Air tanah bau dan air sumur bau, berikut cara mengatasinya.

//

Air tanah atau air sumur bau 

Di Indonesia sendiri air tanah bau atau air sumur yang bau bisa ditimbulkan oleh berbagai hal. Salah satunya karena dalam air tanah terkandung bahan – bahan atau unsur alam yang menyebabkan air berbau. Yang sering ditemukan di Indonesia sendiri, air tanah atau air bor sering terdapat kandungan amoniak atau fosfor yang tinggi.

air tanah bau & air sumur bau

Sehingga menyebabkan air berbau amis seperti air got atau bahkan terkadang dapat menjadi seperti bau bangkai. Selain karena unsur alam, air tanah yang berbau juga bisa disebabkan karena tercemar bahan pencemar.

Hal ini terjadi pada daerah yang dekat pertanian, peternakan atau budidaya perikanan. Terkadang air tanah pun bercampur limbah yang ikut meresap ke tanah. Jika kita berada didekat lahan pertanian, peternakan atau industri yang dapat menyebabkan terjadinya pencemaran pada air tanah, maka akan lebih baik kalau kita mengebor sumber air tanah yang lebih dalam untuk menghindari kontaminasi dari sekeliling kita.

Air tanah berbau juga bisa disebabkan karena adanya bakteri atau benda asing yang masuk ke aliran air tanah. Hal ini biasanya disebabkan karena jarak antar sumur dengan toilet terlalu dekat. Tidak hanya itu, air bor yang berbau juga bisa disebabkan adanya pencemaran dari limbah atau bakteri.

Baca juga : Cara menghilangkan bakteri dalam air

Beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengolah air tanah yang bau

Untuk menjaga air sumur tetap bersih atau untuk menghilangkan bau dan warna air sumur bor, berikut beberapa langkah yang bisa Anda lakukan.

  • Tampung dan diamkan Air tanah yang bau Sebelum Digunakan

Untuk menghilangkan bau air tanah, Anda bisa menampung air dari sumur terlebih dahulu sebelum digunakan. proses penampungan dapat dilakukan pada tangki tangki air biasa, Proses penampungan ini dilakukan agar bau pada air dapat berkurang lewat proses oksidasi. tapi pengurangan bau biasanya menjadi tidak terlalu signifikan.

Proses oksidasi atau pelepasan bau akan menjadi lebih maksimal dengan melakukan pemasangan blower. Pemasangan blower di sambungkan ke sand stone kemudian dimasukan kedalam tangki air untuk menaikan kadar oksigen kedalam air tersebut. Dengan meningkatnya kadar oksigen dalam air, maka pelepasan gas yang menyebabkan air tersebut berbau, dapat di kurangi.

Baca juga : Cara melakukan proses oksidasi

  • Campurkan Kaporit ke dalam penampungan air.

Cara ini dianggap mampu mempercepat hilangnya zat yang menjadi penyebab air jadi bau. Gunakan takaran yang pas untuk mendapatkan air bersih yang diharapkan. Biasanya bau dari air akan hilang dan berubah menjadi bau gas kaporit.

Untuk menghilangkan bau kaporit dapat dilakukan dengan mendiamkan air tersebut atau mengendapkan air tersebut beberapa saat, hingga gas kaporit teroksidasi sempurna. Kaporit pada dasarnya merupakan kimia desifectant, dimana dia akan membunuh bakteri yang menyebabkan air tersebut menjadi bau. Tapi ada beberapa bau yang disebabkan oleh mineral tertentu akan lebih sulit di netralkan oleh kaporit.

Jadi kalau kita menggunakan kaporit untuk menghilangkan bau air tersebut, maka secara otomatis kita akan mendapatkan air yang terbebas dari bakteri. Selain di diamkan, Kita juga dapat menghilangkan bau kaporit dalam air dengan menggunakan filter karbon.

Baca juga : Menghilangkan bau kaporit 

  • Menggunakan filter karbon aktive di air sumur yang bau.

Selain cara cara yang di sebut diatas, kita juga dapat menggunakan filter air karbon aktive untuk menghilangkan bau pada air sumur. Karbon aktive cukup handal untuk menyaring beberapa kontaminan penggangu antara lain : Bau, Warna, Kaporit dan logam berat dalam air. Pemasangannya cukup sederhana, cuma cukup menggunakan tabung filter yang di isi dengan karbon aktive kemudian di alirkan dengan air sumur yang bau tersebut.

filter air sumur bau
Basic filter pengolahan air bersih

Harga dari filter karbon untuk menghilangkan bau dalam air.

Harga dari filter karbon aktif berkisar antara Rp 1.500.000 sampai Rp 2.500.000 tergantung dari jenis karbon aktif apa yang digunakan. Semakin tinggi kadar iodine pada karbon aktif tersebut, maka filter karbon aktif tersebut akan lebih bertahan lama dan lebih handal dalam menyaring air sumur yang bau.

Untuk air sumur yang bau karat, penggunaan karbon aktif menjadi tidak tepat. karena Air sumur atau air tanah yang berbau karat atau bau besi disebabkan karena air tersebut mengandung kadar besi (Fe) yang tinggi dalam air. Sehingga hal yang perlu dilakukan adalah menghilangkan kadar besi, kemudiaan baru di finishing menggunakan karbon aktif.

Untuk penjelasan mengenai air sumur yang bau besi atau bau karat. silahkan klik disini.

Bila Anda masih bingung dalam mengelola air tanah yang bau dan berwarna, Anda bisa menghubungi www.tirtamandiri.com. Kami merupakan perusahaan yang khusus menangani pengolahan air. Dengan pengolahan yang tepat dari kami, Anda akan mendapatkan kualitas air yang sesuai dengan keinginan.

Tinggalkan komentar

You cannot copy content of this page