Strategi Branding Produk perusahaan amdk Secara Modern untuk Meningkatkan Brand Awareness.

Home » Strategi Branding Produk perusahaan amdk Secara Modern untuk Meningkatkan Brand Awareness.

Di era modern saat ini, istilah brand atau branding tentunya sudah tidak asing lagi. Branding produk tidak sekedar logo, pemasaran, iklan, ataupun identitas perusahaan. Brand merupakan sebuah  kombinasi dari berbagai unsur  yang dapat digunakan untuk mengenali sebuah produk dan membedakannya dari produk-produk lain. Strategi branding perusahaan amdk atau air minum dalam kemasan harus dilakukan dengan baik agar perusahaan dapat berkembang dengan baik.

Strategi Branding perusahaan amdk

Menurut Iversen & Hem (2006), di pasar terdapat beberapa jenis brand, antara lain umbrella brands, manufactures brands, distributor brands, dan place brands. Umbrella brands merupakan jenis brand yang menaungi beberapa jenis produk dimana produk-produk tersebut saling berkaitan dalam beberapa aspek. Contoh perusahaan yang menggunakan umbrella brands yaitu Samsung dan LG. Contoh perusahaan yang memiliki manufactures brand adalah Nestle.

Teknik Dasar Strategi Branding Produk Perusahaan Amdk

Branding bukanlah hal yang dapat dilakukan secara instant. Perlu waktu dan proses agar brand yang dimiliki oleh suatu produk dapat menancap kuat dalam ingatan konsumen. Terdapat beberapa teknik dasar strategi branding produk menurut Akmal Musyadat Cholil dalam buku 101 Branding Ideas – Strategi Jitu Memenangkan Hati Konsumen (2018).

1. Nama dan Logo Produk merupakan hal utama dalam strategi branding perusahaan amdk.

Nama dan logo produk atau perusahaan pembuatnya menjadi unsur yang sangat penting untuk membangun branding dan juga meningkatkan brand awareness. Nama dan logo menjadi representasi dari produk yang dipasarkan ataupun perusahaan yang membuatnya. Banyak perusahaan yang rela berinvestasi tinggi demi terciptanya branding Nama dan Logo.

2. Segmentasi Pasar

Branding tanpa menentukan segmen pasar dari produk yang ditawarkan dapat menjadi upaya yang sia-sia dan salah sasaran. Segmentasi merupakan kegiatan pengelompokan dan analisa calon konsumen berdasarkan demografi mereka. Usia, jenis kelamin, pendidikan, pekerjaan, pendapatan, tempat tinggal, dan juga jenis kelamin merupakan beberapa unsur yang dapat digunakan untuk pengelompokan.

Informasi demografi dari calon konsumen sebaiknya dilengkapi dengan informasi psikografi untuk dapat membuat segmentasi lebih terperinci. Strategi branding yang berbeda diperlukan setiap segmen pasar yang berlainan untuk menciptakan dan meningkatkan brand awareness.

3. Riset Branding

Riset merupakan salah satu hal yang wajib dilakukan untuk membuat branding sebuah produk guna meningkatkan brand awareness pada calon konsumen. Melakukan riset akan memberikan informasi dan data-data yang dapat digunakan untuk mengambil keputusan terkait dengan branding yang dibuat.

4. Positioning

Terdapat tiga langkah dasar untuk memilih posisi sebuh produk menurut Palmer (2004). Langkah pertama yaitu melakukan analisis SWOT. Langkah kedua adalah evaluasi kemungkinan posisi untuk memilih posisi yang paling tepat. Langkah adalah menggunakan bauran pemasaran untuk mengembangkan dan mengkomunikasikan positioning produk.

Brand positioning merupakan salah satu cara untuk menunjukkan keunggulan suatu produk dibandingkan dengan produk kompetitor. Brand positioning yang tepat dari sebuah perusahaan air minum akan mampu menguasai benak calon konsumen sehingga mereka selalu mengingatnya.

5. Terintegrasi

Dalam upaya menciptakan branding dan meningkatkan brand awareness, maka penting untuk mengintegrasikan semua aspek yang ada di dalam perusahaan. Logo, warna, kemasan, seragam, bahkan name tag karyawan haruslah terinterasi sehingga calon konsumen akan mudah mengenali dan mengidentifikasi brand tersebut.

6. Konsistensi

Teknik dasar strategi branding produk yang terakhir adalah konsistensi. Perusahaan haruslah konsisten terhadap branding yang telah ditetapkan. Branding yang berubah-ubah dapat menyebabkan calon konsumen atau target pasar menjadi tidak mudah mengenali dan mengingatnya. Konsistensi akan membuat branding dari sebuah perusahaan lekat di benak konsumen.

Strategi Branding Produk Perusahaan Amdk Secara Modern

Di dalam era digital saat ini, membangun branding bukanlah sesuatu hal yang bisa dianggap remeh. Branding dari sebuah produk atau perusahaan menjadi salah satu kekuatan untuk bertahan dalam persaingan bisnis yang semakin ketat. Menurut actioncardapp.com, hanya perlu waktu 10 detik bagi seseorang untuk membentuk kesan terhadap merek atau brand yang Anda miliki.

Strategi Branding perusahaan amdk Modern

1. Website

Pemasaran secara online saat ini telah menjadi hal yang biasa. Pemanfaatan website memiliki peranan penting untuk memperkenalkan dan memasarkan suatu produk. Salah satu tujuan pemasaran produk melalui website adalah sebagai brand awareness. Calon konsumen akan mengetahui dan mengenali branding perusahaan serta produknya melalui website yang diharakan semakin lama akan melekat di benaknya.

2. Direct Email

Pengiriman email secara langsung kepada calon konsumen dapat menjadi salah satu cara branding produk yang efektif dan juga meningkatkan brand awareness calon konsumen. Kecanggihan teknologi memungkinkan pengiriman email dilakukan secara massal namun tetap terkesan personal sehingga menyingkat waktu. Tentukan dengan jelas apa yang menjadi tujuan ketika akan mengirimkan email kepada calon konsumen.

3. Instagram

Pengguna Instagram terus mengalami peningkatan dari hari ke hari. Instagram lebih menonjolkan gambar atau foto dibandingkan tulisan. Oleh karena itu, sebaiknya Anda memilih foto produk yang terbaik untuk diunggah ke Instagram. Gunakan satu nama yang tetap sebagai nama pengguna sehingga calon konsumen tidak mengalami kebingungan ketika melakukan pencarian.

4. Tik Tok for Business

Tik Tok bisnis menjadi salah satu aplikasi kekinian yang banyak digunakan untuk tujuan branding produk dan membangun brand awarness. Platform video berdurasi pendek ini membantu perusahaan untuk memperkenalkan merek dan melakukan branding dengan cara kreatif.

5. Facebook Bisnis untuk branding perusahaan amdk

Facebook sebagai salah satu media sosial yang digunakan oleh jutaan orang kini juga memiliki fitur khusus bagi para pebisnis. Facebook bisnis merupakan laman yang diperuntukkan khusus bagi para pebisnis. Terdapat banyak berita terbaru, tips serta trik menjalankan bisnis dengan memanfaatkan Facebook bisnis. Facebook bisnis menjadi salah satu media yang tepat untuk membangun branding sebuah produk.

6. WhatsApp Bisnis

Aplikasi WhatsApp kini semakin memberikan kemudahan bagi para penggunanya terutama untuk menjalankan bisnis. Berbagai fitur yang dikhususkan bagi para pebisnis hadir dalam WhatsApp bisnis yang menjadikannya berbeda dengan aplikasi WhatsApp personal. WhatsApp Bisnis memungkinkan Anda tetap terhubung dengan calon konsumen sehingga meningkatkan brand awareness dari calon konsumen.

7. You Tube merupakan strategi branding perusahaan amdk yang paling banyak dipakai saat ini.

Youtube menjadi salah satu media sosial yang ampuh untuk membangun branding produk dan meningkatkan brand awareness. Promosi dengan menggunakan media video kini menjadi salah satu cara yang efektif dan banyak diminati. Dengan melakukan promosi melalui kanal You Tube, maka jangkauan pemasaran tidak hanya di Indonesia namun dapat menjangkau seluruh dunia.

Selain tujuh cara tersebut di atas, masih banyak hal yang dapat dilakukan sebagai strategi branding secara modern. Perkembangan teknologi menawarkan banyak sekali pilihan untuk bisa melakukan promosi baik secara online maupun offline. Beberapa strategi tersebut di bawah ini juga dapat dilakukan untuk membangun branding dan juga meningkatkan brand awareness.

Line Bisnis, blog, voucher marketing, vlog artis, endorsement, dan social media mapping juga merupakan strategi branding secara modern. Selain itu dapat juga  bekerjasama dengan influencer dan menggunakan search engine Google untuk branding. Cara lainnya adalah penempatan logo secara tepat, pemasangan videotron/LED display, brosur digital, kolaborasi, dan juga membangun SEO untuk branding.

Ada banyak cara dan strategi branding untuk meningkatkan brandawareness pada perusahaan air minum baik secara online ataupun offline. Kuasai terlebih dahulu teknik-teknik dasar strategi branding produk dan pilih serta kombinasikan strategi yang paling tepat agar brand lekat di benak calon konsumen. Semoga bermanfaat.

Baca juga:

  1. Penjelasan Pabrik air minum dalam Kemasan secara umum.
  2. Strategi branding & Brand Awareness Perusahaan Amdk.
  3. Investasi / modal usaha untuk membangun pabrik amdk.
  4. Desain ruangan pabrik air minum amdk.
  5. Standar design GMP (Good Manufacturing Practice) dan CPPOB dalam Food Industri Air minum dalam kemasan.
  6. Penjelasan dan Penerapan ISO pada perusahaan air minum.
  7. Penerapan OHSAS untuk kesehatan dan keselamatan kerja Karyawan.
  8. Analisis Bahaya dan Pengendalian Titik Kritis ( HACCP ) Perusahaan Air minum
  9. Perilaku dan Budaya konsumen dalam membeli air minum kemasan.
  10. Strategi pemasaran air minum kemasan.
  11. Pentingnya Analisis pesaing air minum kemasan.
  12. Cara membuat studi kelayakan bisnis air kemasan.
  13. Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam mengelola manajemen pabrik amdk.
  14. Apa penyebab pabrik air minum bangkrut ? Kenali penyebabnya.
  15. Biaya produksi air minum kemasan gelas, botol dan gallon.
  16. Izin usaha pabrik air minum kemasan.
  17. Jenis-jenis air minum kemasan.
  18. Kualitas sumber air kemasan.
  19. Cara menentukan lokasi pabrik air minum yang ideal
  20. Target pangsa pasar air minum kemasan.
  21. Peralatan laboraturium pabrik air kemasan.
  22. Proposal bisnis usaha air minum kemasan.
  23. Dokument UKL UPL Perusahaan Air minum kemasan.