Jual Mesin Demin: Mesin untuk Menghasilkan Air yang Murni

//
Home » News » Jual Mesin Demin: Mesin untuk Menghasilkan Air yang Murni

Air bersih merupakan elemen krusial karena selalu dibutuhkan untuk kegiatan sehari-hari. Fungsi air tidak sekadar untuk minum, memasak, dan mencuci, tapi juga untuk berbagai keperluan lainnya.
Mengingat perannya yang sangat krusial, Anda bisa mengambil peluang dengan membuka usaha jual air demin dengan mesin demin.

Apa Itu Mesin Demin?

Demin adalah kependekan dari demineralisasi yaitu proses penyaringan air keruh menjadi menjadi air jernih. Mesin demin tidak hanya mampu menyaring air keruh saja, namun juga air yang terkontaminasi limbah. Air hasil penyaringan tersebut aman untuk dikonsumsi atau digunakan untuk keperluan lainnya.

Cara Menggunakan Mesin Demin untuk Menghasilkan Air Bersih

Bagi Anda yang sedang mencari inspirasi ide usaha, bisa memilih usaha jual air bersih atau bahkan air demin.

1. Air Mentah Masuk Tabung Resin

Setelah mendapatkan mesin dari tempat jual mesin demin, maka Anda bisa mengisi tabung resin atau tangki pertama dengan air mentah. Air mentah ini sendiri berasal dari kolam air baku yang akan disaring.

Pada tahap awal ini, air akan mengalami proses penukaran dengan ion hidrogen. Tujuan melakukan penukaran hidrogen adalah untuk membunuh bibit penyakit yang terdapat di dalam air mentah.

2. Air Mengalir ke Tabung Anion

Memasuki tahap ini, kondisi air masih belum sepenuhnya bersih dan tidak layak konsumsi. Selanjutnya, air akan mengalir ke tabung anion yang merupakan tempat untuk menukar air dengan ion hidroksil.

Menukar air dengan ion hidroksil ini memiliki tujuan untuk mengurangi pH air yang masih terlalu asam. Supaya layak konsumsi, setidaknya air memiliki pH netral.

3. Pengolahan Air di Tangki Mix Bed

Produsen yang jual mesin demin juga menyediakan tangki mix bed. Manfaat tangki tersebut yaitu untuk mencampurkan ion hidroksil dan ion hidrogen hingga kedua ion tersebut menghasilkan senyawa khusus. Nah, hasil dari senyawa khusus itulah yang nantinya akan menghasilkan air murni.

Meskipun pada tahap ini mesin sudah bisa menghasilkan air murni, namun proses ini bukanlah tahap akhir. Air masih akan mengalami proses regenerasi.

4. Regenerasi Air

Proses regenerasi air yaitu dengan melarutkan asam klorida pada tabung cation. Lalu, air tersebut akan mengalir ke tabung berikutnya yaitu tabung anion. Air yang sudah berada di dalam tabung anion akan diberikan larutan natrium hidroksida.

Tujuan proses regenerasi adalah untuk mendapatkan air jernih dengan kualitas yang bagus. Pada tahap ini, air sudah cukup bersih namun masih belum layak konsumsi karena harus melalui proses berikutnya lagi.

5. Mengalirkan Air ke Tangki Penampung Hasil

Salah satu proses dalam menghasilkan air bersih dari produsen yang jual produk air menggunakan mesin demin yaitu pemurnian air. Kegiatan memurnikan air ini terjadi di tangki mix bed tadi yang selanjutnya air akan mengalir lagi pada tangki penampung hasil akhir.

Nah, apabila air yang memenuhi tangki penampung inilah yang sudah siap untuk Anda jual sebagai air bersih layak konsumsi.

Namun, ada hal yang harus Anda waspadai saat mengolah air dari limbah yang mengandung logam berat berbahaya. Pastikan Anda juga menggunakan perlengkapan dan peralatan lainnya yang mendukung keselamatan dalam bekerja.

Manfaat Air Demin

Air yang mengandung TDS atau Total Dissolved Solids menjadi patokan apakah air tersebut layak konsumsi atau tidak. Syarat air layak konsumsi yaitu harus memiliki TDS rendah, sebagaimana air hasil pengolahan mesin demin. Berikut merupakan sederet manfaat air demin yang penting untuk Anda ketahui:

A. Bisa untuk Air Minum

Jual air hasil olahan mesin demin bisa menjadi peluang usaha menguntungkan karena bisa menghasilkan air yang layak minum. Tidak hanya mampu menghasilkan air dengan kualitas rendah TDS, namun mesin demin juga mampu menghasilkan air zero TDS.

Kualitas air rendah mineral ini terbilang aman untuk tubuh. Selain itu, air ini juga sangat cocok dikonsumsi oleh mereka yang mengalami gagal ginjal karena bisa lebih meringankan kerja ginjal.

Untuk mengonsumsi air demin, Anda tidak perlu lagi merebusnya karena sudah melewati proses yang panjang. Selain itu, selama proses penyaringan juga menggunakan senyawa kimia yang bisa membunuh semua kuman, bakteri, dan virus sehingga menghasilkan air yang jernih dan steril.

Namun, konsumsi air demin ini sebaiknya tidak dilakukan secara terus-menerus atau sembarangan. Ketiadaan mineral pada air demin bisa menyebabkan masalah kesehatan lainnya. Jadi, konsultasikan dulu pada pihak terkait sebelum mengonsumsi air demin.

B. Membersihkan Alat atau Mesin Industri

Manfaat jual air olahan mesin demin yaitu bisa untuk membersihkan alat-alat atau mesin yang menggunakan material besi. Kondisi ini karena kandungan mineral dalam air demin seperti magnesium, kalsium, dll relatif lebih rendah.

Air dengan kandungan mineral rendah sangat aman untuk material besi karena tidak akan membuatnya berkarat. Dengan demikian, Anda yang memiliki banyak mesin untuk mendukung kelangsungan industri, bisa membeli air ini demi ketahanan mesin tersebut.

Mencuci mesin atau peralatan dengan air biasa tentu akan menurunkan kualitas mesin. Alhasil, Anda akan mengeluarkan biaya servis atau membeli mesin baru yang lebih mahal.

C. Aman Untuk Laboratorium Rumah Sakit

Anda yang tertarik untuk jual air olahan mesin demin, juga bisa menawarkannya ke rumah sakit karena sangat bermanfaat untuk kebutuhan laboratorium. Air yang tidak membuat peralatan besi mengalami korosi dan rendah TDS ini bisa untuk membersihkan peralatan laboratorium atau keperluan uji coba.

Selain itu, rumah sakit juga memerlukan air demin untuk cuci tangan sebelum dokter melakukan operasi kepada pasien. Dokter dan perawat bedah tidak boleh cuci tangan menggunakan sembarang air ketika akan melakukan tindakan operasi. Mereka harus menggunakan air demin yang sudah melalui proses sterilisasi yang panjang.

Siapa Saja Segmentasi Air Demin?

Usaha jual air olahan mesin demin cukup menjanjikan karena memiliki segmentasi yang sangat luas. Di bawah ini adalah segmentasi pasar yang perlu Anda ketahui:

1. Perumahan

Anda bisa menjual produk air demin di kawasan perumahan. Tempat ini menjadi lahan menjanjikan karena saat ini orang memiliki kesadaran gaya hidup sehat yang tinggi. Selain itu, kebutuhan air demin di kawasan perumahan juga sangat tinggi.

2. PLTN

Sektor industri yang memerlukan air demin yaitu PLTN atau Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir. Kondisi ini karena PLTN menggunakan air sebagai umpan untuk menggerakkan pembangkit listrik. Nah, supaya mesin pembangkit listrik tidak mudah korosi dan kualitasnya menurun, maka harus menggunakan air rendah TDS.

3. Tempat Pendidikan

Tempat lainnya yang menjadi segmentasi pasar jual air olahan mesin demin yaitu kawasan pendidikan. Sekolah atau kampus tentu memerlukan air bersih dan steril untuk keperluan penelitian atau praktikum dalam kegiatan pembelajarannya.

4. Industri Menengah atau Skala Besar

Selain PLTN, sektor industri lainnya yang memerlukan air dan mesin demin yaitu industri menengah atau skala besar sekalipun. Contoh industri yang memerlukan air atau mesin demineral yaitu industri farmasi, industri tekstil dari serat sintetis, pabrik elektronik, dan lain-lain.

Siap Jual Air Olahan Mesin Demin?

Nah, setelah mengetahui ulasan lengkap mengenai mesin demin, sekarang Anda jadi semakin tertarik, kan? Jika ingin mendapatkan mesin air demineralisasi berkualitas, Anda bisa mengunjungi website tirtramandiri.com. Selain menyediakan mesin demin, Tirta Mandiri juga menyediakan mesin atau alat-alat air lainnya.