Depot air minum isi ulang

Bisnis Depot air minum isi ulang semakin berkembang pesat, Seiring dengan berkurangnya sumber mata air bersih. Tingginya aktivitas dan kebutuhan akan efisiensi menjadi faktor pendorong diperlukannya air minum yang praktis.

Depot isi ulang adalah suatu usaha yang menyediakan air minum yang di isi ulang, Usaha Depot isi ulang merupakan salah satu usaha yang banyak berkembang pesat. Dengan margin Profit yang cukup tinggi, mendorong munculnya depot isi ulang dimana mana.

bisnis depot air minum isi ulang

” Partisi pengisian galon air minum terbaik dikelasnya. “

PT Tanindo Anugerah Nusantara. Depot isi ulang

Tata ruang air minum isi ulang untuk Karyawan perusahaan.

Tata ruang merupakan hal yang penting untuk diperhatikan oleh perusahaan yang ingin membuat water station atau unit pengolahan air minum sendiri, Dengan tata ruang yang di tata dengan baik akan memastikan air minum karyawan memiliki kualitas yang terbaik.

Sering kali kita temukan, beberapa depot isi ulang yang tempatnya kotor. Apakah kita yakin akan kebersihan dari air minumnya ? kalau tempat pengisian yang terlihat secara langsung saja tidak bersih. Maka dapat dipastikan, proses perawatan tidak akan maksimal pula.

Oleh karena itu, kebersihan tempat pengisian galon haruslah benar-benar diperhatikan oleh pelaku usaha. Upaya untuk melakukan sanitasi, harus dilakukan berkala untuk mencegah kotoran atau bakteri bertumbuh.

Dengan melakukan pengolahan air minum sendiri, maka perusahaan akan mendapatkan berbagai keuntungan lain, antara lain:

  • Penghematan biaya hingga 70% dari total biaya bulanan yang dikeluarkan.
  • Kebersihan dan kualitas yang terus dapat dipantau secara rutin.
  • Menghindari keterlambatan supply air minum dari suplier.
  • dll.

Desain atau tata ruang pengolahan air minum karyawan tersebut. Jika kita mengacu kepada Standar Nasional Indonesia, maka seharusnya tata ruang dalam pengolahan dan pengemasan air minum harus memiliki standar tertentu untuk menjamin air minum yang dihasilkan hiegenis dan layak untuk di minum.

Berikut beberapa tata ruang minimal dari proses pengolahan air minum karyawan atau galon air isi ulang untuk karyawan, Antara lain :

1. Ruang proses / filtrasi pada unit pengolahan air minum karyawan

Mesin Depot air minum

” Mesin pengolahan air dengan teknologi reverse osmosis full automatic yang sanggup menghasilkan air minum dengan standar terbaik “

PT Tanindo Anugerah Nusantara

Untuk ruang proses harus di pisahkan dengan ruang lainnya, karena semua proses penyaringan terletak dalam ruang tersebut, dimana dari awal penyaringan sampai dihasilkan air bersih terletak dalam ruangan tersebut, Untuk ruangan proses diperlukan ruangan yang tertutup sehingga debu atau kotoran lainnya dapat di minimalkan didalam ruangan ini.

Untuk beberapa perusahaan menerapkan standar yang lebih tinggi, yang dimana digunakan hepa filter dan ultraviolet untuk proses sterilisasi ruangan tersebut.

2. Ruang Pencucian galon

Ruang pencucian galon yang sesuai yang bersih dan hiegenis untuk memastikan kualitas pengisian air minum dapat maksimal ”

Sesuai dengan Standar Nasional Indonesia ( SNI )

Untuk galon yang akan di isi dengan air minum yang sebelumnya sudah di proses dan di sterilkan, terlebih dahulu harus dilakukan pencucian supaya kondisi galon dalam keadaan steril saat air bersih dimasukan. untuk ruangan pencucian harus dibuat terpisah dengan ruangan lainnya, karena galon yang dikembalikan dapat tercemar oleh beberapa kotoran, debu maupun bakteria.

sehingga dibuatkan suatu ruangan khusus untuk proses pencucian tersebut. proses pencucian galon dapat dilakukan dengan beberapa cara, diantaranya: sikat galon, cairan pembersih galon, Ozon 03, Ultraviolet, Steam ataupun metode pencucian lainnya.

3. Ruang pengisian galon isi ulang

Untuk ruangan pengisian galon merupakan ruangan khusus yang dimana proses pengisian galon dilakukan oleh operator. Untuk ruangan ini didesain khusus, sehingga kebersihan dan tingkat sterilisasinya tinggi.

Tata Ruang pengisian air minum

Kebersihan dari ruang pengisian merupakan sebuah syarat mutlak untuk memastikan air minum karyawan memiliki standar kualitas tertinggi ”

Ruang pengisian untuk isi ulang air minum karyawan.

Untuk operator yang melakukan proses pengisian air minum kedalam galon, diperlukan test kesehatan secara berkala untuk memastikan bahwa air yang sedang di isi kedalam galon tidak terkontaminasi oleh operator.

Dan operator yang digunakan dalam proses pengisian air isi ulang tersebut haruslah operator yang sudah terlatih dan sehat dari segi jasmani dan rohani.

Proses yang perlu dilakukan agar depot air minum dapat tetap terjaga kualitasnya secara konsisten.

tampilan depan depot isi ulang

” Proses pengecekan secara internal harus dilakukan setiap hari, dan dilakukan juga proses pengecekan kualitas air dengan menggunakan jasa pihak ke-3 untuk memastikan kualitas dapat tetap terjaga ”

PT Tanindo Anugerah Nusantara

Untuk menjalankan usaha isi ulang air minum. Pelaku usaha diharuskan untuk membawa ke laboraturium departemen kesehatan untuk ditest kelayakannya sebagai air minum yang layak dikonsumsi. Uji laboraturium tersebut dilakukan setiap 6 bulan sekali untuk proses pengecekan oleh pihak ke 3.

Tetapi untuk quality control yang dilakukan oleh internal, Maka pengecekan kualitas air minum perlu dilakukan secara berkala dan dicatat untuk memastikan bahwa air yang di produksi dan di jual tetap memiliki kualitas terbaik.

Jenis mesin isi ulang berdasarkan teknologi.

Air minum isi ulang dibagi menjadi beberapa kategori berdasarkan teknologi yang digunakan, antara lain yaitu isi ulang air minum mineral dan air isi ulang reverse osmosis.

1. Depot air minum mineral

Depot isi ulang ini memproses air dengan menggunakan teknologi sederhana, yaitu menggunakan beberapa pretreatment dan desifektan untuk membunuh bakteri. Sehingga mineral atau partikel yang terdapat dalam air, tetap dipertahankan. Apabila anda memilih paket Mesin isi ulang jenis ini memerlukan air dengan kualitas baik.

2. Mesin Depot isi ulang Reverse Osmosis

Untuk system yang kedua ini, Selain digunakan pretreatment untuk mengolah air bakunya. Digunakan juga system penyaringan menggunakan reverse osmosis. Penyaringan melewati membrane semi permeable dilakukan setelah air diproses menggunakan pretreatment.

Dengan digunakannya teknologi reverse osmosis, partikel terlarut, bakteri ataupun virus tersaring berkisar 95-98%.  Sehingga air yang dihasilkan melalui penyaringan reverse osmosis ini hampir mendekati kategori air murni (Total Dissolved Solid 0-10ppm).

Investasi yang diperlukan untuk isi ulang air minum reverse osmosis ini, Berkisar 2-3 kali lipat dari investasi Depot mineral (depot isi ulang).

Modal usaha depot air minum isi ulang

Harga jual depot isi ulang berkisar Rp 4000,- sampai Rp 8000,-. Harga yang ditetapkan akan sangat tergantung pada jenis pelanggan yang akan menjadi target penjualan dari pelaku usaha. Semakin modern mesin yang digunakan, maka harga penjualan pergalon akan semakin tinggi.

Dengan nilai penjualan tersebut, Biasanya si pengusaha akan mendapatkan keuntungan sebesar 50-70% dari nilai penjualan setelah dikurangi dengan tarif Listrik, Biasa sumber daya manusia, biaya air dan biaya lainnya. Harga jual mesin depot air minum isi ulang sangatlah bervariatif. 

Perhitungan detail biaya modal depot air minum Mineral

NoKeteranganBiayaBiaya pergalonAsumsi yang dipakai
1Air tangki 8000liter600.0001425,- / galon
2Gaji karyawan2.500.000 / bulan833,- / galonsehari 120galon
3Listrik7000/hari76,-/ galonSehari 5kw
4Galon 90,- / pcs90,- / galon
5Tissue Galon50,- / pcs50,- / galon
Biaya Filter
1Silica sand150.000/sak5,- / galonSetahun 1 sak
2Carbon active600.000/sak17,- / galonSetahun 1 sak
3Sediment 0.5mikron6000 / pcs9,- / galonSebulan 4pcs
4Sediment 0.1mikron6000 / pcs9,- / galonSebulan 4pcs
5Sediment 0.045mikron25.000 / pcs34,- / galonSebulan 4pcs
6Lampu ultraviolet350.000 / pcs10,- / galonSetahun 1 pcs
7Ozon generator800.000 / pcs22,- / galonSetahun 1 pcs
Harga / Galon2.580 / galon
Perhitungan modal usaha depot air minum isi ulang

Harga Jual Galon depot air isi ulang

Depot isi ulang air minum merupakan usaha yang sangat diminati saat ini. Keadaan dimana Air minum kemasan ber-merk mematok harga yang cukup tinggi, mendorong munculnya berbagai jenis mesin depot air minum.

Dan Depot isi ulang menjadi momok yang cukup menakutkan bagi pengusaha pabrik air minum, Rendahnya biaya investasi dalam memulai bisnis depot isi ulang dan perijinan yang mudah, semakin mempercepat pertumbuhan dari bisnis Depot isi ulang air minum.

Besarnya investasi yang harus dikeluarkan oleh pengusaha untuk Depot isi ulang, tergantung pada system yang ingin digunakan. Semakin tinggi teknologi yang digunakan, maka biaya yang dikeluarkan akan semakin tinggi. Biaya Investasi dimulai dari RP 14.000.000 hingga Rp 110.000.000,- .

Perhitungan bisnis plan prospek depot air minum isi ulang.

Keterangan Nilai Data
Modal / galon2580,-
Harga jual / galon 6000,-
Keuntungan / galon3420,-
Jumlah penjualan / hari720.000,-sehari 120galon
Jumlah Penjualan / bulan18.000.000,-
Modal produksi / bulan7.740.000,-
Laba / Bulan 10.260.000,-
Asumsi pembelian mesin 30.000.000
Break Even Point ( BEP )3 bulan BEP = Modal / Laba
Perhitungan bisnis plan prospek depot air minum isi ulang

Ruang lingkup pekerjaan PT Tanindo Anugerah Nusantara

  • Analisa kualitas air baku
  • Perancangan sistem depot air minum
  • Perakitan mesin depot isi ulang
  • Controlling mesin depot isi ulang (quality control)
  • Instalasi kelistrikan
  • Instalasi Panel kontrol dan kontrol bahan baku
  • Testing & kommisioning
  • Training

Depot isi ulang yang berkualitas

Sekarang banyak perusahaan-perusahaan besar yang berlomba-lomba untuk membuat air kemasannya sendiri, yang menjadi hal yang menarik adalah adanya air minum yang di klaim ” ADA MANIS MANISnya GITU “. 

Hal yang menarik dari adanya rasa manis sebenarnya adalah beberapa mineral yang terkandung dalam air minum tersebut yang menyebabkan lidah manusia merasakan ” Rasa Manis” yang pada dasarnya bersentuhan langsung dengan bagian depan lidah manusia.

Bagi yang tertarik untuk membuat air yang memiliki cita rasa ” ADA MANIS-MANISNYA ” dapat menghubungi kami langsung dibawah ini

Bagaimana dengan air yang di olah dengan reverse osmosis

Lain halnya dengan air yang diolah dengan teknologi reverse osmosis, Air yang di olah dengan teknologi tersebut mempunya kecenderungan bersifat murni. Air yang mendekati murni atau air demineralisasi adalah air yang hampir tidak mengandung mineral didalamnya. Air jenis ini, mempunyai kecenderungan pahit di lidah dikarenakan kemurnian air tersebut.

Oleh karena itu, harus dilakukan beberapa teknik untuk mengubah rasa air tersebut menjadi lebih enak dan lebih manis. Selain kelemahan dari teknologi reverse osmosis tersebut, terdapat juga keunggulan dalam penggunaan teknologi RO.

Salah satu kelebihan dari air murni yang diolah oleh reverse osmosis tersebut adalah memperingan kinerja dari ginjal manusia dalam menyaring kotoran, mengingat asupan makanan yang akhir-akhir ini semakin buruk kualitasnya akan membebani kerja dari ginjal.

Perlukah Mineral di dalam air minum ?

Banyak orang yang bertanya, apakah “ada gunanya ?”  kalau kita meminum air yang tidak mengandung mineral atau bisa dikatakan air demineralisasi ? disatu sisi, memang tubuh membutuhkan mineral.

Tapi apakah manusia hidup dalam air, sehingga mengantungkan kebutuhan mineralnya pada air ? tentu tidak, banyak asupan mineral yang dapat di dapat dari daging, telur, sayuran dan bahan makanan lainnya.

Jika air yang mengandung mineral atau tidak menjadi kontroversi, maka saya coba membahasnya dari segi sisi yang berbeda, dengan tidak membahas dari sisi mineralnya. Maka saya akan mencoba membahas pada sisi kandungan logam berat dalam air tersebut.

Yang dimana air tanah, terutama didaerah yang sedang banyak pembangunan pabrik atau perumahan. Terdapat banyak sekali pencemaran pencemaran yang akan mengkontaminasi air tanah ataupun air permukaan.

Bagaimana menghilangkan air yang ter kontaminasi dengan limbah industri.

Air yang terkontaminasi tersebut dapat mengandung banyak Logam berat yang berbahaya bercampur dengan mineral yang berguna bagi tubuh, dan apakah ada teknologi yang dapat memisahkan “hanya” logam beratnya saja ?. jawabannya adalah “Tidak “.

Oleh karena itu, Air yang tercemar tersebut harus disaring atau di filtrasi untuk membuang semua kandungan didalamnya. Yang termasuk mineral maupun logam berat untuk mendapatkan air yang kualitasnya cukup baik. Dan setelah semua kandungan didalam air tersebut tersaring, baru dapat kita tambahkan mineral yang baik didalamnya.

kami jual mesin depot isi ulang terbaik di jakarta. disertai dengan pengalaman yang cukup, kami dapat membuatkan mesin terbaik bagi anda. Buktikan sekarang.

You cannot copy content of this page