Cara Kerja Mesin Ozon Generator dalam Menghasilkan Air Minum Bersih

//
Home » News » Cara Kerja Mesin Ozon Generator dalam Menghasilkan Air Minum Bersih

Air minum yang bersih dan berkualitas baik tidak datang langsung dari alam. Ada sejumlah peralatan modern yang manusia butuhkan untuk memurnikan air tersebut, contohnya seperti ozone generator.

Teknologi dengan molekul O3 ini dianggap memiliki kemampuan yang lebih ampuh untuk membunuh bakteri dan virus di udara.

Hal ini dikarenakan ozon mempunyai daya oksidasi yang cukup kuat. Artinya, ozon mudah terlepas dan menempel pada permukaan benda lain, sehingga mampu mengubah komposisi kimiawi zat di udara.

Ingin tahu cara kerja mesin ozon generator dalam mengolah air? Simak penjelasannya dibawah ini.

Apa Itu Mesin Ozon Generator?

Masyarakat Indonesia pada umumnya belum tahu seperti apa alat pembersih air ini. Oleh karena itu, sebelum Anda belajar tentang cara kerja mesin ozon generator, Anda harus tahu dulu benda apa ini sebenarnya.

Ozon adalah suatu jenis gas dengan kemampuan oksidasi yang sangat kuat. Daya oksidasi ini mampu membunuh virus, kuman, dan bakteri yang berkeliaran di udara serta air. Karena kemampuannya ini, manusia seringkali menggunakannya untuk memurnikan air minum.

Terciptalah sebuah perangkat bernama mesin ozon generator yang bisa mengubah zat oksigen (O2) menjadi senyawa baru bernama trioksigen (O3). Zat baru ini dapat kita gunakan untuk melenyapkan zat-zat berbahaya pada udara dan air sehingga lingkungan menjadi lebih sehat.

Perangkat pembersih air ini tidak mengolah air minum secara langsung, melainkan dia hanya memproduksi zat yang bisa membersihkan air. Ozon yang alat ini produksi perlu Anda terapkan pada mesin pencuci kemasan air minum.

Cara Kerja Mesin Ozon Generator Secara Sederhana

Mengingat air bersih merupakan kebutuhan setiap manusia di muka bumi, adanya alat yang bisa memurnikan air menjadi sangat vital. Pernahkan Anda melihat mesin ozon generator membersihkan air minum dari kotoran dan partikel kecil lainnya? Jika belum, inilah dia cara kerja alatnya:

1. Pembersihan Kotoran

Tahapan pertama dalam cara kerja mesin ozon generator ini yaitu memasukkan air yang hendak Anda olah ke dalam tabung penampung air. Anda tidak usah menambah lapisan filtrasi atau alat pembersih sejenisnya, sebab di dalam mesin pengolah air ini sudah terdapat lampu ultraviolet.

Lampu ini mempunyai bentuk seperti tabung dan mampu membersihkan air yang mengalir melewatinya dengan cahaya ultraviolet. Namun, proses pengolahan air minum belum selesai. Karena bisa saja ada kuman atau zat kimia yang tertinggal, sehingga butuh langkah berikutnya.

2. Pembentukan Ozon

Tahap kedua, yaitu memasukkan gas oksigen dalam kadar yang telah ditentukan ke dalam reaktor trioksigen. Reaktor inilah tempat terbentuknya senyawa ozon yang tercipta akibat pemecahan molekul oksigen. Begitu oksigen mengalir masuk, ozon pun dicampurkan dengan gas tersebut.

Proses pembentukan ozon tersebut membutuhkan listrik yang bertegangan tinggi, sekitar 80 kilovolt atau 80.000 volt. Oleh karena itu, reaktor ozon membutuhkan sistem pengatur tegangan listrik DAC agar bisa menyeimbangkan kebutuhan listrik mesin tersebut.

3. Pencampuran Air

Selanjutnya masuklah ke tahap ketiga dalam cara kerja mesin ozon generator, yaitu pencampuran air minum dengan zat ozon. Senyawa kimia yang telah reaktor trioksigen hasilkan dapat Anda ambil untuk kemudian dicampurkan bersama air minum dalam kemasan.

Sebelum air bisa Anda masukkan pada kemasan, wadah tersebut harus Anda cuci dengan ozon. Caranya, dengan memakai mesin pencuci berkekuatan tinggi untuk membersihkan kemasan air minum selama 5 menit. Setelah itu, tunggulah 15 menit, baru masukkan air minum.

4. Penampungan Air

Pada tahap pengolahan yang terakhir, Anda hanya tinggal memasukkan air ke dalam kemasan yang telah menerima pencucian dengan zat ozon. Alat ozon generator akan memberi notifikasi apabila proses tersebut sudah selesai dan siap untuk Anda periksa.

Tergantung spesifikasi alatnya, Anda bisa melakukan pengecekan tahap akhir untuk memastikan jika air benar-benar sudah layak minum. Jika langkah ini juga sudah Anda laksanakan, Anda bisa mencoba mencicipi air tersebut agar Anda tahu seperti apa kualitasnya.

Komponen Utama dalam Alat Ozon Generator

Cara kerja mesin ozon generator seperti yang bagian sebelumnya telah jabarkan dipengaruhi oleh beberapa komponen penting. Berikut ini adalah contoh-contoh komponen yang harus ada pada sebuah ozon generator:

A. Lampu Ultraviolet

Inilah komponen paling penting dan wajib ada dalam alat pembersih air minum dengan ozon tersebut, yaitu lampu sinar ultraviolet. Lampu ultraviolet yang terdapat pada mesin ini memiliki bentuk seperti tabung yang tahan terhadap air.

Dia mempunyai fungsi membersihkan air minum dari bakteri sebelum Anda campurkan bersama ozon. Meskipun begitu, air minum tersebut belum tentu langsung bersih, sehingga perlu pengolahan lanjutan.

B. Sistem DAC

Nama sistem ini yaitu singkatan dari digital-to-analogue converter. Tugasnya adalah mengatur tingkat tegangan listrik pada alat ozon generator. Demi menjaga agar tingkat pemakaian listrik mesin ozon tersebut tetap stabil, alat ini membutuhkan perangkat tambahan.

Perangkat ekstra tersebut misalnya, transistor untuk mengatur kemana arus listrik dapat bergerak. Ada pula tambahan berupa inverter yang bertugas mengelola tegangan listrik tinggi pada mesin.

C. Timer Otomatis

Alat timer yang sifatnya otomatis ini berperan penting terhadap cara kerja mesin ozon generator. Timer otomatis berfungsi mengatur berapa lama oksigen harus diolah di dalam reaktor ozon, sebelum timer tersebut bisa Anda ambil.

Selain itu, timer otomatis juga bisa membantu mencegah mesin mengalami overheating. Sistem timer otomatis ini akan memberitahu penggunanya kapan mereka harus mematikan mesin untuk perawatan.

D. Reaktor Trioksigen

Reaktor ini adalah tempat mesin ozon generator mengubah zat oksigen menjadi senyawa ozon untuk membersihkan air minum. Alat ini memerlukan arus listrik bertegangan tinggi supaya bisa memproduksi ozon. Reaktor ini juga bisa memuat sejumlah oksigen dalam bentuk gas.

E. Tabung Ozon

Ozone chamber atau tabung ozon dalam alat pembersih air minum ini mempunyai fungsi menyerap gas oksigen dari lingkungan sekitarnya. Gas oksigen yang mesin ini serap dari udara akan tertampung dalam tabung khusus untuk nanti mengalir masuk ke reaktor ozon.

Keuntungan Memakai Mesin Ozon Generator

Apakah terlintas pertanyaan di pikiran Anda tentang, mengapa alat pengolah air ini sangat penting bagi? Di bawah ini ialah macam-macam keuntungan memakai alat ozon generator:

  • Menghasilkan air minum yang kualitasnya lebih tinggi dan bebas dari bakteri untuk semua orang.
  • Dapat membersihkan air minum dari zat-zat kimia yang berdampak buruk bagi kesehatan manusia, semisal pestisida.
  • Teknologi pembersih air minum ini sudah tersedia secara luas bagi masyarakat biasa dan pelaku industri.
  • Air hasil olahan dari mesin ini dapat Anda gunakan untuk mencuci makanan seperti buah, sayur, dan daging.
  • Tidak perlu menambahkan zat kimia lain, contohnya klorin, untuk mengolah air agar layak pakai.
  • Kemasan air minum, terutama yang terbuat dari plastik, bisa Anda bersihkan dengan lebih higienis.

Sudah Tahu Cara kerja Mesin Ozon Generator?

Itulah pembahasan mendetail tentang cara kerja mesin ozon generator ketika memurnikan air minum beserta keuntungan menggunakannya. Meskipun ozon generator terbilang mahal dan langka, mesin ini tidak bisa dipungkiri sangat memudahkan kehidupan kita- sehari-hari agar bisa mengonsumsi air bersih.