Mesin demineralisasi air

Mesin air demineralisasi atau Mesin demineralisasi air digunakan untuk menghasilkan air yang murni. kita mungkin sudah terbiasa mendengar atau mengonsumsi air mineral, tetapi tahukah Anda tentang Mesin Air Demineralisasi ? Tidak seperti air mineral yang masih mempertahankan kadar mineral dalam jumlah tertentu, air demineral (demin) melewati proses pemurnian yang membuatnya bebas kandungan zat apa pun.

Mesin air demin

Berikut beberapa Mesin air demineralisasi atau alat demineralisasi yang dapat digunakan:

Ada tiga metode yang sering digunakan untuk proses demineralisasi air, yaitu:

  • Mesin air demineralisasi Distilasi

Distilasi adalah istilah formal untuk proses penyulingan. Air akan di didihkan dan uapnya dialirkan ke ruang khusus untuk proses pengembunan. Hasilnya adalah air murni tanpa kandungan mineral.

  • Mesin demineralisasi air dengan cara Deionisasi

Metode ini melibatkan proses resin ion exchange, yaitu pertukaran ion mineral dalam air menggunakan sejenis media resin seperti Resin Anion dan Resin Kation. Dalam proses ini, air akan kehilangan ion-ion mineralnya saat melewati resin :

1.Resin kation

Resin kation merupakan media resin yang digunakan untuk menangkap Resin yang bermuatan Positif (+), dan disebut sebagai resin kation. Dalam penerapannya, resin kation banyak digunakan untuk proses water softener/ penghilang kapur dalam air.

Untuk proses penghilangan kapur dalam air, resin kation akan mengalami kejenuhan apabila semua resin yang ada sudah jenuh dalam menangkap ion Ca+ (Calcium) dalam air, dan proses pencucian kembali yang biasa disebut regenerasi perlu di lakukan dengan menggunakan Garam (NaCl).

Perhitungan kapan resin tersebut akan jenuh akan sangat diperlukan untuk memastikan Resin Kation/ Water Softener / Resin Kation ini bisa berjalan dengan maksimal.

PT Tanindo Anugerah Nusantara sebelum membuat sebuah Water softener, kami akan menghitung dulu secara detail berapa parameter yang diperlukan, untuk menghasilkan sebuah sistem yang maksimal.

Selain Untuk menghilangkan kapur dalam air, Resin kation juga dapat di gabungkan dengan Resin anion untuk membuat sebuah Sistem Demineralisasi air atau penghilangkan mineral dalam air.

Untuk Proses Demineralisasi air menggunakan Resin Kation, maka regenerant yang digunakan adalah Asam Klorida (HCL).

2. Resin Anion

Fungsi dari Resin Anion adalah untuk menangkap Ion Anion (-) dalam air, dalam penerapannya ion anion mempunyai massa jenis yang lebih ringan dibanding ion kation(+).

Penggunaan resin anion dalam sebuah mesin demineralisasi air biasanya di kombinasikan dengan Resin kation untuk menghasilkan air yang mempunyai kadar kemurnian tinggi.

Dalam proses regenerasinya, Resin anion menggunakan Natrium Hidroksida (NaOh)

Mesin air demineralisasi resin anion kation mesin ro

Reverse osmosis atau mesin RO saat ini banyak digunakan untuk melakukan proses demineralisasi air. Proses penyaringan ro adalah proses penyaringan berlapis yang salah satunya menggunakan membran dengan pori sangat kecil hingga mencapai 0.0001 mikron.

Membran tersebut menyaring partikel-partikel terkecil yang masih bisa melewati lapisan filter lainnya. Selain membran khusus ini, ada juga penyaring partikel dan filter karbon. Hasilnya adalah air dengan kemurnian hampir 98 persen.

Kualitas dari air yang dihasilkan bisa bervariasi, tergantung jenis mesin penyaring serta tingkat kecanggihannya. Proses pembuatan air demineral berkualitas juga harus dimulai dari air bermutu sedang, supaya tidak terlalu membebani proses demineralisasinya.

Keunggulan Air Demineral

Ada beberapa keunggulan air demineral dibandingkan dengan air mineral. Berikut beberapa contohnya:

  • Aman dari Kandungan Mineral Berbahaya

Air demineral bebas kandungan mineral yang berbahaya jika menumpuk dalam tubuh. Air jenis ini juga cocok untuk penderita penyakit/kondisi tertentu yang harus mengurangi asupan mineral, misalnya penderita batu ginjal. Untuk beberapa pasien yang mengalami masalah ginjal, dokter menyarankan untuk mengkonsumsi air demin untuk meringankan kinerja dari ginjal tersebut.

  • Mesin air demineralisasi tidak Memakan Banyak Ruang

Alat pemurnian air biasanya tidak memakan banyak tempat, terutama jika Anda memilih mesin yang menggunakan metode pertukaran ion.

  • Cocok untuk Keperluan Industri

karakter dari Air demineral adalah air “kosong”, sehingga tidak akan mengganggu kinerja berbagai mesin atau pengolahan produk. Untuk beberapa mesin printing yang khusus, biasanya memerlukan air dengan kualitas yang tinggi, dengan minimal Conductivity sampai dibawah 1 mikrosiemens. Dan masih banyak mesin-mesin industri yang membutuhkan air dengan kualitas tinggi yang tidak memiliki mineral didalamnya.

Penggunaan Air Demineral

Berbagai industri dan tempat usaha menggunakan air demineral untuk berbagai kebutuhan, seperti:

  • Bahan baku Pencucian.

Air demineral digunakan sebagai bahan pencucian berbagai benda dan komponen. Dalam laboratorium serta industri farmasi, air ini digunakan sebagai pelarut serta pencuci perkakas steril.

  • Digunakan sebagai campuran Cairan Pendingin.

Air demineral cocok sebagai cairan pendingin untuk mesin-mesin industri. Chilled cooling water, contohnya, adalah produk air yang ditambahkan ke dalam mesin untuk menjaganya agar tetap dingin. Air ini biasanya diberi zat antikorosi untuk mencegah karat merusak mesin.

  • Pembilas Papan Sirkuit Elektrik.

Papan sirkuit elektrik yang masih baru harus dicuci dengan air demineral setelah diproduksi. Air ini meluruhkan sisa-sisa hidrogen peroksida dan cairan asam yang masih menempel setelah proses produksi selesai.

  • Air demineral yang digunakan pada Mesin Boiler.

Mesin pendidih (boiler) berukuran besar dalam industri membutuhkan cairan khusus sebagai “pengumpan” untuk menghasilkan uap. Air demineral adalah cairan ideal untuk menghasilkan uap tersebut agar mesin boiler tersebut tidak cepat berkerak.

  • Pembersih Mesin Produksi Minuman.

Mesin produksi di pabrik pembuatan minuman kemasan, seperti jus, kopi, dan susu kotak, harus dibersihkan dengan air demineral setiap selesai proses produksi. Air ini berfungsi membilas mesin tanpa meninggalkan karat. Air ini juga digunakan untuk membersihkan mesin pengemas otomatis.

  • Bahan Pembuatan Produk Kimiawi

Air demineral digunakan sebagai bahan pengekstrak dalam pembuatan hidrogen klorida. Air ini juga penting sebagai bahan produksi asam perasetat dan cairan elektrolit untuk baterai.

  • Bahan baku air demineralisasi untuk pengolahan produk Kosmetik

penggunaan Air demineral juga sering disarankan untuk membuat produk kosmetik dan perawatan wajah rumahan. Air murni dianggap sebagai bahan paling aman untuk produk-produk buatan sendiri, karena risiko reaksi atau kontaminasi lebih kecil dan tidak mengeluarkan reaksi tertentu ketika di campur dengan bahan kimia lainnya.

  • Mesin air demineralisasi untuk rumah sakit

Rumah sakit menggunakan air demineralisasi untuk beberapa kegunaan, antara lain: Air demineralisasi untuk autoclave, Air demin untuk ruang OKA, air demineralisasi untuk Mesin Hemodialisa ( HD ) dan banyak lagi penggunaan air demin untuk kebutuhan rumah sakit.

  • Air demineralisasi yang digunakan untuk obat farmasi

Salah satu yang paling banyak digunakan adalah untuk industri farmasi, Air demineralisasi digunakan sebagai bahan baku untuk pembuatan obat dalam industri farmasi.

Jenis Mesin demineralisasi ini merupakan mesin yang harganya paling tinggi dibandingkan dengan industri lainnya. Hal ini disebabkan tingginya kriteria dan spesifikasi yang di tetapkan untuk industri tersebut.

Cara Mendapat Alat Demineralisasi Air

Alat demineralisasi air penting untuk kebutuhan bisnis dan industri yang membutuhkan air demineral. Anda membutuhkan jasa konstruksi yang mampu memasang alat demineralisasi air sesuai kebutuhan.

PT Tanindo Anugerah Nusantara menyediakan berbagai alat penyaring air dan demineralisasi air, terutama untuk kebutuhan industri. Kami menyediakan jenis dan rincian mesin sesuai dengan jenis dan ukuran usaha Anda.

Alat demineralisasi air kami dapat digunakan untuk Industri minuman, laboratorium dan pusat penelitian, Rumah sakit, Pabrik Farmasi, Pabrik kosmetik dan Pabrik sabun Anda juga bisa menggunakan mesin ini untuk memulai usaha penjualan minuman seperti “air embun” yang sedang tren.

Cukup hubungi kami untuk mengetahui rincian perlengkapan, pemasangan, serta harga yang harus Anda bayar sesuai kebutuhan. Hubungi kami disini

Air demineralisasi menawarkan keunggulan justru dari kondisinya yang “kosong” dan murni. Manfaatkan air demineral secara tepat dan berinvestasilah pada perkakas pemurnian air yang tepat jika Anda memiliki usaha yang banyak menggunakan air jenis ini.

You cannot copy content of this page