Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam mengelola manajemen pabrik amdk.

Untuk memasuki Industri Pabrik air minum mineral amdk, ada beberapa hal yang berkaitan dengan manajemen pabrik amdk yang harus diperhatikan oleh pelaku usaha tersebut dalam membangun Bisnis pabrik air minum dalam kemasan, antara lain :

1. Beberapa dokumen pendukung laboraturium

Dokument lainnya yang diperlukan adalah Sertifikat kalibrasi dari alat-alat yang digunakan oleh laboraturium perusahaan. Untuk setiap alat lab yang digital memerlukan kalibrasi yang dilakukan oleh badan yang terakreditasi 6 – 12bulan sekali.

Manajemen pabrik amdk

2. Peralatan laboratorium Pabrik air kemasan

Saat Manajemen pabrik amdk sudah mulai berjalan. Peralatan laboraturium harus secara rutin digunakan untuk melakukan pengecekan secara berkala akan kualitas air. Untuk setiap alat harus dilakukan kalibrasi untuk memastikan keakuratan alat ukur.

Salah satu persyatan untuk pengajuan sertifikasi SNI dan Ijin BPOM adalah terdapatnya ruangan laboraturium yang terdapat beberapa alat lab untuk keperluan pengetesan air.

Baca : Peralatan laboratorium apa saja yang diperlukan ? 

3. Standar operation prosedur setiap bagian

Setiap process haruslah dilakukan sesuai dengan standar operation procedure yang telah ditetapkan oleh perusahaan. Managemen harus memastikan bahwa semua SOP telah dijalankan dengan sesuai. Proses yang dilakukan tanpa mengikuti prosedur yang ada, akan menimbulkan masalah susulan berikutnya.

4. Efisiensi Biaya Variabel / Biaya produksi

Banyak perusahaan yang sudah berjalan, Tetapi tidak dapat berkembang dengan baik dan tidak dapat bersaing dengan para pesaingnya. Salah satu penyebabnya adalah biaya operasional yang terlalu tinggi. Disaat biaya operasi tinggi, perusahaan akan menjual produk mereka dengan harga yang lebih tinggi. Untuk perusahaan yang baru membangun usaha mereka, hal tersebut akan sangat berbahaya bagi kelangsungan hidup perusahan.

5. Quality control untuk produk hasil

Untuk Memastikan semua produk yang dihasilkan berkualitas baik, maka perusahaan harus senantiasa melakukan quality control pada setiap produk yang dihasilkan. Untuk Pabrik amdk air minum, salah satu cara untuk melakukan quality control adalah dengan melakukan pengecekan secara berkala di laboraturium untuk parameter Fisika, Kimia dan Mikrobiologinya.

6. Terus melakukan pengembangan dan mengetahui perkembangan pasar.

Saat ini pasar berkembang dengan sangat pesat sehingga tingkat persaingan pun menjadi sangat ketat. Hal tersebut disebabkan perkembangan teknologi komunikasi dan informasi. Untuk menjamin agar produk perusahaan tetap dapat diterima oleh pasar. Maka Perkembangan dan inovasi baru harus tetap dikembangkan untuk memenuhi keinginan pasar. Saat ini untuk mengetahui bagaimana perkembangan pasar dapat lebih mudah dilakukan karena semua informasi lebih mudah didapat lewat internet.

7. Lakukan pergantian / maintenance untuk setiap alat

Maintenance dan pergantian sparepart ataupun media filter perlu dilakukan secara berkala untuk memastikan proses penyaringan berjalan dengan baik. Lakukan pengecekan secara berkala untuk mengetahui filter mana saja yang sudah harus diganti dan schedulekan pergantian dan perawatan secara berkala.

8. Lakukan meeting koordinasi secara rutin.

Hal terakhir yang mungkin simple tetapi kenyataannya tidak banyak perusahaan yang melakukan hal tersebut adalah Meeting koordinasi. Hal ini penting dilakukan agar proses pemantauan dan evaluasi dapat berjalan dengan baik dan setiap masalah dapat segera diselesaikan.


Baca :

  1. Penjelasan umum Pabrik air minum dalam kemasan.
  2. Investasi / modal usaha untuk membangun pabrik amdk.
  3. Desain ruangan pabrik air minum amdk.
  4. Perilaku dan Budaya konsumen dalam membeli air minum dalam kemasan.
  5. Strategi pemasaran air minum kemasan.
  6. Pentingnya Analisis pesaing air minum kemasan.
  7. Cara membuat studi kelayakan bisnis air kemasan.
  8. Apa penyebab pabrik air minum bangkrut ? Kenali penyebabnya.
  9. Biaya produksi air minum kemasan gelas, botol dan gallon.
  10. Izin usaha pabrik air minum kemasan.
  11. Jenis-jenis air minum kemasan.
  12. Kualitas sumber air kemasan.
  13. Cara menentukan lokasi pabrik air minum yang ideal
  14. Target pangsa pasar air minum kemasan.
  15. Peralatan laboraturium pabrik air kemasan.
  16. Proposal bisnis usaha air minum kemasan.
You cannot copy content of this page