Jenis-jenis air minum kemasan

Pada Pabrik air minum kemasan terdapat beberapa kategori air minum yang dihasilkan, sebelum kita memulai bisnis air kemasan, tentunya kita harus dapat dulu menentukan jenis air minum apa yang akan kita buat.

jenis air minum kemasan amdk

Dan saran kami, untuk menentukan jenis air minum apa yang akan dibuat, terlebih dahulu kita harus mengetahui bagaimana kebiasaan dari konsumen yang akan kita bidik nantinya untuk memasarkan produk kita.

Setelah kebiasaan dari konsumen ditempat yang akan menjadi pasar di ketahui, maka alangkah lebih baik kalau kita juga mulai mengelompokkan dan menentukan pangsa pasar yang ada dan yang akan kita masuki.

Hal ini kita lakukan agar kita dapat lebih tepat menentukan jenis produk yang akan kita produksi.

Jenis Air minum kemasan terbagi menjadi beberapa :

1. Jenis Air minum kemasan mineral

Air minum yang diolah menggunakan filter tertentu tetapi masih mempertahankan kadar mineral didalam air tersebut. Biasanya tipe produk mineral ini dipilih apabila kita mendapatkan sumber air yang sudah baik kualitasnya.

Dengan didapatkannya sumber air yang kualitasnya sudah cukup baik, maka kita tidak perlu memakai jenis filter yang terlalu kompleks seperti jenis filter reverse osmosis ataupun jenis filter demineralisasi lainnya.

Dan biasanya untuk membuat pabrik air minum mineral, biaya investasi yang dikeluarkan relatif lebih kecil karena tidak memerlukan unit filter yang terlalu rumit.

Perusahaan air minum juga dapat membuat air jenis ini dengan mengolah air menggunakan filter tertentu dengan melakukan rekayasa pada mineral dalam air tersebut, baik menambahkan maupun mengurangi mineral dalam produk air minum dalam kemasan.

2. Air Mineral Alami

Air kemasan yang di buat dengan mempertahankan mineral alami dalam air tersebut, dengan tanpa mengurangi atau menambahkan mineral di dalam air. Sehingga mineral yang terkandung dalam air tersebut adalah mineral alami yang berasal dari sumber mata air.

3. Air minum Demineral

Air minum diolah menggunakan teknologi demineral sehingga menghasilkan air yang murni atau air yang memiliki kandungan mineral rendah.

Air minum demineral adalah air minum yang tidak mengandung mineral didalamnya. Demineral pada air minum tersebut terdapat 2 jenis, Yaitu air demineral alami dan air demineral buatan.

Air Demineral alami merupakan air yang mengandung sedikit sekali mineral didalamnya. Biasanya air jenis ini dapat di temui di pergunungan yang dimana kontur tanah atau lapisan tanah lebih di dominasi oleh Pasir dan batu. Seperti di beberapa daerah Kalimantan dan Sumatera.

Air Demineral buatan melalui sebuah proses penghilangan mineral dalam air, Perusahaan menggunakan teknologi demineral sehingga menghasilkan air yang murni atau air yang memiliki kandungan mineral rendah. Teknik pengurangan mineral dalam air dapat dilakukan dengan menggunakan Mesin Reverse osmosis, Distilasi maupun teknik ion exchange atau pertukaran ion.

Banyak hal yang dapat membuat sebuah perusahaan memutuskan untuk membuat jenis air ini, antara lain :

  • Kualitas sumber airnya yang kurang baik

Biasanya kalau kita menemukan air dengan kadar TDS terlalu tinggi, maka salah satu jalan untuk mengurangi TDS adalah dengan cara memakai filter Reverse osmosis.

  • Pangsa pasar tertentu yang menjadi targetnya.

Ada beberapa perusahaan yang ingin menjadikan ikon produk mereka memiliki ciri khas tertentu.

Produk yang dibuat ingin dikaitkan dengan sebuah hal / kondisi yang menarik. Sehingga pelanggan akan tertarik untuk mencoba dan membeli. Contohnya : Air Embun (Air embun adalah air yang kondisinya demineral/murni).

  • Keperluan khusus lainnya.

Beberapa perusahaan membuat airnya menjadi demineral dulu dengan tujuan untuk memodifikasi airnya menjadi produk yang sesuai dengan harapan mereka.

4. Air Minum Embun

Air minum yang dihasilkan dari proses penguapan air, baik dari udara maupun proses penguapan lainnya hingga menjadi uap air, setelah itu air akan di kondensasikan untuk merubah uap air menjadi air embun. Proses air embun ini sering di sebut sebagai proses distilasi.

5. Air minum dengan kondisi khusus.

Air dengan kondisi khusus adalah air yang dibuat khusus untuk menjangkau pangsa pasar tertentu. Biasanya jenis air ini menyesuaikan dengan trend yang sedang terjadi didalam bisnis tersebut. Seperti Air Alkaline, Air oksigen, Air Hexagonal, Air Bio Energy dan jenis lainnya.

Contohnya :

  • Air alkaline yang dianggap merupakan air kesehatan yang baik untuk tubuh.
  • Air beroksigen yang baik untuk sirkulasi darah dalam tubuh manusia.
  • Air Murni yang baik untuk penderita gagal ginjal.
  • Dan lain lain.

Banyak juga alasan kenapa sebuah perusahaan membuat produk ini, salah satu alasannya adalah karena jenis produk ini sedang menjadi trend dipasaran bisnis air minum.

Setelah kita mengetahui berbagai jenis air minum yang ada, maka kita sudah dapat menentukan jenis air minum apa yang akan kita produksi. Dan bagi anda yang merupakan seorang pengusaha, tentunya tidak ingin salah Langkah dalam memulai sebuah bisnis.

Oleh karena itu, dibawah ini kami mencoba mengelompokan beberapa hal-hal penting yang perlu di perhatikan dan dipelajari oleh pelaku bisnis amdk sebelum memutuskan untuk masuk kedalam bisnis pabrik air minum kemasan.

Konsultasikan dengan kami untuk mengetahui lebih spesifik kelebihan dan kekurangan dari masing – masing produk yang ada.


Baca :

  1. Penjelasan umum Pabrik air minum dalam kemasan.
  2. Investasi / modal usaha untuk membangun pabrik amdk.
  3. Desain ruangan pabrik air minum amdk.
  4. Perilaku dan Budaya konsumen dalam membeli air minum dalam kemasan.
  5. Strategi pemasaran air minum kemasan.
  6. Pentingnya Analisis pesaing air minum kemasan.
  7. Cara membuat studi kelayakan bisnis air kemasan.
  8. Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam mengelola manajemen pabrik amdk.
  9. Apa penyebab pabrik air minum bangkrut ? Kenali penyebabnya.
  10. Biaya produksi air minum kemasan gelas, botol dan gallon.
  11. Izin usaha pabrik air minum kemasan.
  12. Kualitas sumber air kemasan.
  13. Cara menentukan lokasi pabrik air minum yang ideal
  14. Target pangsa pasar air minum kemasan.
  15. Peralatan laboraturium pabrik air kemasan.
  16. Proposal bisnis usaha air minum kemasan.
You cannot copy content of this page