Ukuran Kardus Gelas dan Botol AMDK

Home » Ukuran Kardus Gelas dan Botol AMDK

Menjalankan bisnis air minum kemasan gelas atau botol mengharuskan Anda untuk mempersiapkan banyak hal salah satunya packaging. Di Indonesia, kemasan yang digunakan untuk membungkus produk minuman bukanlah plastic melainkan kardus. Ukuran kardus gelas dan botol perlu kita ketahui untuk melakukan perencanaan Denah gudang pabrik amdk.

Ukuran dan jenis kardus gelas dan botol amdk

Dalam satu kardus, tersedia sejumlah air minum kemasan botol atau gelas yang disimpan berjajar tegak lurus. Penerapan packaging kardus dinilai jauh lebih ekonomis dan praktis daripada menggunakan packaging single yang membutuhkan banyak modal dan bahan material.

4 Ukuran Kardus Gelas dan Botol Amdk ( Air minum dalam kemasan ).

Air minum kemasan dibuat dengan berbagai size, mulai dari kemasan gelas hingga air minum botolan 1,5 liter. Besar kecilnya ukuran air minum berpengaruh terhadap ukuran kardus yang digunakan. Tidak mungkin, Anda menggunakan kardus air minum kemasan gelas untuk packaging air botol 1,5 liter bukan?

Simak macam-macam ukuran kardus air minum kemasan berikut ini:

1. Ukuran Kardus Air Minum Kemasan Botol 1500ml.

Air minum kemasan botol 1,5 liter memiliki bobot yang lebih berat dari air kemasan botolan lainnya. Dalam satu kardus umumnya terdapat 12 air minum botolan siap minum. Lantas, berapa persisnya ukuran kardus air minum kemasan tersebut?

Tinggi kardusnya mencapai 36 sentimeter, sementara lebarnya 27 sentimeter dengan panjang mencapai 33 sentimeter. Secara sederhana size kardus air kemasan botolan 1,5 liter = 36x27x33 cm.

Air minum dalam kemasan botol

2. Ukuran Kardus Air Minum Kemasan Botol 600ml.

Setengah lebih kecil daripada air kemasan botol 1,5 liter, membuat ukuran kardus minuman kemasan ini diperbaharui menjadi 22,5x27x41 cm. Dengan perbandingan size yang sama mulai dari tinggi x lebar x panjang.

Ada alasan mengapa panjang kardus air kemasan botol 600 ml jauh lebih besar daripada air botol 1,5 liter. Karena dalam satu kardus terdapat 24 botol air kemasan. Jumlahnya 2x lipat lebih banyak daripada sebelumnya.

3. Ukuran Kardus Air Minum Kemasan Gelas.

Dalam beberapa event, panitia penyelenggara biasanya menyediakan snack untuk peserta. Minuman yang diberikan umumnya air minum kemasan 240 ml (gelas). Satu kardus air minum kemasan 240 ml berisi 48 gelas air minum.

Ukuran kardusnya sendiri jauh lebih kecil dari kedua produk sebelumnya dengan pengaturan T X L X P = 21x24x35,5 cm. Menariknya, proses penempatan air minum kemasan gelas pada kardus pun berbeda dari kemasan botol. Tujuannya agar 48 produk tertata dengan rapi dan baik pada satu kardus.

Itulah tiga ukuran kardus air minum kemasan botol atau gelas yang banyak dijumpai di perusahaan air minum kemasan Indonesia. Selain itu masih ada kemasan air minum tanggung 330 ml atau 750 ml.

Jenis-Jenis Kardus Air Minum Kemasan Gelas Hingga Botol

Selain memahami jenis ukuran kardus packaging air minum kemasan. Sudah menjadi tanggung jawab pebisnis untuk mengetahui kriteria kardus yang dibutuhkan. Untuk mempermudah Anda dalam memilih kardus air kemasan, perhatikan perbedaan masing-masing kardusnya di bawah ini:

1. Kardus Single Wall.

Dari sekian banyak jenis kardus, single wall paling akrab dengan kehidupan sehari-hari. Banyak yang memanfaatkannya untuk memenuhi kebutuhan pribadi maupun bisnis. Single wall memiliki satu lapisan bergelombang dengan kemampuan menahan beban mulai dari 0,1 kg-20 kg.

Kardus ini paling cocok untuk packaging air minum kemasan 330 ml atau air minum botol 600 ml yang beratnya tidak lebih dari 20 kg. Karena desain kardusnya yang ringan dan sederhana, single wall tidak mampu bertahan lama dalam ekspedisi panjang.

jenis kardus amdk

Pengiriman produk menggunakan single wall umumnya dilakukan dalam kota. Untuk kemasan air mineral, beberapa perusahaan umumnya menambahkan detail “jangan dibanting” untuk mencegah kerusakan air minum kemasan yang ada di dalam kardus.

2. Kardus Double Wall.

Merupakan kardus yang dikategorikan dari jumlah gelombang kertasnya. Disebut doubel wall karena kardus ini hanya memiliki dua gelombang kertas saja. Kekurangan kardus ini adalah sifatnya yang kurang elastis.  

3. Kardus Triple Wall

Jenis kardus berikutnya adalah triple wall dengan tiga gelombang kertas yang mampu menampung barang dengan bobot lebih dari 100 kg.

Daripada digunakan untuk packaging air minum kemasan gelas, kardus triple wall mungkin lebih cocok untuk mengemas barang yang lebih berat. Karena berat air minum 330 ml berjumlah 48 gelas hanya mencapai 12-13 kg.

4. Kardus B-Flute

Bila sebelumnya menjelaskan jenis kardus berdasarkan pada jumlah gelombangnya. Maka kardus yang satu ini dilihat berdasarkan struktur gelombang (flute). Di industri packaging, jenis kardus flute yang paling umum dimanfaatkan adalah B-flute dan C-flute.

Yang dimaksud dengan kardus jenis B-flute adalah kardus dengan jumlah flute mencapai 49 dan tinggi gelombang 2.1-3.0 milimeter.

Kardus B-flute memiliki daya tahan yang sangat baik cocok untuk menempatkan air minum kemasan dengan aman dan nyaman. Selain dimanfaatkan sebagai kardus air mineral, B-flute juga banyak dimanfaatkan sebagai bantalan partisi.

Jenis kardus amdk B flute dan C flute
sumber : Motekarprint

5. Kardus C-Flute

Bila dilihat dari tinggi gelombangnya, C-flute jauh lebih unggul karena memilii ketinggian antara 3.5-4mm. Namun bila dibandingkan berdasarkan pada jumlah flute-nya, C-flute berjumlah lebih sedikit sebanyak 41 flute.

Di industri packaging, kardus C-flute banyak digunakan untuk memenuhi berbagai kebutuhan pengemasan. Misalnya untuk mengemas furniture, gelas, makanan dan barang penting lainnya.

Permukaan kardusnya mendatar dengan daya tahan retak yang baik, tidak kalah dengan B-flute. Kardus ini juga anti tekanan sehingga dapat melindungi produk yang ada di dalamnya dengan aman.

Itulah jenis-jenis kardus yang sangat akrab dengan kita. Selain dimanfaatkan untuk mengemas air minum kemasan gelas atau botol. Kardus-kardus tersebut juga banyak dimanfaatkan untuk menempatkan barang lainnya. Anda yang berencana menjalankan bisnis air minum kemasan, pilihlah jenis kardus dengan kualitas terbaik. Pastikan pula ukuran kardusnya sudah sesuai tidak lebih kecil atau lebih besar dari kebutuhan ukuran air minum kemasan itu sendiri.

Baca Juga :

  1. Penjelasan Pabrik air minum dalam Kemasan secara umum.
  2. Strategi branding & Brand Awareness Perusahaan Amdk.
  3. Investasi / modal usaha untuk membangun pabrik amdk.
  4. Desain ruangan pabrik air minum amdk.
  5. Standar design GMP (Good Manufacturing Practice) dan CPPOB dalam Food Industri Air minum dalam kemasan.
  6. Penjelasan dan Penerapan ISO pada perusahaan air minum.
  7. Penerapan OHSAS untuk kesehatan dan keselamatan kerja Karyawan.
  8. Analisis Bahaya dan Pengendalian Titik Kritis ( HACCP ) Perusahaan Air minum
  9. Perilaku dan Budaya konsumen dalam membeli air minum kemasan.
  10. Strategi pemasaran air minum kemasan.
  11. Pentingnya Analisis pesaing air minum kemasan.
  12. Cara membuat studi kelayakan bisnis air kemasan.
  13. Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam mengelola manajemen pabrik amdk.
  14. Apa penyebab pabrik air minum bangkrut ? Kenali penyebabnya.
  15. Biaya produksi air minum kemasan gelas, botol dan gallon.
  16. Izin usaha pabrik air minum kemasan.
  17. Jenis-jenis air minum kemasan.
  18. Kualitas sumber air kemasan.
  19. Cara menentukan lokasi pabrik air minum yang ideal
  20. Target pangsa pasar air minum kemasan.
  21. Peralatan laboraturium pabrik air kemasan.
  22. Proposal bisnis usaha air minum kemasan.
  23. Dokument UKL UPL Perusahaan Air minum kemasan.