Categories: News

Mari Mengenal Berbagai Teknologi Pengolahan Air Bersih

Air bersih merupakan kebutuhan penting bagi setiap orang karena air minum bersih dibutuhkan untuk menunjang kesehatan tubuh. Sayangnya, di daerah perkotaan terutama kota besar keberadaan air yang layak konsumsi sudah semakin langka.

Kabar baiknya, seiring dengan kemajuan teknologi terdapat beberapa teknologi pengolahan air yang dapat menghasilkan air bersih.

Berikut beberapa teknologi pengolahan air bersih tersebut:

1. Saringan Pasir Lambat

Metode ini merupakan metode konvensional dalam proses pengolahan air. Metode ini cocok untuk air dengan tingkat kekeruhan yang tidak terlalu tinggi.

Metode saringan pasir lambat ini menggunakan empat bagian utama yaitu bagian penyadap, bagian penampung, bagian saringan pasir, dan bagian penampung air bersih.

Keuntungan menggunakan metode ini adalah bebas dari penggunaan bahan kimia dan biaya operasional yang murah. Tetapi dibalik kelebihan terdapat beberapa kekurangan pada metode ini, seperti kecepatan penyaringannya rendah, tidak efektif jika digunakan pada air dengan tingkat kekeruhan tinggi, dan cara membersihkan filter harus dilakukan secara manual.

2. Carbon aktif Filter

Carbon aktif merupakan carbon hasil bakaran dari media berupa Batok kelapa maupun batu bara, karbon aktif dapat digunakan untuk menghilangkan bau, warna dan logam berat dalam air.

Pada beberapa kasus dimana kadar kaporit masih terdapat didalam air, maka kita dapat menggunakan karbon aktif filter untuk menghilangkan bau kaporit tersebut.

3. Desalinasi Air Laut

Metode pengolahan air dengan menggunakan desalinasi air laut sangat cocok bagi warga yang berada di daerah dekat laut. Prinsip metode pengolahan air dengan metode ini yaitu penghilangan garam sehingga air dapat menjadi tawar dan berkualitas baik. Cara yang dapat digunakan untuk mengolah air laut menjadi air tawar adalah dengan menggunakan Mesin reverse osmosis.

Baca juga : Mesin reverse osmosis yang digunakan untuk pengolahan air laut

4. Ultrafiltrasi air bersih

Ultrafiltrasi merupakan metode pengolahan air secara modern yang menggunakan suatu membran semi permeable. Metode ini cocok untuk menyaring air yang mengandung makromolekul dengan dengan ukuran diatas 0.01 mikron. Teknologi ini dapat mengolah air keruh seperti air sungai menjadi air jernih.

Baca juga : Teknologi Ultrafitrasi yang digunakan untuk menjernihkan air

5. Nanofiltrasi

Nanofiltrasi merupakan teknologi pengolahan air modern yang digunakan saat proses mikrofiltrasi atau ultrafiltrasi tidak mampu untuk menghasilkan air yang berkualitas. Nanofiltrasi menggunakan membran yang berukuran 0,0001 mikron hingga 0,001 mikron sehingga dapat menghasilkan penyaringan yang maksimal. Pengolahan air menggunakan metode ini dapat menghasilkan air yang bersih dan terbebas dari berbagai zat atau molekul yang berukuran sangat kecil.

Demikian ulasan mengenai berbagai macam teknologi pengolahan air bersih. Semoga bermanfaat.

admin

Recent Posts

Air tanah bau dan cara mengatasinya.

  Di Indonesia sendiri air tanah bau bisa ditimbulkan oleh berbagai hal. Salah satunya karena…

11 months ago

Tips Usaha Depot Air Minum

Tips Usaha Depot Air Minum  Sekarang ini bisnis depot air minum banyak dibutuhkan karena air…

1 year ago

3 Keuntungan Bisnis Air Isi Ulang

Bisnis Air Isi Ulang Manusia tidak bisa hidup sendiri, sebagai makhluk sosial manusia membutuhkan bantuan…

1 year ago

Harga Mesin Air Minum Dalam Kemasan Gelas

Harga Mesin Air Minum Dalam Kemasan   Air minum merupakan kebutuhan mendasar manusia, dimanapun berada manusia…

1 year ago

Sistem Uji Laboratorium Kualitas Air Minum

Uji Laboratorium Kualitas Air Minum Siapa yang tidak membutuhkan air bersih,  semua manusia di dunia…

1 year ago

Mengolah air limbah menjadi air bersih

Mengolah air limbah Tidak bisa dipungkiri kebutuhan air saat ini terus meningkat. Terutama kebutuhan air…

2 years ago