IPAL yang sangat memahami perihal pengolahan air limbah di dalam perusahaan. Anda tidak perlu susah payah dan khawatir akan melakukan kesalahan saat menyusun SOP pengolahan limbah bersama ahlinya.

5. Pekerjaan Konstruksi Bangunan Dilakukan Dengan Sempurna

Setelah memiliki rancangan bangun yang benar dan sesuai dengan aturan, maka selanjutnya bisa dikerjakan bangunannya dengan sempurna. Dalam proses melakukan pekerjaan konstruksi pun harus tetap dalam pengawasan konsultan sehingga sesuai dengan rancangan bangunan yang telah dibuat.

Pengawasan ini tidak bisa Anda lakukan sendiri karena keterbatasan pengetahuan tentang IPAL. Anda harus tetap menggunakan jasa dari konsultan pembuatan instalasi untuk membantu melakukan pengawasan pekerjaan konstruksi bangunan agar lebih sempurna.

Sudah Paham Sekarang?

Nah, itu dia penjelasan tentang pentingnya pembuatan instalasi pengolahan limbah industri bersama konsultan di bidangnya. Jika Anda butuh konsultan IPAL terpercaya, Anda bisa mendapatkannya di Tirta Mandiri. Seluruh proses pengolahan air limbah bisnis Anda akan mereka kelola dengan efisien dan berstandar tinggi.