Kenali Teknologi Filter Air Payau yang Efektif untuk Digunakan

//
Home » News » Kenali Teknologi Filter Air Payau yang Efektif untuk Digunakan

Sumber air untuk manusia sangatlah beragam mulai dari air tanah, danau, hingga air yang sudah lembaga perusahaan air minum olah. Tentu saja, setiap jenis air memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Ada air yang tidak berbau dan berasa, ada juga air yang masih terasa payau.

Maksud terasa payau dalam hal ini adalah air yang ada masih menyisakan sedikit rasa asin jika Anda konsumsi. Rasa payau seringkali dapat Anda temui di daerah dekat pantai (laut) atau di dekat sungai (bendungan). Air payau sendiri mengandung campuran air tawar dan laut dengan kadar garam 0.5% sampai 30%.

Sehingga terasa asin ketika Anda konsumsi dan lengket apabila Anda gunakan untuk membersihkan badan. Tentunya, hal tersebut sangatlah mengganggu dan kurang disukai oleh kebanyakan orang. Oleh karena itu, diperlukan sebuah teknologi filter untuk mengatasinya.

Filter Air Payau Menggunakan Teknologi Reverse Osmosis (RO)

Seiring dengan perkembangan zaman dan kemajuan teknologi, rekomendasi filter air payau yang bisa Anda gunakan adalah reverse osmosis. Teknologi penjernihan air ini dilansir memiliki efektivitas yang tinggi untuk mengurangi kadar garam dalam air payau. Teknologi penyaringan dengan reverse osmosis ini menggunakan membran penyaring dengan lubang-lubang berukuran sekitar 0.0001 mikron.

Mesin penyaring air berteknologi RO akan menekan air payau agar mengalir melewati membran, menahan partikel kecil, serta membiarkan air murni mengalir.

Dalam kasus air payau, adanya kadar garam di dalam air merupakan zat yang memiliki konsentrasi tinggi jika Anda bandingkan dengan air biasa. Sehingga penggunaan teknologi reverse osmosis ini sangat cocok.

Filter pemurnian reverse osmosis ini juga sudah terbukti mampu memisahkan komponen-komponen seperti bakteri, virus, organik, non organik, partikulat, hingga garam terlarut atau ion.

Mesin RO memang sudah didesain khusus untuk menjernihkan dan menghilangkan kandungan garam dalam air. Bahkan, saat ini mesin reverse osmosis sudah banyak digunakan pada beberapa kios pengolahan air minum isi ulang hingga pengolahan air minum skala industri.

Anda juga dapat menggunakan alat ini untuk skala rumah tangga atau produksi skala usaha mikro kecil menengah. Alat reverse osmosis juga telah tersedia dengan berbagai ukuran sesuai dengan kebutuhan konsumen. Karena itu, Anda tidak perlu lagi bingung soal pengolahan air bersih jika memiliki mesin reverse osmosis ini.

Apalagi jika Anda tinggal di tempat terpencil yang biasanya tidak memiliki sumber mata air jernih yang bisa masyarakatnya andalkan. Bahkan jika Anda memiliki sumur bor dengan kedalaman hingga lebih dari 100 meter sekalipun, air yang yang keluar masih bisa terasa asin.

Padahal air payau atau air dengan rasa asin ini memiliki dampak buruk bagi kesehatan jika Anda konsumsi terus-menerus. Baik secara jangka pendek maupun jangka panjang. Karena itu, munculnya teknologi RO adalah solusi terbaik untuk permasalahan ini.

Untuk mengenal lebih banyak tentang Reverse Osmosis, Anda dapat membaca artikel sebelumnya mengenai mesin RO reverse osmosis air payau.

Catat, Ini 4 Teknologi yang Sebenarnya Tidak Bisa Digunakan sebagai Filter Air Payau!

Selain teknologi RO, terdapat beberapa teknologi yang dikenal masyarakat sebagai filter air payau yang efektif. Padahal faktanya, teknologi tersebut sama sekali tidak mampu mengubah air payau menjadi air tawar yang layak untuk digunakan atau dikonsumsi, berikut adalah beberapa jenis teknologi tersebut:

1. Tabung Filter Sederhana

Tabung filter sederhana adalah salah satu teknologi penjernihan atau pemurnian air yang dapat Anda gunakan di skala rumah tangga hingga skala industri. Jenis filtrasi ini tergolong dalam filtrasi sederhana, karena bahan-bahan yang Anda perlukan sangat mudah untuk Anda jumpai dalam kehidupan sehari-hari.

Agar dapat membuat tabung filter sederhana Anda memerlukan beberapa bahan. Seperti pipa tabung atau ember penampung air yang besar, batu kerikil, sabut kelapa, arang, pasir hitam, dan tisu atau kapas.

Bahan-bahan tersebut memang dapat menahan kotoran yang terdapat pada air sesuai dengan ukuran pori masing-masing. Namun tetap saja, filter ini tidak mampu menghilangkan rasa asin pada air. Hal tersebut terjadi karena prosesnya yang sangat konvensional.

2. Housing Filter

Teknologi filtrasi selanjutnya yang tidak dapat Anda gunakan adalah housing filter. Housing filter atau housing filter cartridge merupakan teknologi filtrasi moderen yang memanfaatkan cartridge filtrasi untuk penyaringan kotoran.

Teknologi ini memang lebih canggih dan moderen, Housing filter juga mampu menghilangkan kekeruhan air, padatan atau kotoran secara kasari. Namun tetap saja, teknologi ini tidak mampu rasa asin pada air payau.

3. Filter Demineral

Selanjutnya adalah filter air demineral, disamping tidak efektif, penggunaannya juga tidak terlalu direkomendasikan. Karena filter demineral memiliki pegoperasian yang sangat sulit dan sama sekali tidak cocok untuk penggunaan di skala rumah tangga.

Filtrasi ini juga menerapkan sistem ion exchange yang menggunakan butir resin yang tidak bisa Anda dapatkan di sembarang tempat. Selain itu, pengurangan kadar garam pada filter demineral belum mencapai titik maksimum. Sebagian mineral mungkin akan hilang atau berkurang, namun sebagian garam masih dapat tersisa.

4. Obat Penjernih Air

Selain beberapa teknologi di atas, banyak orang mengira bahwa obat penjernih air mampu menghilangkan rasa asin pada air payau. Obat penjernih, seperti tawas, kaporit, klorin, asam klorida, terusi, dan lain sebagainya tidak bisa Anda jadikan sebagai filter air payau.

Terlebih penggunaan obat kimia dapat menimbulkan efek buruk pada kulit. Karena ada beberapa orang yang alergi terhadap obat kimia tertentu. Jadi, kemungkinan Anda akan merasa gatal-gatal saat menggunakannya.

Sudah Mengenal Teknologi Filter Air Payau yang Efektif?

Itulah penjelasan mengenai beberapa teknologi yang efektif dan tidak efektif untuk filter air payau yang dapat Anda gunakan. Jika Anda membutuhkan jasa untuk filter air payau, Tirta Mandiri memberi solusi penyaringan air lewat mesin penyaring canggih berteknologi RO untuk berbagai keperluan.

Tirta Mandiri menyediakan mesin penyaring berteknologi RO yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Tersedia penyaring untuk keperluan rumah tangga, pabrik dan industri, usaha penyedia air isi ulang, serta instansi pemerintah dan swasta. Kemampuan untuk menyaring air payau membuat mesin ini cocok untuk menyediakan air bersih di daerah pulau atau dekat pantai.

Tunggu apa lagi? hubungi Tirta Mandiri sekarang, Anda bisa mendapatkan info yang lebih lanjut tentang hal ini.
Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.