Perilaku dan budaya konsumen air kemasan.

Faktor lain yang perlu diperhatikan, pada saat Pabrik AMDK hendak menentukan produk yang akan dibuat adalah dengan memperhatikan perilaku dan budaya konsumen air kemasan. Dengan mengetahui kebiasaan dari konsumen, maka kita akan dapat menentukan beberapa strategi pemasaran dengan lebih akurat dan tepat sasaran. Dengan menggunakan strategi yang tepat, maka tingkat persentase keberhasilan penjualan akan lebih tinggi.

Perilaku dan budaya konsumen air kemasan

Disini kami akan mencoba untuk memberikan contoh macam-macam kebiasaan Masyarakat / konsumen diantaranya adalah :

  • Masyarakat yang sering mengadakan pesta atau upacara.

Beberapa daerah tertentu di Indonesia memiliki masyarakat dengan budaya yang cukup rutin melakukan upacara keagamaan ataupun Pesta adat sesuai dengan budaya mereka. Pelanggan jenis ini adalah pelanggan yang sangat banyak mengkonsumsi Produk air gelas dibanding produk lainnya seperti botol dan gallon.

Untuk perusahaan air minum kemasan yang dibuat didaerah ini, harus menambah kapasitas produksi gelas agar dapat memenuhi kebutuhan masyarakat sekitar.

  • Konsumen yang sangat sensitive terhadap harga.

Salah satu kebiasaan yang harus diperhatikan adalah bagaimana pasar sangat elastis sempurna, atau pasar yang sangat sensitive terhadap harga.

Jika Perusahan air kemasan berada di tengah masyarakat dengan kebiasaan seperti ini, maka kami anjurkan untuk melakukan efisiensi biaya semaksimal mungkin untuk menghindari kerugian karena omset penjualan yang terlalu minim.

Efisiensikan semua elemen bahan baku produksi dan biaya operasional perusahaan untuk menekan harga. Dengan berhasilnya perusahaan melakukan efisiensi biaya, maka perusahaan dapat menetapkan harga jual yang lebih bersaing di pasar yang rentan terhadap harga.

  • Perilaku dan Budaya Konsumen air kemasan yang mementingkan Prestige.

Untuk beberapa daerah di Indonesia, konsumen mempunyai kebiasaan yang lebih mementingkan Prestige dibandingkan dengan harga yang murah. Pelanggan jenis ini akan rela untuk membeli produk dengan harga yang lebih tinggi untuk meningkatkan gaya hidup mereka.

Untuk Melayani pasar yang mempunyai budaya seperti ini, Maka perusahaan air minum harus berusaha semaksimal mungkin meningkat brand image dari product mereka. Merek atau brand yang ngehits atau sedang viral akan menjadi rebutan dari kesukaan dari pelanggan dengan tipe seperti ini.

  • Masyarakat yang Sebagian besar aktifitasnya dikantor.

Masyarakat perkantoran merupakan masyarakat yang mobilitasnya cukup tinggi. Mereka menginginkan sebuah produk atau kemasan yang dapat di isi ulang. Produk air minum dalam keamasan botol merupakan primadona untuk masyarakat dengan kondisi ini.

Air minum kemasan botol 330ml merupakan primadona untuk daerah ini. Perkantoran akan banyak menggunakan botol 330ml untuk ruangan meeting atau acara-acara formal perusahaan lainnya.

  • Masyarakat yang sangat mementingkan kualitas dan Kesehatan.

Kebiasaan atau segmen Konsumen jenis ini merupakan konsumen yang cukup menarik untuk di garap lebih lanjut. Perusahaan mempunyai kesulitan tersendiri dalam memasuki pasar tersebut pada awalnya. Tetapi apabila perusahaan dapat mengetahui keinginan mereka dan memenuhi semua apa yang menjadi harapan mereka, maka pelanggan jenis inilah yang akan menjadi pelanggan yang setia.

Gunakan alat-alat pemrosesan yang terbaik untuk menghasilkan produk yang berkualitas. Dengan dihasilkannya produk yang berkualitas, maka perusahaan dapat menjual produk dengan harga yang lebih tinggi kepasar.

Masyarakat yang memiliki budaya yang lebih mementingkan Kesehatan, tidak akan terlalu sensitive dengan harga yang tinggi. Mereka akan berani membayar lebih untuk mendapatkan kualitas yang terbaik.

  • Masyarakat dengan sifat Individualism tinggi.

Jika perusahaan memulai usaha didalam masyarakat dengan kebiasaan seperti ini, maka produk air minum gelas menjadi produk yang akan lebih lambat terserap oleh pasar dibanding dengan Produk gallon.


Baca :

  1. Penjelasan umum Pabrik air minum dalam kemasan.
  2. Investasi / modal usaha untuk membangun pabrik amdk.
  3. Desain ruangan pabrik air minum amdk.
  4. Strategi pemasaran air minum kemasan.
  5. Pentingnya Analisis pesaing air minum kemasan.
  6. Cara membuat studi kelayakan bisnis air kemasan.
  7. Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam mengelola manajemen pabrik amdk.
  8. Apa penyebab pabrik air minum bangkrut ? Kenali penyebabnya.
  9. Biaya produksi air minum kemasan gelas, botol dan gallon.
  10. Izin usaha pabrik air minum kemasan.
  11. Jenis-jenis air minum kemasan.
  12. Kualitas sumber air kemasan.
  13. Cara menentukan lokasi pabrik air minum yang ideal
  14. Target pangsa pasar air minum kemasan.
  15. Peralatan laboraturium pabrik air kemasan.
  16. Proposal bisnis usaha air minum kemasan.
You cannot copy content of this page