Beranda » News » Mengolah air limbah menjadi air bersih

Mengolah air limbah menjadi air bersih

T Diposting oleh pada 29 December 2017
F Kategori
b Comments Off on Mengolah air limbah menjadi air bersih
@ Dilihat 10306 kali

Mengolah air limbah Tidak bisa dipungkiri kebutuhan air saat ini terus meningkat. Terutama kebutuhan air bersih yang sejatinya digunakan untuk minum, mandi, memasak, dan kegiatan lainnya. Hasil dari penggunaan air tersebut kemudian dikenal dengan sebutan air limbah atau ai buangan.

Lalu, bagaimana cara mengolah air limbah tersebut menjadi air bersih layak pakai? Mengingat, kondisi saat ini memungkinkan keberadaan air bersih cukup sulit didapatkan.

Cara Mengolah Air limbah Menjadi Bersih

Secara umum, cara pengolahan air bersih terdiri atas 3 aspek, yaitu:

1. Aspek Fisika dalam mengolah air limbah

Sedangkan pada aspek fisika, pengolahan dilakukan tanpa adanya penambahan bahan kinia, seperti pengendapan, filtrasi, adsorpsi, dan lain sebagainya. Pengolahan dengan teknik fisika dapat dilakukan dengan menggunakan filter seperti sand silika, karbon dan multimedia lainnya.

2. Aspek Kimia

Pada aspek kimia, pengolahan air biasanya menggunakan bahan-bahan kimia, seprti klor, tawas, dan lain sebagainya. Pengolahan secara kimiawi ini biasanya dilakukan untuk memisahkan kandungan logam berat yang ada dalam air.

3. Aspek Biologis

cara ketiga ini adalah dengan menggunakan teknik biologis yaitu menggunakan media bakteri untuk mengurai limbah yang ada seperti amoniak, nitrit atau zat lainnya.

Dalam perkembangannya, air bersih yang diterima oleh masyarakat, khususnya masyarakat Indonesia disediakan oleh sebuah perusahaan negara yang dikenal dengan sebutan PDAM.

cara mengolah air limbah yang dilakukan PDAM

PDAM yang merupakan singkatan dari Perusahaan Dagang Air Minum ini dikelola oleh BUMN. Untuk menyediakan air bersih, PDAM mengolah air limbah atau air buangan dengan cara menggabungkan aspek fisika dan kimia.

Dengan kedua cara pengolahan tersebut maka lahirkan skema pengolahan, di antaranya adalah sebagai berikut.

  1. Bangunan Intake

Bangunan ini difungsikan untuk menampung seluruh air dari berbagai sumber. Sunber utama air yang ditampung disini adalah air yang berasal dari sungai. Disini juga tersedia bar screen yang berfungsi untuk menyaring limbah-limbah air berukuran besar dan kasar, seperti sampah, dedaunan, ranting dan berbagai kotoran lainnya.

  1. Bak Prasedimentasi

Bak ini biasanya dipergunakan jika air yang didapat dari sumbernya memiliki tingkat kekeruhan yang tinggi atau kecoklatan. Dalam penggunaannya, bak ini dibuat secara sederhana dan fungsinya hanya untuk mengendapkan partikel-partikel diskrit dan berat yang terkandung dalam air, seperti pasir daln lainnya.

Setelah air cukup jernih untuk diolah, langkah selanjutnya adalah pemompaan air ke bak WTP.

  1. WTP

WTP yang merupakan singkatan dari Water Treatment Plant merupakan skema utama dari pengolahan air. Pada skema ini, air akan melalui beberapa proses, seperi koagulasi, flokulasi, sedimentasi, filrasi, dan desinfeksi. Koagulasi merupakan proses pemisahan antara air dengan molekul yang menyebabkan air tersebut kotor.

Teknik mengolah air limbah

Perusahaan water treatment

Flokulasi merupakan proses dimana kotoran yang dipisahkan mampu diikat dan benar-benar tersaring secara sempurna. Sedimentasi dimaksudkan untuk menyaring kotoran yang sebelumnya sudah diperbesar diproses flokulasi yang kemudian dilanjutkan ke proses filtrasi.

Air yang sudah difiltrasi kemudian diberi senyawa kimia untuk menjamin air tersebut bersih dari kuman dan bakteri yang disebut dengan proses desinfeksi.

  1. Reservoir

Pada proses ini, air yang sudah bersih biasanya akan ditampung di penampungan sementara. Air yang akan disitribusikan ini menggunakan konsep gravitasi. Sehingga penampungan air akan diletakkan ditempat yang berada di ketinggian maksimal.

Itulah empat skema mengenai cara pengolahan air menjadi bersih dan layak pakai. Jika melihat runutannya, proses di atas tentu tidak sesederhana uraiannya. Untuk itu, bagi Anda yang ingin mengolah air limbah menjadi bersih dan layak pakai, Tirta Mandiri bisa menjadi solusinya.

Disini, Anda bisa menemukan metode dan mesin pengolah air yang siap Anda gunakan secara praktis. Untuk mengetahui informasi lebih jelasnya, Anda bisa mengunjungi website resminya di www.tirtamandiri.com. Semoga bermanfaat!

a Artikel Terkait Mengolah air limbah menjadi air bersih

Mengolah air sumur yang kuning

Air Bau Besi! Bagaimana Cara Mengatasinya?

T 4 March 2017 F A admin

Air selalu menjadi kebutuhan pokok bagi kehidupan. Selain untuk keperluan minum dan makan, air juga digunakan untuk mandi dan mencuci. Hal yang menjadi masalah adalah tidak semua tempat tinggal menyediakan air bersih. Banyak daerah yang ditemukan memiliki kualitas air yang... Selengkapnya

Esensialitas Filtrasi Air dalam Aspek Biologis dan Ekologis

Esensialitas Filtrasi Air dalam Aspek Biologis dan Ekologis

T 25 February 2017 F A admin

Filtrasi air. Semua makhluk hidup diketahui membutuhkan air. Tanaman membutuhkan air untuk berfotosintesis. Air dibutuhkan sebagai bagian penting dalam metabolisme. Secara umum, manusia membutuhkan satu sampai tujuh liter air setiap hari untuk menghindari dehidrasi. Persisnya tergantung pada banyak faktor; aktivitas,... Selengkapnya

air layak pakai

Kerusakan Lingkungan dan Dampaknya Terhadap Sumber Air Bersih

T 25 February 2017 F A admin

Meskipun saat ini air bersih masih bisa didapatkan, misalnya dengan membeli air mineral atau bahkan alat pada produsen atau distributor yang jual mesin filtrasi, tetapi alangkah baiknya kita lebih peduli dan peka pada lingkungan yang menjadi sumber air bersih.  ... Selengkapnya

+ SIDEBAR

Anda memiliki permasalahan pada air anda ? atau ingin berbisnis air minum? Silahkan hubungi marketing kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap. Terima kasih

error: Content is protected !!