Mesin ro reverse osmosis

Mesin ro reverse osmosis merupakan sebuah teknologi yang digunakan untuk menyaring air dengan tujuan agar beberapa kontaminan, Mineral dan ion dalam air tersebut dapat di hilangkan dengan tujuan tertentu.

Mesin ro reverse osmosis untuk air payau

Dalam bahasa indonesia Mesin ro biasa disebut sebagai Mesin Osmosa terbalik.

Teknologi filter RO adalah teknologi yang telah lama digunakan oleh NASA yang berkedudukan di Amerika Serikat sebagai alat untuk menyaring air, yang nantinya akan dikonsumsi dan digunakan bagi para astronot yang berada di luar angkasa.

Hal tersebut dilakukan karena terbatasnya pasokan air yang dapat dibawa keluar angkasa. Perangkat Filter ro memberikan hasil akhir berupa air dengan kualitas tinggi yang higienis dan mendekati murni.

Spesifikasi Mesin RO untuk mengolah air dengan kualitas sedang :

  1. Tangki air sumber 1000, 2000 atau 5000liter bisa plastik maupun stainless steel
  2. Pompa treatment Kuningan / Stainless steel
  3. Multimedia filter – Sand filter dan Manganese filter tube
  4. Carbon active filter tube
  5. Water softener filter tube
  6. Mikrofiltrasi / Sediment filter 0.5mikron
  7. Mikrofiltrasi / Sediment filter 0.1mikron
  8. Tangki Penampungan sementara plastic
  9. Pompa Feeder stainless steel
  10. Mikrofiltrasi / Sediment filter 0.1mikron
  11. Pompa Booster stainless steel high pressure 15 bar
  12. Membrane
  13. Tangki penampungan akhir stainless steel
  14. Quality adjuster
  15. Final Polishing filter

Cara kerja Mesin reverse osmosis.

Secara garis besar, mesin ini adalah mesin dengan teknologi terkini yang dapat memurnikan air. Teknologi ini menggunakan membrane yang mempunyai pori-pori yang sangat kecil dengan ukuran 0.0001 mikron.

Ukuran Membrane ro yang sangat kecil ini, membuat air murni saja yang dapat melewati pori pori tersebut. cara kerja dari mesin ini adalah dengan memberikan tekanan kepada membrane semi permeable sehingga air akan di paksa untuk melewati pori pori membrane ro.

Air yang melewati membrane tersebut adalah air yang memiliki kemurnian tinggi dan bebas dari kontaminan yang tidak di inginkan. sedangkan kontaminan akan terhalang atau tersaring pada saringan membrane tersebut. Air yang tidak melewati pori dari membrane yang mengandung kontaminan akan dibuang menjadi air reject.

 

Pompa yang dipakai di mesin reverse osmosis.

Penentuan pompa mesin ro yang tepat sangat penting untuk menghasilkan air dengan kualitas terbaik dan efisiensi daya listrik dalam pengolahannya air tersebut. Secara umum, semakin buruk kualitas air yang akan diolah, maka akan semakin tinggi tekanan kerja pada pompa ro tersebut.

Mengacu pada jenis pompa yang dipakai mesin ini, maka kita bagi mesin ini menjadi beberapa kategori, antara lain:

  • Mesin yang mengolah air tawar.

Pengolahan air tawar menggunakan membrane ro banyak digunakan dalam pengolahan air minum, seperti depot air minum isi ulang, air minum dalam kemasan ataupun pengolahan untuk air minum karyawan di pabrik yang padat karya. Pada jenis mesin ini, Pompa yang digunakan adalah jenis pompa dengan tekanan rendah, yaitu berkisar antara 40psi sampai dengan 150psi. Tergantung pada jenis membrane dan desain mesin yang dibuat. Pompa yang digunakan bisa mulai dari Pompa semi jet sampai pompa Multistage vertical.

  • Mesin yang digunakan untuk mengolah air payau.

Mesin ini biasanya mengolah air dengan kondisi payau atau air yang memiliki kapur, garam dan kontaminan lainnya yang cukup tinggi. Untuk mengolah air dengan kondisi yang cukup extreem tersebut, maka dibutuhkan tekanan yang lebih tinggi agar membrane dapat bekerja dengan lebih maksimal.

Penggunaan membrane dengan jenis Brackish water dapat digunakan untuk air dengan kondisi seperti ini. Membrane Brackish water atau membrane bw dapat dijalankan dengan maksimal apabila kita memberikan tekanan pompa sebesar 125psi sampai 175psi.

Pompa mesin ro tekanan tinggi

  • Mesin yang digunakan untuk mengolah air laut.

Pada mesin yang digunakan untuk mengolah air laut menjadi air minum, diperlukan pompa dengan tekanan yang sangat tinggi, yaitu berkisar antara 750-900psi. Untuk mencapai tekanan tersebut, kita dapat menggunakan pompa axial piston. Pompa ini dipadukan dengan membrane ro air laut atau membrane SWRO.

Pompa ro air laut

 

Fungsi dari Mesin reverse osmosis.

Fungsi dari filter RO adalah menghasilkan air yang terbebas dari kontaminan, Mineral dan logam berat lainnya. Sehingga dihasilkan air yang mendekati murni atau yang biasa disebut air Demineralisasi.

Alat ini merupakan salah satu teknik penyaringan yang banyak digunakan pada industri sekarang ini untuk mengolah air sesuai kriteria yang mereka inginkan. Dan yang paling terlihat adalah penggunaan Filter ro pada pengolahan air minum atau air bersih pada suatu negara dengan kapasitas yang besar. Seperti Saudi Arabia, Singapura dan lain lain.

Untuk memenuhi kebutuhan air bersih pada negara tersebut, yang dimana sebagian besar melakukan pengolahan air laut menjadi air tawar menggunakan filter RO.

Dahulu, manusia dalam memenuhi kebutuhan air minumnya selalu memasak air tanah sebelum di konsumsi. Sekarang terdapat beberapa teknologi yang dapat digunakan untuk mengolah air tanah menjadi air minum yang higienis, salah satunya adalah dengan teknologi Mesin reverse osmosis ini.

Karena dapat membantu mengolah air yang dalam kondisi ekstrem sekalipun menjadi air yang siap minum atau air yang siap digunakan dalam berbagai aktifitas.

Harga jual mesin reverse osmosis.

Berbicara mengenai harga jual mesin ro, maka terdapat banyak sekali varian dari mesin reverse osmosis yang dijual dipasaran, dari Mulai toko biasa yang menjual hingga kontraktor besar yang menyediakan sebuah sistem reverse osmosis

Kisaran Harga mesin ro reverse osmosis.

  1. Mesin ro 50 gpd, undersink rumah tangga kisaran Rp 1.300.000-3500.000
  2. Mesin ro 500 gpd, Harga berkisar Rp 3.500.000 – 5.200.000
  3. mesin ro 2000 gpd, Harga dimulai dari Rp 12.000.000 – 45.000.000
  4. mesin ro 10.000 gpd up, dimulai dari Rp 100 juta keatas.

Mesin yang kapasitasnya kecil, terbatas hanya untuk keperluan air minum keluarga atau untuk digunakan sebagai bahan baku atau air steril untuk laboraturium.

Beberapa faktor yang mempengaruhi tinggi rendahnya harga mesin RO, diantaranya adalah:

  1. Kapasitas air yang dihasilkan oleh filter ro akan mempengaruhi harga dari mesin reverse osmosis tersebut. Semakin besar kapasitasnya, maka akan semakin tinggi harga investasi untuk mesin pengolahan air tersebut.
  2. Sistem control yang digunakan dalam sistem ro tersebut, semakin canggih atau semakin banyak fitur otomatis yang digunakan oleh mesin tersebut akan membuat harga mesin tersebut menjadi lebih tinggi.
  3. Jenis air sumber yang akan digunakan atau diolah oleh filter ro. Semakin buruk kualitas air yang akan diolah, maka harga mesin tersebut akan semakin tinggi.
  4. dan banyak hal lain yang akan mempengaruhi harga dari mesin yang akan dipakai.

Arti Gpd pada Mesin RO

Banyak orang yang salah dalam melakukan perhitungan jumlah kapasitas dari mesin yang dibuat, Oleh karena itu kami coba menjelaskan satuan ukuran kapasitas yang biasa digunakan pada membrane ro atau beberapa sparepart filter air minum lainnya.

Pada beberapa part pengolahan air minum, satuan GPD menjadi satuan yang digunakan dalam menentukan kapasitas alat tersebut. Beberapa alat yang menggunakan satuan GPD antara lain, Membrane reverse osmosis ataupun mesin yang sudah dirakit.

Arti GPD pada mesin ro atau lampu ultraviolet adalah Galon Per Day, yang berarti berapa galon yang dapat dihasilkan oleh mesin tersebut.

GPD atau Galon Per Day menggunakan standar galon dari USA, yaitu galon kecil dengan ukuran 3,78liter/galon. Jadi hitungan Galon yang dimaksud bukanlah Galon standar Indonesia yang 19liter/galon.

Selain GPD terdapat juga satuan GPM, yaitu Galon Per Minute. Yang merupakan satuan dari Lampu ultraviolet. Dan untuk lampu ultraviolet, Galon Per Minute adalah penjelasan atau kapasitas air maksimal yang dapat di lewati lampu ultraviolet tersebut selama satu menit.

Gambar / skema Mesin reverse osmosis.

Skema Mesin ro reverse osmosis rumah tangga

Berikut skema filtrasi mesin ro undersink :

  1. Sediment filter 0.5mikron
  2. GAC carbon Filter
  3. CTO Carbon Filter
  4. Pressure pump
  5. Membrane Reverse osmosis
  6. Post Carbon
  7. Mineral Booster
  8. Lampu ultraviolet

Kegunaan mesin reverse osmosis dalam berbagai bidang.

Filter membrane ro sekarang ini merupakan satu teknologi yang sangat banyak dipakai, dikarenakan semakin tercemarnya kondisi air baku dan semakin sulit menemukan sumber air baku atau mata air yang baik.

Oleh karena itu filtrasi menggunakan mesin reverse osmosis banyak digunakan untuk mendapatkan air dengan kualitas yang baik. Banyak negara-negara yang telah menerapkan penggunaan membrane RO sebagai salah satu kebutuhan utama mereka dalam mengolah air, baik air bersih maupun air minum. salah satunya contohnya adalah Negara Arab Saudi.

Mesin reverse osmosis dalam aplikasinya dapat digunakan untuk beberapa hal, antara lain : 

  • Air minum rumah tangga 

Teknologi Membrane ro digunakan dalam pengolahan air minum untuk rumah tangga. Air baku yang dimasukan ke mesin reverse osmosis dapat langsung diminum, tanpa perlu dimasak terlebih dahulu. Pada umumnya mesin ini pada rumah tangga berbentuk Undersinc atau dispenser ro.

Membran ro untuk rumah tangga dapat digunakan jika mengunakan air dengan standar minimal  air input sesuai dengan Permenkes 416. Harga jual mesin ro untuk air minum rumah tangga berkisar antara 1 juta sampai dengan 2,5 juta.

  • Penggunaan pada boiler, Chiller ataupun Cooling tower. 

Air hasil pengolahan dengan menggunakan penyaringan ro atau filter Ro  banyak digunakan oleh perusahaan yang menggunakan mesin boiler, chiller maupun water cooler.

Umumnya mesin ini digunakan untuk melakukan Demineralisasi air atau sebagai Water Softener, Air dengan kondisi Conductivity tinggi dan kadar kapur tinggi dapat menyebabkan terjadinya pengerakan dan berkurangnya kinerja dari mesin tersebut.

  • Industri Pabrik air minum dalam kemasan

Dalam industri Pabrik air minum dalam kemasan, Mesin reverse osmosis digunakan untuk menghasilkan air murni atau air yang memenuhi standar dari Permenkes 492. 

mesin reverse osmosis

  • Usaha Depot air minum isi ulang.

Depot air minum isi ulang, dulunya hanya menggunakan teknologi sederhana dalam pemrosesan airnya, Tetapi sekarang pengunaan filter ro sudah mulai menjadi trend dalam pengolahan air untuk depot isi ulang.

Dengan digunakannya teknologi reverse osmosis, Pelaku usaha depot sekarang tidak harus ketergantungan dengan Supplier tangki air, tetapi mereka dapat menggunakan air PDAM ataupun menggunakan air tanah.

Untuk menghilangkan kadar garam dalam air payau maupun air laut, banyak pelaku industri atau instalasi swasta maupun pemerintah menggunakan sistem penyaringan Membrane ro semi permeable ini, 

Osmosa terbalik yang terjadi pada Filter RO dapat secara efektif memisahkan partikel garam yang terlarut dalam air. sehingga kadar garam atau klorida dalam air dapat di saring hingga 98%. 

Pada industri Farmasi, spesifikasi mesin ro harus dengan standar yang sangat tinggi, mesin ini digunakan untuk proses demineralisasi, air baku yang tinggi mineralnya, akan disaring oleh mesin ini, sehingga dihasilkan purified water atau air murni.

Kemudian air murni tersebut digunakan dalam proses pembuatan obat sesuai dengan standar perusahaan farmasi. Perusahaan farmasi, mempunyai standarisasi yang sangat tinggi. Dimana salah satu spesifikasinya adalah penggunaan Pipa Sanitari stainless steel 316L yang di sambung dengan metode pengelasan yang kita kenal dengan istilah Orbital welding.

Bagian-bagian dari sistem reverse osmosis yang digunakan pada proses demineralisasi dengan air yang standarnya tinggi, antara lain:

    1. Tahap Desifectant
    2. Tahap Pretreatment
    3. Tahap Controlling
    4. Tahap Filtrasi RO
    5. Tahap Resin Anion kation
    6. Tahap resin Mix-bed
    7. Controlling output
  • RO untuk rumah sakit

Rumah sakit merupakan salah satu instansi yang membutuhkan air yang merupakan hasil olahan dari mesin, Biasanya mesin reverse osmosis akan digunakan pada berbagai keperluan dalam rumah sakit, Antara lain: Mesin Hemodialisa, Mesin Autoclave, Keperluan cuci tangan ruang OKA, dan keperluan laboraturium lainnya.

 

Beberapa hal yang harus diperhatikan dalam menggunakan reverse osmosis, antara lain:

  • Jika air kualitasnya tidak baik, maka diperlukan adanya pengolahan awal terlebih dahulu, biasanya kita sebut dengan istilah pretreatment.
  • Air buangan dari filter ro tidak boleh untuk dimasukan kembali secara langsung kedalam mesin. Kecuali dengan beberapa pertimbangan. Konsultasikan dengan kami, jenis air yang boleh di sirkulasi kembali.
  • Gunakanlah Jenis membrane yang sesuai dengan kondisi air yang akan di olah.
  • Analisa air sumber sangatlah di anjurkan sebelum merancang mesin tersebut.

Demikianlah penjelasan dari kami, untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi kami langsung. terima kasih

Mesin ro automatic
Mesin yang menggunakan Filter RO

FAQ

Apa itu Mesin RO?

Mesin reverse osmosis adalah sebuah filter yang bekerja dengan prinsip osmosis terbalik untuk menghasilkan air yang berkualitas tinggi dengan kandungan zat padat terlarut yang sangat rendah.

Berapa Harga Mesin RO?

Harga mesin RO sangat bervariatif tergantung dari kapasitas air yang dihasilkan, jenis air sumber yang digunakan dan instrumen control yang digunakan pada system RO. Harga mulai dari Rp. 1.300.000,- s/d 100Juta ke atas.

Bagaimana Cara kerja dari Membrane RO?

Cara kerja dari membrane ro adalah dengan memberikan tekanan tertentu pada membrane semi permeable, sehingga air akan di paksa untuk melewati membrane / filter. Air yang melewati membrane tersebut adalah air murni dan beberapa partikel yang sangat kecil, sedangkan partikel besar yang tidak dapat melewati membrane, akan menjadi air pembuangan.

Berapakah tekanan kerja dari Filter RO?

Filter reverse osmosis bekerja pada range tekanan dari 50psi hingga 800psi, tergantung dari jenis membrane reverse osmosis yang digunakan dan jenis air yang diproses pada mesin RO. Semakin pekat air yang akan di proses, maka diperlukan tekanan yang semakin tinggi.

Air apa saja yang bisa diolah oleh Mesin RO?

Untuk saat ini, Mesin reverse osmosis dapat mengolah air dengan range yang cukup luas. Dari air Tanah sampai dengan air yang kualitas Extreem seperti air laut yang memiliki kadar garam tinggi.

Berapa banyak air yang dihasilkan dan yang dibuang oleh Reverse Osmosis?

Perbandingan air hasil dan air buang atau Permeate dan concentrate yang ideal adalah 30:70, Tetapi hal ini dapat berubah tergantung kondisi dan bagaimana system reverse osmosis itu dibuat

Apakah Pembuangan Ro dapat dimasukan Kembali dan diolah Kembali oleh mesin ro?

Tergantung kondisi air yang digunakan sebagai input dan Kualitas dari concentrate darimesi ro tersebut, Jika Kualitas pembuangan masih dalam kategori kualitas sedang, maka pembuangan tersebut dapat di recycle Sebagian kedalam feed water.

Berapa lama jangka waktu pemakaian Filter Ro?

Jangka waktu pemakaian ideal adalah sekitar 1tahun hingga 3 tahun. Tergantung kondisi dari Feed water yang digunakan.

Seberapa efektif mesin ro dalam menyaring kontaminan dalam air?

Jumlah Kontaminan dalam air yang dapat disaring menggunakan Mesin ro adalah sekitar 95-98%. Sehingga air yang dihasilkan hampir mendekati H2O murni.

Apakah air yang di olah dengan Mesin RO sudah pasti layak diminum?

Tidak, Karena masih terdapat beberapa parameter untuk air minum yang harus diperhatikan, Salah satu masalah yang paling sering terjadi adalah masalah PH pada air RO. Air yang dihasilkan oleh mesin RO memiliki nilai PH yang rendah. Untuk Itu supaya dapat di minum, Hendaklah kita melakukan adjustment pada PH air output RO.

Seberapa handal Mesin Reverse osmosis dalam menyaring bakteria dan virus?

Berdasarkan hasil Analisa PT Tanindo Anugerah Nusantara, Hanya berkisar 98% bakteri yang dapat di saring oleh Reverse osmosis.

Berapa kapasitas air yang dapat dihasilkan oleh Mesin Reverse Osmosis?

Jumlah air yang dapat dihasilkan sangat tergantung pada Jenis membrane yang digunakan.

6 pemikiran pada “Mesin ro reverse osmosis”

Tinggalkan komentar

You cannot copy content of this page