IPAL Rumah Sakit: Pengertian, Fungsi, serta Jenisnya

//
Home » News » IPAL Rumah Sakit: Pengertian, Fungsi, serta Jenisnya

IPAL termasuk salah satu upaya pemerintah untuk program kesehatan lingkungan. Hal tersebut disebabkan adanya kebutuhan air bersih yang mendukung kegiatan manusia di dalam kehidupan sehari-hari.

Salah satu contoh kegiatan tersebut yaitu kegiatan medis yang ada di rumah sakit. IPAL di rumah sakit untuk membantu berjalannya kegiatan. Sehingga setiap RSUD yang beroperasi harus memiliki instalasi pengolahan air limbah atau IPAL.

Tapi apakah Anda sudah mengetahui apa itu IPAL rumah sakit? Apa fungsinya? Di artikel ini kita akan membahas beberapa hal mengenai IPAL rumah sakit.

Pengertian IPAL Rumah Sakit

Pada dasarnya, IPAL (Instalasi Pengolahan Air Limbah) rumah sakit adalah sistem pengolahan limbah cair yang berasal dari rumah sakit. IPAL dibuat berdasarkan sifat limbah cair dari beberapa sumber pengeluarannya.

Nantinya rumah sakit dapat membuat struktur bangunan pengolahan limbah cair untuk dapat melakukan proses pengelolaan air secara bertahap.

Cara kerjanya adalah, air limbah dari seluruh unit yang ada dikirim secara gravitasi menuju bak screening. Kemudian air tersebut akan dipompa untuk diolah menggunakan sistem diffuser.

Tujuan IPAL Rumah Sakit

Tujuan utama dari pembangunan IPAL rumah sakit adalah untuk mendukung upaya dalam pengelolaan lingkungan. Pengelolaan lingkungan sangat penting karena dapat mengurangi risiko yang timbul akibat pembuangan limbah cair yang sembarangan.

Tujuan keduanya adalah untuk memperoleh akreditasi dan sertifikasi operasional rumah sakit. Tanpa sertifikasi ini rumah sakit tidak boleh beroperasi.

Selanjutnya, tujuan yang ketiga adalah untuk mencegah bau limbah rumah sakit. Air limbah yang tidak terolah secara memadai memiliki bau busuk yang cukup kuat dan menyengat. Hal ini karena mikroorganisme pembusuk air limbah sudah mulai bekerja.

Fungsi IPAL Rumah Sakit

Berikut adalah beberapa fungsi dari instalasi pengolahan air limbah rumah sakit, antara lain:

1. Mengurangi Biaya Pengeluaran Rumah Sakit

Pengoperasian fasilitas pengolahan air limbah ini dapat membantu rumah sakit dalam menurunkan biaya terutama terkait kebutuhan pemenuhan air mereka. Sebab, hasil akhir dari IPAL ini berupa air bersih. Jadi, rumah sakit dapat menggunakan air bersih tersebut untuk memenuhi berbagai kebutuhan mereka.

2. Membuat Air Bersih dari Air Beracun

Fungsi dan manfaat IPAL rumah sakit adalah mengolah air limbah rumah sakit yang beracun menjadi air bersih. Pengolahan air bersih ini dianggap aman saat dibuang ke saluran pembuangan, sungai, atau sumber air lainnya tanpa mengganggu kesehatan manusia atau merusak lingkungan.

Hal ini dapat terjadi karena proses pengolahan di unit IPAL RS telah dilakukan dengan berbagai cara yang dapat menyebabkan bakteri musnah.

3. Menjaga Kesehatan Lingkungan

Pemeliharaan kelangsungan hidup lingkungan di sekitar rumah sakit adalah manfaat lain yang dapat Anda peroleh dengan pemasangan sistem pengelolaan air limbah yang efektif.

Air dari sumur bor di dekat rumah sakit jadi boleh masyarakat konsumsi tanpa menimbulkan ketakutan di antara masyarakat yang tinggal di dekatnya. Ini karena air limbah rumah sakit telah terkelola dengan baik di sistem IPAL rumah sakit.

Selain itu, IPAL dapat menjaga area rumah sakit agar tetap dalam keadaan sehat, dan aman bagi siapa saja, termasuk staf, pasien, pengunjung, dan makhluk hidup lainnya.

4. Menunjang Pengolahan Air secara Fisik

IPAL juga melakukan pengolahan fisik terhadap air limbah rumah sakit yang mengandung bahan kimia organik. Metode ini melibatkan pengolahan air limbah dengan cara mengendapkan air atau biasa dikenal dengan nama sedimentasi.

Selain itu ada pengolahan air limbah yang disaring menggunakan screening, yakni unit operasi yang bertujuan untuk memisahkan limbah berukuran besar, seperti plastik, kayu, dan sebagainya.

Selanjutnya, ada juga pengolahan air limbah dengan cara menghancurkan benda padat yang lolos dari proses screening tadi menggunakan alat bernama comminutor.

5. Menangani Limbah dengan Efektif

IPAL rumah sakit juga memiliki keunggulan karena dapat menangani masalah air limbah dengan sangat efektif. Harus Anda ketahui bahwa proses pengelolaan tunggal seperti biodegradasi saja tidak terlalu efektif untuk menangani masalah limbah tersebut.

6. Mendukung Pengolahan Air secara Biologis

Instalasi pengolahan air limbah rumah sakit juga dapat mendukung pengelolaan air limbah cair secara biologis. Proses pengolahan ini menggunakan mikroba syroby atau biodetex yang secara efektif dapat melakukan proses penurunan kandungan senyawa organik dalam limbah cair.

Dalam prosesnya, jenis mikroba yang Anda gunakan dapat berupa benihnya, atau jenis mikroba yang memang sudah siap melakukan proses pengolahan.

7. Menjaga Biota Tetap Hidup di Sungai

IPAL rumah sakit cukup berperan dalam menjaga kesehatan biota sungai. Hal ini karena air limbah yang telah mengalami pengolahan di suatu fasilitas pengolahan air limbah tidak lagi mampu mencemari air.

8. Terbebas dari Masalah Hukum

Karena rumah sakit harus mematuhi peraturan pemerintah tentang pengolahan air limbah, mereka dapat menghindari hukuman atau masalah hukum lainnya yang dapat menghambat efisiensi pemberian layanan rumah sakit.

9. Masyarakat Tidak Takut dengan Sungai yang Terkontaminasi

Adanya IPAL rumah sakit dapat menguntungkan warga sekitar yang tidak perlu takut lagi dengan air sungai yang tercemar limbah cair. Sebab, limbah dari berbagai kegiatan rumah sakit telah terolah dengan baik sehingga tidak lagi tercemar oleh racun berbahaya.

Selain itu, pengelolaan air limbah juga mempengaruhi kejernihan sungai dan aromanya, sehingga tidak lagi mengganggu lingkungan sekitar.

Jenis-Jenis IPAL untuk Rumah Sakit

Berdasarkan sistem atau modelnya, instalasi pembuangan air limbah yang bagus untuk rumah sakit terbagi menjadi dua jenis, antara lain:

A. IPAL Sistem Biofilter

Model biofilter merupakan instalasi pembuangan air limbah yang menggabungkan proses anaerob dan aerob. Proses ini memanfaatkan bakteri sebagai agen untuk melepas polutan dalam air limbah.

Bakteri tersebut memerlukan media sebagai tempat tumbuh dan berkembang biak. Jadi, media yang Anda gunakan harus sesuai, kuat, ringan, dan memiliki luas permukaan yang besar.

IPAL sistem biofilter dapat menurunkan zat organik dalam air limbah, kadar ammonia, dan sebagainya secara signifikan. Hal ini membuat air hasil proses IPAL dapat memenuhi standar dan syarat buang yang ditetapkan pemerintah.

Berikut kelebihan IPAL rumah sakit sistem biofilter:

  • Kualitas air keluaran jadi lebih terjamin.
  • Relatif membutuhkan lahan yang tidak terlalu besar.
  • Perbaikan dan pemeriksaan rutinnya mudah.
  • Biaya operasi yang rendah.
  • Fleksibel dan tahan terhadap fluktuasi polutan.
  • Mudah untuk Anda tambah kapasitasnya.
  • Volume lumpur yang kecil.
  • Prosesnya tidak begitu membisingkan dan bau.

B. IPAL Sistem Extended Aeration

Instalasi pembuangan air limbah model extended aeration bukan hanya digunakan oleh rumah sakit, tetapi juga beberapa industri lainnya. Model extended aeration adalah sistem pengolahan air limbah untuk menurunkan zat organik COD dan BOD dengan cara menyuntikkan oksigen ke dalam air.

Di dalam limbah, terdapat pertumbuhan bakteri atau mikroorganisme lainnya. Bakteri-bakteri tersebut bertumbuh secara suspended growth dalam limbah yang akan masuk pada proses pengolahan. Bakteri yang tumbuh tersuspensi tersebut akan berfungsi sebagai pengurai limbah.

Cara kerja IPAL extended aeration adalah menyediakan lingkungan yang cocok untuk bakteri aerob, serta mikroorganisme lainnya. Kemudian, bakteri ini bertugas untuk melepaskan polutan dalam limbah.

IPAL model ini akan membuat kondisi yang sesuai serta mengandung banyak oksigen agar bakteri dapat mengkonsumsi bahan organik dan bisa berkembang biak di dalam lingkungan tersebut. Cara ini dapat membuat mikroorganisme menguraikan limbah, sehingga membuat limbah tersebut jadi tidak berbau.

Sudah Tahu Pentingnya IPAL Rumah Sakit?

Demikian penjelasan mengenai IPAL rumah sakit mulai dari pengertian, tujuan, fungsi dan jenisnya. Berdasarkan fungsi di atas, sudah jelas jika instalasi pengolahan limbah sangat penting bagi kehidupan di sekitar rumah sakit.

Bukan hanya untuk manusia, tetapi juga manfaatnya dirasakan bagi biota yang hidup di lingkungan alam sekitar rumah sakit misalnya sungai, danau, dan sejenisnya.