Mesin ro reverse osmosis air payau

Air bersih dan bebas kontaminan adalah kebutuhan penting untuk berbagai industri. Akan tetapi, jumlah sumber air alami yang semakin berkurang tidak mampu mengimbangi tingginya kebutuhan tersebut. Di sinilah teknologi penyaringan air berperan penting, terutama mesin RO reverse osmosis air payau yang berfungsi menyaring garam, mineral tak berguna, serta kontaminan. Hasilnya adalah air yang jernih, berkualitas, dan nyaris murni, cocok untuk diminum atau sebagai bahan utama dalam industri.

filter untuk air payau
Air payau yang kotor

Mekanisme Penyaringan Air Payau dengan RO

Teknologi penyaringan dengan osmosa terbalik (reverse osmosis) menggunakan membran penyaring dengan lubang-lubang berukuran sekitar 0.0001 mikron. Mesin penyaring air berteknologi RO menekan air payau agar mengalir melewati membran, menahan partikel kecil, serta membiarkan air murni mengalir. Hal ini kebalikan dari osmosa alami, partikel secara alami pindah dari cairan dengan tingkat bahan terlarut rendah ke yang tinggi.

Kriteria air payau adalah memiliki kadar bahan terlarut serta kandungan garam sebesar 1 hingga 30 gram per liter air. Jumlah bahan terlarut, warna, dan bau air payau bisa berbeda-beda, tergantung curah hujan serta karakteristik wilayahnya. Mesin penyaringan air payau berteknologi RO dirancang untuk menyaring zat-zat ini secara maksimal, lepas dari jumlahnya.

Air payau berkualitas buruk harus menjalani treatment sebelum disaring. Hal ini untuk menyaring kandungan berbahaya serta menyesuaikan tingkat pH. Misalnya, air dengan pH tinggi harus diberi zat asam seperti hidroklorida (HCL) atau sulfur (H2SO4). Air dengan pH rendah diberi sodium hidroksida (NaOH). Rumus kimiawinya ditunjukkan oleh gambar di bawah.

Air yang kualitasnya sangat buruk bahkan tidak boleh hanya diproses menggunakan mekanisme ini. Akan tetapi, mesin RO sudah cukup bagus untuk menyaring air payau kualitas sedang.

 

Manfaat Mesin Penyaringan Air Payau RO

Sebagai negara kepulauan, Indonesia memiliki banyak wilayah dengan sumber air payau melimpah. Intrusi air laut ke sumber air tawar juga semakin banyak terjadi, sehingga menurunkan kualitas air minum. Mesin penyaringan dengan teknologi RO akan meningkatkan jumlah air bersih berkualitas.

RO membantu menyaring partikel berbahaya seperti timah, klorin, sulfat, nitrat, dan detergen. RO juga mampu menyaring partikel pestisida, cocok untuk penggunaan di dekat area pertanian. Sistem penyaring dengan teknologi RO biasanya terdiri dari beberapa lapisan dan tahap penyaringan untuk memastikan kualitas air terbaik.

Mesin Ro reverse osmosis Air payau
Kejernihan yang dapat dihasilkan oleh mesin ro air payau / Brackish water ro

Teknologi penyaringan RO telah diterapkan dalam berbagai lingkungan. Selain penggunaan di rumah, teknologi ini juga digunakan dalam proses penyaringan air untuk industri, militer, serta institusi teknologi seperti NASA. RO juga diterapkan oleh negara-negara dengan pasokan sumber air tawar terbatas, seperti Singapura dan negara-negara Arab. Di Indonesia, pusat pengolahan air payau pernah diterapkan di beberapa pulau kecil di Kepulauan Seribu.

 

Jenis Penyaring dalam Mesin RO air payau

Mesin RO berkualitas memiliki beberapa jenis penyaring dalam mekanismenya. Mereka adalah:

  • Penyaring Sedimen

Penyaring sedimen menjaring partikel-partikel kasar di dalam air, seperti pasir, lumpur, larutan mineral kasar, dan sebagainya. Penyaring ini juga membantu menjaga kualitas membran RO. Tanpa penyaring sedimen, membran RO akan cepat rusak karena terkena partikel besar.

  • Penyaring Sedimen Mikro

Penyaring sedimen mikro memiliki ukuran beragam, mulai dari 0,5 hingga 0,1 mikron. Penyaring kecil ini menahan partikel-partikel kasar yang tidak tertangkap oleh penyaring sedimen besar. Penyaring mikro biasanya terdiri dari beberapa lapisan, serta dipasang pada jalur awal dan menjelang akhir penyaringan.

  • Penyaring Karbon

Penyaring karbon bertugas menangkap klorin dan kontaminan lain yang merusak rasa, bau, serta aroma air. Sama seperti penyaring sedimen, penyaring karbon juga membantu menjaga kualitas membran RO agar tahan lama.

  • Membran RO

Membran RO adalah penyaring utama dalam mesin penyaring. Lapisan ini menahan partikel kecil yang tidak tertangkap oleh lapisan-lapisan penyaring sebelumnya.

  • Penyaring Akhir (Polishing Filter)

Lapisan penyaring akhir biasanya merupakan penyaring karbon. Lapisan ini memastikan agar penyaringan menghasilkan kualitas air sebaik mungkin. Penyaring akhir menjadikan air hasil penyaringan lebih jernih dan tidak berbau.

Tergantung kualitas dan kelengkapan mesinnya, penyaring RO biasanya juga memiliki penyaring air sadah (hard water). Penyaring ini mengurangi kadar larutan mineral dalam air sehingga aman diminum dan tidak akan meninggalkan kerak pada wadah penampungan.

 

Solusi Mesin RO Penyaring Air Payau Bermutu

Air payau adalah sumber air yang cukup melimpah. Mesin penyaring berkualitas dengan teknologi RO akan mengubah air payau menjadi sumber air yang cocok untuk industri atau kebutuhan usaha penyedia air minum. Tirta Mandiri memberi solusi penyaringan air lewat mesin penyaring canggih berteknologi RO untuk berbagai keperluan.

Kami menyediakan mesin penyaring berteknologi RO yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Tersedia penyaring untuk keperluan rumah tangga, pabrik dan industri, usaha penyedia air isi ulang, serta instansi pemerintah dan swasta. Kemampuan untuk menyaring air payau membuat mesin ini cocok untuk menyediakan air bersih di daerah pulau atau dekat pantai.

Dengan mesin RO reverse osmosis air payau, Anda akan mendapatkan air yang nyaris murni dan bebas dari kontaminan serta partikel kasar berbahaya. Jadikan Tirta Mandiri solusi penyaringan air payau untuk kebutuhan rumah tangga, bisnis, dan industri.

Hubungi kami di siniĀ 

You cannot copy content of this page