Pabrik air minum dalam kemasan AMDK

Pada zaman yang semakin berkembang, Pabrik air minum dalam kemasan amdk menjadi salah satu industri yang menjadi primadona saat ini. Modal yang tidak terlalu besar, ROI (Return Of Investment) yang cukup tinggi dan disertai dengan Waktu BEP (Break Even Point) yang cukup singkat membuat Bisnis ini banyak di minati oleh pelaku bisnis.

Harga mesin bisnis pabrik air minum dalam kemasan
Bangunan Pabrik amdk
bisnis pabrik air minum dalam kemasan
Bangunan pabrik amdk 2

Bagi anda yang menjadi seorang pengusaha, alangkah baiknya kalau dipahami dulu seluk beluk usaha air minum kemasan. Dibawah ini kami akan melakukan pembahasan untuk berbagai hal yang perlu di ketahui sebelum masuk kedalam bisnis tersebut.


PENGERTIAN AIR MINUM KEMASAN AMDK.

Air minum dalam kemasan (amdk) adalah air yang diolah dengan menggunakan teknologi filtrasi tertentu, kemudian dikemas dalam beberapa bentuk, antara lain: Botol 330ml, Botol 600ml, Botol 1500ml, Gelas 240ml, Gallon 19liter maupun ukuran kemasan lainnya.

Air minum dalam kemasan botol
Air minum dalam kemasan botol

LATAR BELAKANG TIMBULNYA BISNIS AIR MINUM KEMASAN AMDK.

Di saat kebutuhan air yang benar benar layak semakin sulit didapat, berbagai jenis pabrik amdk banyak bermunculan baik dari skala kecil hingga skala yang besar.

Beberapa tahun sebelum Air minum dalam kemasan tidak sebanyak saat ini, masyarakat mengolah sendiri air yang akan mereka konsumsi dengan memasaknya terlebih dahulu untuk membunuh bakteri atau virus yang ada dalam air.

Tetapi dengan perubahan jaman dimana perindustrian semakin menjamur, mengakibatkan banyaknya limbah yang dibuang ke saluran pembuangan. Hal tersebut diperburuk dengan pembuangan limbah yang tidak sesuai dengan standar baku mutu dan lemahnya pengawasan dari Dinas Lingkungan Hidup.

Hal tersebut akan mengakibatkan kualitas sumber air yang ada akan semakin buruk karena resapan dari limbah tersebut.

Oleh karena itu, saat ini kita tidak dapat mengolah air minum hanya dengan merebusnya sampai mencapai titik didih, karena yang mencemari bukan hanya bakteri tetapi kontaminan berbahaya lainnya. Hal tersebut yang menjadi latar belakang banyak munculnya pabrik air minum.

Sebelum kita masuk ke pembahasan yang lebih dalam, alangkah lebih baiknya kalau kita mengetahui terlebih dahulu jenis-jenis air minum kemasan yang terdapat di pasaran saat ini.


JENIS-JENIS AIR KEMASAN AMDK TERBAGI MENJADI 5, ANTARA LAIN :

  • Air Mineral.

Air yang memiliki kandungan mineral baik secara alami atau buatan.

  • Air Mineral Alami.

Proses pembuatan air mineral pada air minum yang berasal dari alam. Mineral yang didapat secara alami.

  • Air minum Demineral.

Berikut adalah air minum yang mengandung sedikit sekali mineral.

  • Air Minum Embun.

Proses penguapan dan kemudian di kondensasi menjadi air.

  • Air minum dengan kondisi khusus.

Air minum yang dibuat dibuat dengan kondisi tertentu untuk menarik minat konsumen.

Sekian penjelasan mengenai Jenis-jenis air minum kemasan. Dihalaman selanjutnya, kami menjelaskan secara detail apa yang menjadi pembeda dari jenis-jenis air minum tersebut.


HAL-HAL YANG HARUS DI PERHATIKAN SEBELUM MEMBANGUN PABRIK AIR MINUM DALAM KEMASAN.

Ada beberapa hal yang harus kita perhatikan saat kita ingin membangun sebuah pabrik air kemasan baik mineral maupun jenis lainnya. Antara lain:

MODAL USAHA / BIAYA PEMBUATAN PABRIK AMDK.

Modal usaha dalam mendirikan pabrik air mineral merupakan salah satu hal yang harus diperhatikan. Dengan persiapan modal yang cukup, maka pembangunan pabrik akan berjalan dengan lancar. Untuk Pengusaha maupun instansi pemerintah, seperti BUMDES, PERUSDA, PERUMDA ataupun PEMDA yang ingin memulai usaha Pabrik air minum dalam kemasan. Maka kami sarankan untuk membuat perencanaan yang cukup detail sebelum memulai usaha tersebut. Konsultasikan dengan kami untuk perencanaan tersebut.

Modal usaha / biaya pembuatan pabrik air kemasan harus di perhatikan dengan benar. Banyak pelaku usaha yang tidak menghitung dengan benar untuk setiap komponen biaya yang akan muncul. Hal tersebut akan menyebabkan terjadinya Over Budget.

Over budget atau kelebihan dari anggaran untuk beberapa pengusaha yang memiliki modal yang cukup, mungkin tidak akan terlalu berpengaruh. Tetapi lain halnya dengan pengusaha atau instansi yang memiliki keterbatasan dalam hal anggaran. Contohnya Pelaku UMKM, Pengusaha yang meminjam modalnya di Bank akan kesulitan untuk mendapatkan tambahan biaya dari BANK.

Begitu pula dengan BUMDES (Badan Usaha Milik Desa), PERUSDA (Perusahaan Daerah), PERUMDA (Perusahaan Umum Daerah), PERSERODA (Perusahaan Perseroan Daerah) yang merupakan instansi pemerintahan. Mulainya bisnis ini haruslah di persiapkan dengan baik.

KUALITAS DAN KUANTITAS SUMBER AIR BAKU YANG AKAN DIOLAH MENJADI AIR MINUM KEMASAN.

Kualitas air untuk pabrik amdk

Sumber bahan baku hendaklah di pilih yang kualitasnya terbaik dan kapasitasnya mencukupi. Hal penting yang harus dilakukan oleh seorang pengusaha air minum adalah harus dapat memastikan bahwa sumber air yang akan diolah tersebut memiliki kualitas yang baik. Sehingga perusahaannya dapat bersaing di pasaran.

Di halaman ini, kami hanya membahas secara singkat beberapa yang menurut kami penting untuk dibahas, tetapi anda tidak perlu khawatir, dipaling bawah penjelasan ini, sudah kami sediakan link untuk pembahasan pertopik dengan lebih detail.

Selamat membaca.

salam dari kami, PT Tanindo Anugerah Nusantara.

PROSES PRODUKSI AIR MINUM DALAM KEMASAN AMDK.

Didalam pabrik air kemasan, Proses produksi terdiri dari beberapa proses dari mulai Filtrasi sampai penyimpanan barang jadi. Semua proses itu harus di control dengan baik dan dibuatkan sebuah SOP (Standar Operation Prosedure) yang baik agar sebuah pabrik dapat berjalan dengan baik.

Beberapa proses produksinya, antara lain :

  • Proses Filtrasi.

Proses ini adalah proses awal dimana air harus di lakukan filtrasi agar kotoran-kotoran dan kontaminan terbuang dari dalam air.

Mesin filtrasi air
  • Proses Proses Sterilisasi awal.

Selanjutnya setelah proses filtrasi, maka air tersebut harus dilakukan proses sterilisasi awal untuk pembunuhan bakteri yang terdapat dalam air tersebut.

  • Proses sterilisasi lanjutan.

Sterilisasi lanjutan yang dilakukan untuk proses pembunuhan bakteri yang terdapat dalam kemasan air minum.

  • Proses pengadukan.

Apabila di kehendaki untuk ditambahkan beberapa mineral ataupun perasa lainnya, maka proses pengadukan ini haruslah ditambah dan dilakukan dengan menggunakan agitator / Tangki Pengadukan.

  • Proses pengisian.

Setelah semua proses 1-4 dilakukan, kemudian air sudah siap untuk dilakukan pengisian kedalam wadah. Biasanya berbentuk gelas, botol maupun gallon.

Mesin filling pengisian botol rotary automatic
  • Proses memberikan label.

Gelas, botol dan gallon yang sudah terisi dan tertutup, kemudian diberikan segel dengan menggunakan stiker, segel plastic yang dapat dilakukan secara manual maupun automatic.

  • Proses pemberian expired date.

Untuk setiap produk yang telah selesai diisi dan dipasangkan label, kemudian diberikan kode expired date agar konsumen dapat mengetahui jangka waktu kadarluarsa untuk produk tersebut.

  • Proses pengepakan.

Proses selanjutnya adalah pengepakan atau packing, Produk yang telah siap, akan kemudian dimasukan kedalam kardus atau media pembungkus lainnya dan disegel.

  • Proses penyimpanan.

Produk yang telah di kemas, kemudian dilakukan proses penyimpanan kedalam Gudang barang jadi atau Gudang basah dengan system pengeluaran barang FIFO( First In First Out).

JENIS FILTRASI DAN SISTEM PENGOLAHAN AIR PADA PABRIK AMDK.

Terdapat berbagai jenis filtrasi dan sistem pengolahan air pada pabrik amdk dalam menghasilkan air minum dalam kemasan. Beberapa proses tersebut di pilih tergantung dari kualitas air sumber yang akan diolah. Semakin baik kualitas sumber air yang digunakan, maka semakin sedikit juga jenis filtrasi yang digunakan dalam pabrik tersebut.

Proses filtrasi pabrik air minum kemasan
Proses filtrasi pada Pabrik Air Kemasan Mineral

Berikut beberapa contoh jenis filtrasi dan system pengolahan air pada pabrik air kemasan.

Jenis filtrasiKegunaan
Makro filtrasiMenyaring kotoran kasar
Mikro filtrasiMenyaring kotoran halus
Ultraviolet lampMembunuh bakteri dan virus
Ozon generatorMembunuh bakteri dan virus
UltrafiltrasiMenyaring kotoran yang sangat halus
NanofiltrasiMenyaring ion-ion tertentu dalam air, biasanya TDS air hasil berkurang 50-80%
Reverse osmosisMenyaring hampir semua ion  dalam air, TDS air hasil berkurang 95-98%
Jenis filtrasi dan sistem pengolahan air pada pabrik amdk.
Mesin ro reverse osmosis

LOKASI PABRIK AMDK.

Lokasi pabrik air minum haruslah menjadi perhatian khusus untuk pengusaha yang ingin memulai usaha ini. Biasanya penentuan lokasi akan dilakukan di awal. Oleh karena itu, kami menyarankan untuk memperhatikan beberapa aspek-aspek yang terkait dengan lokasi dan tata letak pabrik tersebut.

DESAIN / DENAH  RUANGAN PABRIK AIR MINUM DALAM KEMASAN.

Denah / layout pabrik air minum perlu diperhatikan oleh pelaku usaha, desain pabrik AMDK hendaklah menyesuaikan dengan ketentuan SNI dan BPOM. Karena dalam pengurusan izin, jika dilakukan tanpa denah/desain yang sesuai, maka izin tidak akan pernah dikeluarkan oleh SNI dan BPOM.

Denah tata ruang pabrik amdk
Desain ruang perusahaan air minum
Desain tata ruang pabrik air minum amdk

KETERSEDIAAN AKSES LISTRIK DAN DAYA LISTRIK YANG DIPERLUKAN PABRIK AMDK.

Daya listrik minimum yang diperlukan oleh sebuah perusahaan air minum kemasan adalah berkisar 16.000watt.  Oleh karena itu ketersediaan akses listrik pada lokasi pabrik sangatlah penting.

Mesin-mesin yang digunakan pada perusahaan air minum adalah mesin yang banyak menggunakan pompa dan motor dengan Penggunaan Listrik 3phase. Listrik dengan tegangan 380V yang stabil di perlukan untuk menjaga agar mesin tidak cepat rusak. Jika didapati listrik yang tidak stabil, maka diharapkan dapat digunakan Stabiliser Voltage.

Penggunaan Mesin genset sangat tidak di anjurkan karena listrik yang dihasilkan tidak stabil sehingga dapat menyebabkan terjadinya kerusakan mesin.

SUMBER DAYA MANUSIA (SDM) DILOKASI SETEMPAT.

Pabrik air minum menyerap beberapa kategori tenaga kerja, Antara lain : Operator Packing, Operator mesin, Sopir, Staff Kantor, Staff Laboraturium, Manager produksi & tenaga penjualan. Tenaga kerja yang trampil dan berkomitmen tinggi sangat diperlukan untuk memastikan proses produksi dapat berjalan dengan lancar dan maksimal. Oleh karena itu, hendaklah seorang pengusaha memperhatikan kualitas Sumber daya manusia di lokasi setempat.

PANGSA PASAR YANG MENJADI TARGET PEMASARAN PERUSAHAAN.

Untuk mendukung agar pabrik amdk lebih cepat berkembang, maka diperlukannya analisa akan pangsa pasar yang akan di bidik oleh perusahaan. Menjadi hal yang penting untuk sebuah perusahaan untuk mengetahui pangsa pasar yang akan menjadi targetnya.

Dengan melakukan pengelompokan akan target pasar yang akan di masuki, maka perusahaan dapat lebih spesifik menentukan golongan masyarakat mana yang akan menjadi target mereka.

PRILAKU / BUDAYA DARI KONSUMEN YANG MENJADI TARGET PASAR

Faktor lain yang perlu diperhatikan, pada saat Pabrik AMDK hendak menentukan produk yang akan dibuat adalah dengan memperhatikan Prilaku pada konsumen.

Dengan mengetahui Prilaku / budaya dari konsumen, maka kita akan dapat menentukan beberapa strategi pemasaran dengan lebih akurat dan tepat sasaran. Dengan menggunakan strategi yang tepat, maka tingkat persentase keberhasilan penjualan akan lebih tinggi.

STRATEGI PEMASARAN PRODUK AIR MINUM KEMASAN.

Tenaga penjualan merupakan ujung tombak perusahaan. Tanpa strategi marketing yang baik, perusahaan tidak akan dapat berjalan dengan baik. Oleh karena itu kami akan mencoba membahas secara singkat beberapa strategi pemasaran perusahaan air minum kemasan.

TINGKAT PERSAINGAN DIDAERAH YANG MENJADI TARGET PASAR.

Keberadaan pesaing bisnis pabrik air minum terbilang cukup banyak. Hal ini dikarenakan air minum merupakan salah satu kebutuhan pokok manusia yang sangat vital dan tidak dapat digantikan dengan apapun. Sehingga, selalu muncul kompetitor atau pesaing dalam lini bisnis ini. Akan tetapi, persaingan di dalam bisnis merupakan hal lumrah dan pasti terjadi, apapun bidang usahanya.

Meski sering  mendapat stereotype buruk, faktanya persaingan juga memberi dampak positif. Selain menguji kelihaiannya untuk menjalankan bisnis, persaingan juga memotivasi pengusaha untuk mengerahkan kreativitasnya. Untuk itu, siap atau tidak siap, persaingan tetaplah ada. Jadi harus tetap siap dan tanggap untuk menghadapi persaingan. Salah satu hal yang perlu dilakukan adalah menganalisa pesaing.

IZIN USAHA PEMBANGUNAN DAN SYARAT MENDIRIKAN PABRIK AMDK.

Sebelum mengajukan izin SNI dan BPOM, perusahaan perlu untuk mendapatkan beberapa izin, antara lain : SIUP, TDP, NPWP, AKTA PERUSAHAAN, SIPA, HO, IUI, TDI dll.

Perizinan usaha pabrik air minum dalam kemasan merupakan hal yang sering di lupakan oleh pelaku usaha, banyak yang menyamakan antara izin membuat depot air minum dengan membuat pabrik air minum kemasan mineral.

Padahal untuk membuat pabrik AMDK membutuhkan izin yang lebih ketat dibanding depot air minum. Ijin edar dari perusahaan harus di dapatkan sebelum perusahaan ingin mengedarkan produk mereka.

Beberapa izin yang diperlukan untuk memulai bisnis air minum kemasan amdk, antara lain:

No Izin
1IMB – Izin mendirikan bangunan
2UKL-UPL – Izin Lingkungan
3IUI – Izin Usaha Industri
4TDI – Tanda Daftar industri
5SIPA – Surat Izin Pengambilan Air
6SNI – Standar Nasional Indonesia
7BPOM – Balai Pengawas Obat dan makanan
8Halal- LPPOM MUI
9ISO 9000/2005
10Izin Prinsip
IZIN USAHA PEMBANGUNAN DAN SYARAT MENDIRIKAN PABRIK AMDK

BIAYA PRODUKSI AIR MINUM KEMASAN.

Biaya Produksi air minum dalam kemasan merupakan hal penting untuk di ketahui lebih lanjut. Dengan mengetahui berapa biaya produksi untuk air minum tersebut. Maka kita dapat melakukan perhitungan harga jual yang sesuai dengan pasar. Biaya produksi juga di perlukan jika kita hendak membuat Proposal atau Feasibility Studies ( Studi kelayakan bisnis ).

Di halaman berikutnya kami akan mencoba menjabarkan lebih detail untuk melihat komponen biaya apa saja yang ada.

Berikut adalah beberapa biaya produksi untuk masing-masing produk amdk, Antara lain:

NoKeteranganRange harga / Dus
1Biaya produksi air minum gelasRp 9.000 – Rp 11.000
2Modal produksi air kemasan botolRp 18.500 – Rp 21.000
3Modal air minum kemasan galonRp 1.200 – Rp 1.700
Biaya Produksi air minum kemasan

ANALISA PELUANG USAHA ATAU STUDI KELAYAKAN BISNIS PABRIK AMDK

Sama seperti bisnis makanan, bisnis minuman air kemasan selalu mendatangkan banyak keuntungan. Meski terlihat sangat menggiurkan, menjalankan bisnis tanpa rencana bukanlah tindakan yang tepat.

Melalui studi kelayakan bisnis air kemasan, Anda bisa menilai worth it tidaknya bisnis tersebut untuk dijalankan. Studi kelayakan bisnis sama seperti penelitian atau observasi. Cara ini banyak dilakoni pebisnis sebelum mereka membangun kerajaan bisnis dengan ide yang baru.

PROPOSAL USAHA PABRIK AMDK.

Proposal usaha air minum dalam kemasan merupakan hal penting untuk diketahui sebelum kita menjalankan usaha ini. Dengan Memiliki proposal usaha air minum kemasan, maka kita dapat menganalisa apakah bisnis ini layak dijalankan atau tidak.

Usaha air minum AMDK merupakan usaha yang menjanjikan, dengan tingkat keuntungan yang lumayan dengan tingkat ROI 40% dan BEP ( Break Even Point ) selama 20 bulan.

HARGA MESIN PABRIK AIR MINUM AMDK.

Harga mesin pabrik air minum dalam kemasan amdk sangatlah bervariatif. Banyak hal yang akan mempengaruhi harga mesin tersebut. Jangan terkecoh dengan harga yang murah, Biasanya mesin yang harganya murah tidak akan memenuhi standar SNI dan BPOM. Ketika kita menggunakan mesin yang tidak terstandarisasi SNI dan BPOM, maka dipastikan perusahaan itu tidak akan dapat berjalan karena tidak didapatkannya Sertifikasi dari SNI dan BPOM.

Bila anda berkeinginan untuk membuat sebuah pabrik air minum, maka kami sarankan untuk banyak berkonsultasi dengan pembuat mesinnya. Harga mesin pabrik air minum amdk yang murah bukanlah menjadi faktor utama. Tetapi Perhatikan apakah kontraktor pembuat mesin air minum dalam kemasan tersebut menguasai seluk beluk mengenai pabrik amdk atau tidak.

“Pabrik air minum kemasan di atur spesifikasinya oleh SNI dan BPOM. Sekali anda salah beli, maka pabrik tidak akan dapat beroperasi !!!!! “

PT Tanindo Anugerah Nusantara

Silahkan berkonsultasi langsung dengan PT Tanindo Anugerah Nusantara mengenai bermacam hal mengenai pabrik amdk, dan silahkan bandingkan dengan perusahaan serupa lainnya. Maka kami yakin anda akan mengetahui perusahaan kami memiliki service, Jam terbang, pengalaman, spesifikasi yang lebih baik dibanding perusahaan lain. PT Tanindo Anugerah Nusantara tidak memberikan Harga mesin pabrik air minum amdk yang termurah, tetapi kami berikan harga mesin amdk yang paling reasonable dan service terbaik.

Baca :

  1. Investasi / modal usaha untuk membangun pabrik amdk.
  2. Desain ruangan pabrik air minum amdk.
  3. Perilaku dan Budaya konsumen dalam membeli air minum kemasan.
  4. Strategi pemasaran air minum kemasan.
  5. Pentingnya Analisis pesaing air minum kemasan.
  6. Cara membuat studi kelayakan bisnis air kemasan.
  7. Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam mengelola manajemen pabrik amdk.
  8. Apa penyebab pabrik air minum bangkrut ? Kenali penyebabnya.
  9. Biaya produksi air minum kemasan gelas, botol dan gallon.
  10. Izin usaha pabrik air minum kemasan.
  11. Jenis-jenis air minum kemasan.
  12. Kualitas sumber air kemasan.
  13. Cara menentukan lokasi pabrik air minum yang ideal
  14. Target pangsa pasar air minum kemasan.
  15. Peralatan laboraturium pabrik air kemasan.
  16. Proposal bisnis usaha air minum kemasan.

20 pemikiran pada “Pabrik air minum dalam kemasan AMDK”

    • slmt sore, terima kasih atas pertanyaannya.
      Menurut kami, hal yang paling utama dan paling penting adalah sumber air yang akan digunakan. kita harus memastikan dulu sumber air kita layak dipakai dan dalam pengolahannya tidak mengeluarkan biaya yang terlalu besar. Dengan air yang baik, maka pengolahan dapat lebih mudah dan lebih murah. sehingga kita dapat bersaing dengan pesaing lainnya.
      terima kasih

      Balas
  1. Halo, kalo perusahaan ingin membuat air mineral dengan brand sendiri tapi melalui Maklon lalu bagaimana ya? apa saja syarat dan izin yang perlu diurus? mohon bantuannya, terima kasih.

    Balas
    • Untuk Maklon, biasanya yang dipakai adalah ijin dari perusahaan yang memproduksi air tersebut. Tetapi nanti di kemasan harus ada keterangan produk di produksi siapa dan untuk siapa.

      Balas
  2. Saya ingin membuat usaha air mineral.botol dan gelas…utk skala menengah tapi mesin dri jepang bagaimana ?…mohon info

    Balas
    • Silahkan pak. bisa langsung di hubungi pabrikan penjual mesin yang dari jepangnya. Kami tidak menyediakan mesin amdk dari jepang. kemungkinan yang bisa kami lakukan hanya menjadi konsultan untuk pabrik tersebut.

      terima kasih

      Balas
  3. Mohon izin bertanya Pak.
    Jika perusahaan yang sama pertama tama mendirikan perusahaan AMDK kemudian mereka juga membuat kemasan plastik dan galon sendiri. Bagaimana mengenai perizinan mereka. apa harus menggunakan IUI baru untuk kemasan plastik atau IUI AMDK sudah include semua.
    terimakasih

    Balas
    • mohon maaf kami tidak terlalu jelas dengan maksud pertanyaannya. Untuk IUI selama masih di jenis usaha yang sama, masih bisa menggunakan IUI yang sama. Tapi kalau SNI dan BPOM yang lebih spesifik, ganti logo atau warna saja harus di sesuaikan kembali sni dan bpomnya.

      terima kasih

      Balas
  4. Bagaimana cara mendapatkan sumber air yg baik utk usaha AMDK ini? Bagaimana jika sumber airnya digunakan masyarakat/pihak lain jg? Apakah sumber airnya hrs dimiliki sendiri utk eksplorasi AMDK? apakah sumber airnya berupa mata air atau melakukan pengeboran sumber air? Mohon penjelasannya. Tksh

    Balas
    • untuk sumber air yang baik. mengacu pada 3 hal, Yaitu : Kualitas, Kuantitas dan kemungkinan pencemaran. Perhatikan hal itu untuk mendapatkan sumber air yang terbaik.
      dan untuk sumber air, kalau digunakan oleh masyarakat, ya tinggal di bicarakan dengan desa, apakah di izinkan atau tidak.

      Balas
  5. Kami ingin mendirikan perusahaan AMDK di Tangerang, bolehkan pake sumber air tanah?

    kalau ingin berkonsultasi lebih lanjut, bisakah memberikan no wa atau email?

    Balas
  6. apakah boleh dan dapat izin kalo mendirika AMDK di tengan perumahan ,dan sumber airnya suplai dari tanki yang berasal dari bogor atau tangerang

    Balas
  7. Ijin bertanya pak, apakah mendirikan AMDK bisa Home Made tanpa harus membuat pabrik terlebih dahulu?
    Akankah ijin BPOM dan SNI bisa keluar?
    Mohon pencerahannya.

    Balas
    • Yth Pak Lorenzo

      untuk homemade kita kurang paham artinya seperti apa. tapi satu hal yang pasti adalah kita harus mengurus sni dan bpom baik itu pabrik kecil maupun pabrik besar.

      Tanpa adanya pabrik, SNI dan BPOM gak akan bisa keluar.

      terima kasih

      Balas
  8. halo pak, saya mau konsultasi untuk pendirian AMDK saya memiliki tanah yang mempunyai mata air dan sudan berjalan usaha isi ulang galon

    Balas

Tinggalkan komentar

You cannot copy content of this page