Analisis Pesaing air minum kemasan

Pentingnya Analisis pesaing air minum kemasan.

Analisis pesaing air minum kemasan adalah sebuah langkah untuk mengidentifikasi keberadaan ancaman, kesempatan, maupun strategi yang diterapkan. Hasil dari analisa tersebut berguna sebagai bahan evaluasi kondisi perusahaan, serta pengaturan strategi di masa depan. Berikut adalah langkah-langkah yang harus dilakukan dalam proses menganalisa pesaing:

Analisis pesaing air minum kemasan
Analisis pesaing air minum kemasan

1. Analisis pesaing air minum kemasan di mulai dari Identifikasi Pesaing.

Identifikasi pesaing bertujuan untuk mengetahui jenis-jenis pesaing termasuk dengan jumlah, kelemahan, serta kekuatan yang dimiliki. Berbekal data tersebut, perusahaan dapat melakukan proses identifikasi secara baik. Proses identifikasi pesaing bisnis pabrik air minum meliputi:

  • Ragam produk yang ditawarkan oleh pesaing, termasuk dengan kualitas atau mutu.
  • Penguasaan pesaing atas pasar, baik masa kini maupun mendatang.
  • Ancaman dan peluang yang masih mungkin didapatkan perusahaan.
  • Kekuatan dan kelemahan pesaing.

Berikut adalah langkah-langkah yang dapat diambil untuk melakukan proses identifikasi pesaing:

a. Data produk yang dimiliki oleh perusahaan sendiri

Data tersebut nantinya akan digunakan sebagai pembanding dengan produk pesaing. Oleh karena itu, pastikan data produk lengkap berikut dengan spesifikasi yang dimiliki. Perusahaan juga dapat mencatat kekuatan dan kelemahan perusahaan.

b. Data perusahaan lain yang memiliki potensi sebagai pesaing

Langkah ini dapat dilakukan dengan mencari informasi melalui media sosial, marketplace, maupun browser. Carilah perusahaan pesaing tersebut baik yang head to head, atau ‘pesaing raksasa’. Jika yang head to head, maka bisa dicari apa USP (uniq selling point) mereka dibandingkan milik sendiri. Jika itu yang raksasa, bisa dijadikan role model sehingga termotivasi untuk menyamai dan suatu saat menjadikannya head to head.

c. Lakukan riset pasar sebagai data dukungan untuk analisis pesaing air minum kemasan.

Riset pasar dapat dimulai dengan bertanya terhadap pelanggan yang datang. Mintalah pendapat mereka tentang kualitas produk sendiri, serta sesuatu yang diinginkan oleh pelanggan. Apakah ingin kemasan yang lebih kecil atau lebih besar? Hasil dari riset dapat digunakan perusahaan sebagai masukan untuk tingkat kepuasan pelanggan, ketepatan target market, buyer persona dan lainnya. Sehingga berguna untuk kemajuan di masa depan.

2. Identifikasi Sasaran Pesaing

Langkah selanjutnya adalah mengidentifikasi sasaran pesaing dan tindakan yang akan mereka laksanakan. Dalam dunia bisnis, sasaran pesaing ini dapat berupa:

a. Mengurangi Laba

Jika pesaing mengurangi, maka langkah yang biasa diambil adalah meningkatkan kepuasan pelanggan. Caranya yaitu dengan menurunkan harga, memberikan diskon, paket bundling, dan lain sebagainya.

b. Memperluas Pasar

Jika pesaing ingin memperluas jangkauan pasar, maka langkah yang biasa diambil adalah mengincar pasar-pasar baru. Caranya yaitu dengan membuka cabang di tempat yang baru, maupun promosi yang dilakukan secara besar-besaran.

c. Menghambat Pesaing

Jika pesaing ingin menghambat pesaing, maka langkah yang biasa diambil adalah meningkatkan mutu produk atau layanan. Caranya yaitu dengan menciptakan kemasan baru yang lebih ekonomis ataupun praktis.

3. Identifikasi Strategi Pesaing

Tujuan utama dari sebuah perusahaan adalah untuk meraup keuntungan besar dengan cara memenangkan persaingan. Hal ini sangat wajar terjadi di dalam dunia bisnis, dan setiap perusahaan pasti memiliki strategi masing-masing untuk memojokkan lawan. Ada beberapa strategi yang biasa diterapkan oleh perusahaan, yaitu:

  • Strategi penyerangan terhadap pesaing lemah. Artinya perusahaan akan menyerang pesaing yang memiliki kondisi lemah terlebih dahulu, baik dalam hal modal, teknologi, produk, pasar, maupun jaringan.
  • Strategi penyerangan langsung kepada pesaing terkuat. Artinya perusahaan akan langsung menyerang pesaing terkuat dengan cara melumpuhkan kelemahannya.
  • Strategi gerilya. Artinya perusahaan akan menunggu pesaing hingga lemah terlebih dahulu, sebelum melakukan penyerangan. Namun, sekali menyerang mereka akan langsung menuju kelemahan lawan.
  • Strategi bertahan. Artinya perusahaan tidak akan bertindak apapun, jika pesaing tidak memberikan tembakan atau melakukan penyerangan. Strategi ini cukup berisiko bagi perusahaan yang masih lemah.

4. Analisis pesaing air minum kemasan dengan SWOT.

Menjalankan sebuah bisnis sama dengan melakukan peperangan, hanya berbeda medannya saja. Untuk memenangkan peperangan tersebut, maka perusahaan harus memiliki bekal atau amunisi yang kuat. Caranya yaitu dengan mencari tahu kelemahan dan kekuatan pesaing dengan metode SWOT. Apakah itu?

Analisa pesaing pabrik amdk

a. Analisis Strength atau Kekuatan pesaing air minum kemasan.

Menganalisa kekuatan yang dimiliki oleh pesaing akan memberikan gambaran kepada perusahaan, sehingga mau tidak mau harus mengevaluasi kekuatan intern. Data ini dapat diperoleh dengan mengajukan beberapa pertanyaan, seperti:

  • Apa keunggulan yang dimiliki produk pesaing?
  • Apa yang dapat dilihat oleh pasar tentang kekuatan pesaing?
  • Strategi apa yang mereka gunakan hingga dapat menguasai pasar?

b. Analisis Weakness atau Kelemahan pesaing air minum kemasan.

Menganalisa kelemahan pesaing akan membantu perusahaan untuk menyusun strategi di masa depan. Berbekal data kelemahan tersebut, perusahaan dapat menembak pesaing tepat pada sasarannya, sehingga tidak memberikan ancaman yang terlalu berarti. Data ini dapat diperoleh dengna mengajukan beberapa pertanyaan, seperti:

  • Hal apa yang tidak dimiliki oleh pesaing?
  • Kekurangan apa yang membuatnya masih belum bisa menguasai pasar?
  • Apa kata pelanggan tentang kekurangan pesaing?

c. Opportunity atau Peluang

Mengalanisa peluang yang masih mungkin diambil alih akan membangkitkan semangat perusahaan untuk berjuang. Langkah ini juga akan membantu perusahaan untuk terus melakukan inovasi produk, agar dapat bertahan di pasar.

d. Threat atau Ancaman

Menganalisa ancaman yang mungkin terjadi akan membantu perusahaan untuk mengantisipasi segala kemungkinan. Dengan begitu, perusahaan dapat mempersiapkan amunisi dan strategi perang yang tepat. Demikian sedikit ulasan mengenai cara untuk menganalisis pesaing bisnis pabrik air minum. Jangan pernah merasa puas, meski keberadaan air minum tidak mungkin terhapuskan. Sebab, selalu ada kemungkinan pesaing baru muncul ke permukaan, bahkan dari arah-arah yang tidak diperkirakan sebelumnya.


Baca :

  1. Penjelasan umum Pabrik air minum dalam kemasan.
  2. Investasi / modal usaha untuk membangun pabrik amdk.
  3. Desain ruangan pabrik air minum amdk.
  4. Perilaku dan Budaya konsumen dalam membeli air minum dalam kemasan.
  5. Strategi pemasaran air minum kemasan.
  6. Cara membuat studi kelayakan bisnis air kemasan.
  7. Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam mengelola manajemen pabrik amdk.
  8. Apa penyebab pabrik air minum bangkrut ? Kenali penyebabnya.
  9. Biaya produksi air minum kemasan gelas, botol dan gallon.
  10. Izin usaha pabrik air minum kemasan.
  11. Jenis-jenis air minum kemasan.
  12. Kualitas sumber air kemasan.
  13. Cara menentukan lokasi pabrik air minum yang ideal
  14. Target pangsa pasar air minum kemasan.
  15. Peralatan laboraturium pabrik air kemasan.
  16. Proposal bisnis usaha air minum kemasan.
You cannot copy content of this page