Air Demin: Ciri Khas, Manfaat, dan Bedanya dengan Air Mineral Biasa

//
Home » News » Air Demin: Ciri Khas, Manfaat, dan Bedanya dengan Air Mineral Biasa

Jenis air minum yang sering masyarakat kita konsumsi adalah air mineral dari pegunungan. Ternyata, ada pula yang namanya air demin atau demineral yang butuh pengolahan dengan mesin khusus.

Air demineral merupakan air yang tidak mengandung mineral. Air jenis ini diperoleh melalui proses pemurnian seperti destilasi (pemisahan zat-zat kimia), deionisasi (menetralisir ion positif dan negatif), reverse osmosis (pemurnian) atau proses yang setara dan aman diminum.

Di artikel ini kamu bisa mengetahui pengertian air demin, ciri khas, manfaat, dan bedanya dengan air mineral yang biasa kita minum.

Pengertian Air Demin

Air demineral adalah suatu jenis air yang telah diolah sedemikian rupa menggunakan alat bernama mesin air demineralisasi. Tujuannya yaitu mengolah air sampai sebersih-bersihnya, sehingga tak mengandung senyawa mineral dalam bentuk apapun.

Proses demineralisasi itu sendiri melibatkan adanya pertukaran antara ion positif dan ion negatif dalam sebuah tabung kimia. Ion positif tersebut nantinya akan mengandung natrium, kalsium, dan magnesium. Sementara ion negatif mengandung asam sulfat dan silika.

Kedua ion tersebut mempunyai fungsi memecah zat garam yang terdapat pada air, Selain itu, juga bertugas menurunkan tingkat keasaman pada air hingga titik yang paling rendah. Ini penting, karena air yang layak minum adalah air yang tidak memiliki rasa asam sedikit pun.

Karakteristik Air Demin

Sebagaimana air bersih yang layak minum, tentunya memiliki beberapa ciri khasnya tersendiri, air hasil olahan demineralisasi juga punya ciri tertentu. Di bawah ini ialah karakteristik utama yang hanya dapat kamu temukan pada air hasil proses demineralisasi, yaitu:

  • Air yang lebih jernih ketimbang air minum biasa.
  • Zat-zat mineral di dalam air sudah hilang sepenuhnya
  • Tidak menimbulkan karat pada ketel.
  • Rasa yang lebih segar dan tak berbau.
  • Layak untuk digunakan untuk keperluan industri.

Perbedaannya dengan Air Mineral Biasa

Apa saja hal-hal yang membedakan jenis air ini dengan air mineral biasa, padahal keduanya sama-sama mempunyai kata “mineral”? Perbedaan itu bukan hanya soal nama, tetapi juga sifat, cara pengolahan, dan kandungan seperti yang bagian ini jabarkan.

A. Kandungan Gizi

Macam-macam gizi yang terkandung dalam air mineral di antaranya, yaitu natrium, magnesium, kalium, dan selenium yang baik untuk tubuh. Sedangkan air demineral tidak lagi mengandung gizi tersebut setelah menjalani proses penyulingannya, karena telah larut.

B. Rasa dan Aroma

Air mineral biasa memiliki sedikit rasa manis yang berasal dari kandungan mineralnya serta bau alami, bukan kimia. Sementara itu, air demin hanya memiliki rasa segar, tanpa sensasi asin atau manis, serta tidak adanya bau dari sumber apapun.

C. Cara Pengolahan

Bagi air mineral biasa, hanya perlu menjalani proses filtrasi, disinfeksi, dan pembersihan kemasan sebelum bisa dijual. Di lain pihak, air hasil demineralisasi harus menjalani langkah-langkah ekstra, seperti pemurnian dan pemisahan mineral menggunakan ion-ion positif dan negatif.

Cara Kerja Proses Demineralisasi Air

Anda sebelumnya telah belajar mengenai ciri khas air demin dan perbedaannya dengan air mineral biasa. Sekarang, Anda mungkin penasaran, bagaimana cara mengolah air minum lewat metode demineralisasi? Berikut ini penjelasan singkat tentang cara kerjanya:

1. Pembersihan

Air baku yang hendak Anda suling tidak mungkin Anda masukkan begitu saja. Anda harus menyaring air tersebut dari kuman dan partikel kotoran lainnya yang mengendap pada air. Jika perlu, saring pula zat kimia yang menempel pada air, agar dia tak mengganggu proses penyulingan

2. Pemurnian

Langkah berikutnya dalam pengolahan air demin adalah memurnikan air baku menggunakan dua tangki ion yang berisi kation dan anion. Tangki pertama mempunyai kation bersifat asam yang akan memproduksi ion hidrogen.

Setelah itu, air akan mengalir ke tangki kedua yang isinya resin anion, dimana air akan mendapatkan ion hidroksida. Dengan campuran kedua ion tersebut, air yang bebas dari mineral akan segera terbentuk dan siap disalurkan keluar tangki.

3. Penyaluran

Langkah terakhir adalah menyalurkan air dari dalam dua tangki ion tersebut ke tempat menampung air. Inilah waktunya Anda memeriksa apakah air yang telah menerima penyulingan tersebut sudah layak minum atau belum. Apabila ada wadah berupa kemasan, air demineral itu bisa Anda tempatkan.

Manfaat Air Demin untuk Manusia

Manusia membutuhkan air bersih untuk bisa melakukan segala aktivitasnya. Apakah Anda tahu manfaat air demin miliki untuk menunjang kehidupan manusia? Jika belum, bagian berikut ini punya penjelasannya.

A. Menghasilkan Air Minum yang Berkualitas

Proses pengolahan air biasa belum tentu bisa melenyapkan seluruh partikel buruk pada air minum. Baik itu kuman, partikel tanah, maupun mineral yang mengendap. Itulah sebabnya mengapa banyak orang yang menggunakan proses demineralisasi.

Demineralisasi air bukan hanya untuk menghasilkan air minum yang layak pakai, tetapi juga untuk menyehatkan masyarakat. Air hasil proses pembersihan ini pun mempunyai kualitas yang lebih tinggi, rasa yang lebih nikmat, serta aroma yang lebih segar bagi manusia.

B. Membersihkan Tubuh dari Partikel Berbahaya

Tubuh manusia pasti terpapar oleh zat-zat radikal bebas yang bertebaran di sekitar kita. Jika zat radikal bebas itu masuk ke dalam tubuh, akan menimbulkan berbagai macam penyakit. Anda tentunya perlu suatu cara untuk melindungi diri dari paparan zat pembawa penyakit itu.

Inilah fungsi paling penting dari air demin yaitu membersihkan organ tubuh, baik liver, jantung, maupun ginjal dari timbunan zat berbahaya.

Selain itu, air ini juga membantu melancarkan kinerja peredaran darah, karena tidak membawa mineral tambahan yang bisa menyumbat darah.

C. Melawan Penyakit Batu Ginjal

Penyakit batu ginjal disebabkan oleh adanya timbunan partikel-partikel mineral, seperti garam yang mengendap dan mengeras di dalam ginjal. Apabila kondisi ini tidak segera mendapat penanganan medis, maka penderitanya akan merasakan mual dan sakit setiap kali buang air.

Oleh karena itu, salah satu cara pencegahan penyakit batu ginjal yang patut Anda coba ialah mengonsumsi air demin. Air putih biasa mampu melarutkan endapan partikel dalam ginjal, namun air minum yang telah menjalani pengolahan ini bisa membersihkan ginjal sepenuhnya.

D. Merawat Kesehatan Kulit dan Wajah

Wajah yang sehat adalah wajah yang cerah dan bebas dari noda kusam maupun jerawat. Banyak orang yang menggunakan kosmetik untuk merawat wajah mereka, padahal tidak harus begitu. Cara paling mudah untuk merawat wajah Anda yaitu rajin minum air hasil demineralisasi.

Tidak hanya wajah saja yang perlu perawatan, kulit di sekeliling tubuh Anda juga butuh perawatan. Mengapa air dari proses demineralisasi cocok untuk menjaga kesehatan kulit dan wajah kita? Sebab, air ini telah diolah sampai sebersih mungkin, supaya tidak mengandung zat radikal bebas.

Tertarik untuk Mencoba Mengkonsumsi Air Demin?

Jadi, air demin adalah air dari proses demineralisasi. Bermanfaat untuk menghasilkan air minum berkualitas, membersihkan tubuh dari partikel berbahaya, melawan penyakit batu ginjal, dan merawat kesehatan kulit serta wajah. Apakah Anda tertarik untuk mencoba meminum jenis air ini?