Beranda » News » Mari Mengenal Berbagai Teknologi Pengolahan Air Bersih

Mari Mengenal Berbagai Teknologi Pengolahan Air Bersih

T Diposting oleh pada 25 Februari 2017
F Kategori
b Komentar Dinonaktifkan pada Mari Mengenal Berbagai Teknologi Pengolahan Air Bersih
@ Dilihat 3600 kali

Air bersih merupakan kebutuhan penting bagi setiap orang karena air minum bersih dibutuhkan untuk menunjang kesehatan tubuh. Sayangnya, di daerah perkotaan terutama kota besar keberadaan air bersih yang layak konsumsi sudah semakin langka. Kabar baiknya, seiring dengan kemajuan teknologi terdapat beberapa teknologi pengolahan air yang dapat menghasilkan air bersih. Berikut beberapa teknologi tersebut:

  1. Saringan Pasir Lambat

Metode ini merupakan metode konvensional dalam proses pengolahan air bersih. Metode ini cocok untuk air dengan tingkat kekeruhan yang tidak terlalu tinggi. Metode saringan pasir lambat ini menggunakan empat bagian utama yaitu bagian penyadap, bagian penampung, bagian saringan pasir, dan bagian penampung air bersih.

Keuntungan menggunakan metode ini adalah bebas dari penggunaan bahan kimia dan biaya operasional yang murah. Tetapi dibalik kelebihan terdapat beberapa kekurangan pada metode ini, seperti kecepatan penyaringannya rendah, tidak efektif jika digunakan pada air dengan tingkat kekeruhan tinggi, dan cara membersihkan filter harus dilakukan secara manual.

  1. Desalinasi Air Laut

Metode pengolahan air bersih dengan menggunakan desalinasi air laut sangat cocok bagi warga yang berada di daerah dekat laut. Prinsip metode pengolahan air dengan metode ini yaitu penghilangan garam sehingga air dapat menjadi tawar dan berkualitas baik.

  1. Ultrafiltrasi

Ultrafiltrasi merupakan metode pengolahan air bersih secara modern yang menggunakan suatu membransemi permeable. Metode ini cocok untuk menyaring air yang mengandung makromolekul dengan berat sekitar 103-106 Da. Teknologiini menggunakan bahan kimia di dalam bagian clarifier yang berfungsi sebagai koagulan, pembunuh bakteri, dan pengontrol pH.

  1. Nanofiltrasi

Nanofiltrasi merupakan teknologi pengolahan air modern yang digunakan saat proses mikrofiltrasi atau ultrafiltrasi tidak mampu untuk menghasilkan air yang berkualitas. Nanofiltrasi menggunakan membran yang berukuran 0,0001 mikron hingga 0,001 mikron sehingga dapat menghasilkan penyaringan yang maksimal. Pengolahan air menggunakan metode ini dapat menghasilkan air yang bersih dan terbebas dari berbagai zat atau molekul yang berukuran sangat kecil.

Demikian ulasan mengenai berbagai macam teknologi pengolahan air bersih. Semoga bermanfaat.

a Artikel Terkait Mari Mengenal Berbagai Teknologi Pengolahan Air Bersih

Mengolah air sumur yang kuning

Cara Mengolah Air Sumur yang Kuning

T 16 Desember 2017 F A admin

Ini Cara Mengolah Air Sumur yang Kuning agar Jernih Di era pemukiman yang kian padat dan minimnya lahan perkebunan di area perkotaan membuat air tanah sering berwarna kuning bahkan berbau. Hal ini disebabkan tidak adanya penyaring alami sehingga air sumur... Selengkapnya

Mesin pompa air terbaik

Teknik Pemilihan, Pemasangan, dan Perawatan mesin pompa air

T 12 Desember 2017 F A admin

Air bersih merupakan kebutuhan utama rumah tangga dan sering digunakan untuk memasak, mandi, mencuci baju dan sebagainya. Salah satu cara untuk mendapatkannya adalah dengan memakai mesin pompa air yang berfungsi sebagai penyedot kebutuhan tersebut dari dalam tanah. Teknik Pemilihan Sebelum... Selengkapnya

jasa water treatment

Proses Pengolahan Air Limbah Menjadi Air Bersih

T 29 Desember 2017 F A admin

Proses Pengolahan Air Limbah Menjadi Air Bersih Tidak bisa dipungkiri kebutuhan air saat ini terus meningkat. Terutama kebutuhan air bersih yang sejatinya digunakan untuk minum, mandi, memasak, dan kegiatan lainnya. Hasil dari penggunaan air tersebut kemudian dikenal dengan sebutan air... Selengkapnya

+ SIDEBAR

Anda memiliki permasalahan pada air anda ? atau ingin berbisnis air minum? Silahkan hubungi marketing kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap. Terima kasih