Manfaat Penerapan ISO Perusahaan Pabrik Air Minum dalam kemasan amdk

Home ยป Manfaat Penerapan ISO Perusahaan Pabrik Air Minum dalam kemasan amdk

Penerapan ISO Pabrik Air Minum AMDK akan menentukan kualitas dari air yang dihasilkan. Air memiliki peranan yang sangat penting dalam keseharian manusia sehingga kualitas air yang dikonsumsi setiap hari haruslah menjadi perhatian semua pihak. Saat ini tersedia banyak sekali pilihan air minum dalam kemasan yang bisa dibeli oleh konsumen. Salah satu cara untuk memastikan kualitas atau mutu dari air minum dalam kemasan adalah adanya penerapan ISO pabrik air minum AMDKdalam kemasan tersebut.

ISO 9001 & 14000 Pabrik air minum

The International Organization for Standardization atau ISO telah terbentuk sejak tahun 1947. Organisasi internasional ini merupakan sebuah lembaga non pemerintahan dengan anggota lebih dari 140 negara. Kesepakatan-kesepakatan yang dibuat oleh para anggota ISO akan dipublikasikan dan menjadi standar secara internasional.

Enam Manfaat Penerapan ISO Pabrik Air Minum AMDK Dalam Kemasan

Definisi Air Minum Dalam Kemasan menurut keputusan Menperindag No. 705/MPP/Kep/11/2003 adalah air yang telah diolah, dikemas, dan aman untuk diminum. Di Indonesia, kualitas Air Minum Dalam Kemasan haruslah sesuai dengan Standar Nasional Indonesia. Secara internasional, ISO 9001 menjadi standar kualitas untuk pabrik air minum. Berikut 5 menfaat penerapan ISO Pabrik Air Minum AMDK Dalam Kemasan.

1.    Kepercayaan Konsumen Meningkat dengan adanya penerapan ISO pabrik air minum amdk.

ISO 9001 merupakan salah satu jenis ISO yang banyak digunakan dalam industri di Indonesia. ISO ini menggunakan pendekatan proses untuk semakin meningkatkan manajemen mutu dalam perusahaan. ISO 9001 merupakan sistem penjaminan mutu atau Quality Management System.

Adanya sistem penjaminan mutu atau ISO pabrik Air Minum Dalam Kemasan tentu saja akan semakin meyakinkan konsumen untuk membelinya. Kualitas yang sesuai dengan standar internasional pada produk Air Minum Dalam Kemasan akan memberikan tingkat kepuasan yang lebih tinggi bagi konsumen.

2.    Kredibilitas Perusahaan Semakin Meningkat

ISO pabrik Air Minum AMDK Dalam Kemasan tentu saja akan semakin meningkatkan kredibilitas perusahaan. Penerapan standar internasional dalam proses produksi akan memberikan jaminan kualitas terhadap produk yang dihasilkan. Standar terbaik akan diterapkan dalam pembuatan Air Minum Dalam Kemasan sehingga akan mempengaruhi kredibilitas perusahaan di mata konsumen.

3.    Adanya Jaminan Kualitas Sesuai Standar Internasional ISO pabrik air minum amdk

Perusahaan Air Minum Dalam Kemasan yang telah menerapkan ISO dalam proses produksinya tentu saja memiliki kualitas berstandar internasional. Jaminan kualitas ini akan memberikan rasa aman dan juga kepecayaan dari konsumen.

Jaminan kualitas sesuai standar internasional tidak bisa serta merta didapatkan oleh sebuah perusahaan. Perusahaan tersebut haruslah mendapatkan sertifikasi ISO dan wajib melalui serangkaian tahapan dalam sebuah siklus yang disebut dengan PDCA.

PDCA merupakan sebuah siklus pasti yang diterapkan pada semua jenis industri. Proses identifikasi, analisis, dan eksekusi penyelesaian suatu masalah akan dilakukan untuk memberikan jaminan mutu telah sesuai dengan standar internasional.

4.    Penghematan Biaya

ISO pabrik Air Minum Dalam Kemasan menjadi rujukan atas standar mutu yang dimiliki oleh perusahaan. Kerugian atau kegagalan yang mungkin terjadi dalam proses produksi dapat diantisipasi sedini mungkin dengan adanya ISO. Kerugian akibat adanya kegagalan dapat diminimalisir apabila perusahaan menerapkan ISO dalam setiap proses produksi.

5.    Kinerja Karyawan Semakin Optimal

Kinerja karyawan akan semakin optimal apabila terdapat standar kualitas yang jelas. Karyawan akan semakin termotivasi untuk meningkatkan efektivitas, efisiensi, dan juga produktivitas sesuai dengan ISO yang berlaku di perusahaan.

6.    Meningkatkan Image Perusahaan

Image perusahaan akan semakin meningkat apabila perusahaan tersebut menerapkan manajemen mutu sesuai dengan standar internasional. Image atau brand dari perusahaan akan semakin meningkat tidak hanya dalam skala nasional namun juga secara global.

Selain ISO 9001, masih terdapat beberapa jenis ISO lainnya dimana masing-masing ISO merupakan standar kualitas yang berbeda. ISO 14001 merupakan standar mutu untuk sistem manajemen lingkungan, sementara ISO 22000 merupakan standar mutu untuk sistem keamanan pangan. Beberapa jenis ISO lainnya yaitu :

  • ISO TS 16949 merupakan standar mutu pada industri otomotif.
  • ISP / IEC 27001 merupakan standar manajemen keamanan sistem informasi.
  • ISO / IEC 17025 diperuntukkan bagi laboratorium atau lembaga pengujian.
  • ISO 2800 merupakan sandar mutu untuk menjamin rantai pasok bagi perusahaan berisiko tinggi.
  • ISO 5001 adalah standar mutu yang diterapkan pada sistem manajemen energi.

Sertifikasi ISO dalam proses produksi Air Minum Dalam Kemasan juga merupakan good will bagi perusahaan sehingga harus terus memenuhi standar mutu internasional. Demikianlah manfaat penerapan ISO pabrik Air Minum Dalam Kemasan yang akan semakin memberikan banyak keuntungan bagi perusahaan. Semoga bermanfaat.

Baca Juga :

  1. Penjelasan Pabrik air minum dalam Kemasan secara umum.
  2. Strategi branding & Brand Awareness Perusahaan Amdk.
  3. Investasi / modal usaha untuk membangun pabrik amdk.
  4. Desain ruangan pabrik air minum amdk.
  5. Standar design GMP (Good Manufacturing Practice) dan CPPOB dalam Food Industri Air minum dalam kemasan.
  6. Penjelasan dan Penerapan ISO pada perusahaan air minum.
  7. Penerapan OHSAS untuk kesehatan dan keselamatan kerja Karyawan.
  8. Analisis Bahaya dan Pengendalian Titik Kritis ( HACCP ) Perusahaan Air minum
  9. Perilaku dan Budaya konsumen dalam membeli air minum kemasan.
  10. Strategi pemasaran air minum kemasan.
  11. Pentingnya Analisis pesaing air minum kemasan.
  12. Cara membuat studi kelayakan bisnis air kemasan.
  13. Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam mengelola manajemen pabrik amdk.
  14. Apa penyebab pabrik air minum bangkrut ? Kenali penyebabnya.
  15. Biaya produksi air minum kemasan gelas, botol dan gallon.
  16. Izin usaha pabrik air minum kemasan.
  17. Jenis-jenis air minum kemasan.
  18. Kualitas sumber air kemasan.
  19. Cara menentukan lokasi pabrik air minum yang ideal
  20. Target pangsa pasar air minum kemasan.
  21. Peralatan laboraturium pabrik air kemasan.
  22. Proposal bisnis usaha air minum kemasan.
  23. Dokument UKL UPL Perusahaan Air minum kemasan.