Tips Memilih Air Minum dalam Kemasan (AMDK) yang Aman

//
Home » News » Tips Memilih Air Minum dalam Kemasan (AMDK) yang Aman

Air minum dalam kemasan dapat menjaga tubuh Anda agar tetap terhidrasi. Namun, ternyata tidak semua air minum botolan ini bisa Anda konsumsi setiap hari. Anda harus pintar dalam memilih depot air minum terpercaya untuk mendapatkan air minum berkualitas.

Lantas, bagaimana cara memilih air minum botolan yang aman? Simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Syarat Air Minum dalam Kemasan yang Berkualitas

Air memang sangat dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari. Sebab, air merupakan komponen terbesar dari tubuh manusia.

Air sendiri sangat penting untuk membantu tubuh dalam mendukung kinerja semua organnya. Namun sayangnya, tidak semua orang bisa memenuhi kebutuhan cairan hariannya tersebut.

Hal ini terbukti dari hasil penelitian yang oleh Laksmi, dkk dalam Journal of Nutrition 2018, bahwa ada 1 dari 5 anak dan remaja Indonesia yang masih belum tercukupi kebutuhan air putihnya. Bahkan, orang dewasa sekalipun.

Nah, jika berbicara mengenai air minum dalam kemasan yang baik, maka harus memenuhi beberapa syarat dari Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia terlebih dahulu. Peraturan dengan nomor 492 tahun 2010 ini menjelaskan beberapa hal, antara lain:

  • Air tidak boleh berasa.
  • Tidak memiliki bau.
  • Air tidak boleh berwarna atau harus jernih.
  • Tidak mengandung zat yang berbahaya bagi tubuh, artinya air tidak tercemar oleh segala jenis pencemar seperti halnya berasal dari cemaran fisik, mikroba, pestisida, logam berat, hingga cemaran kimia lainnya.

Semua persyaratan tersebut tentunya menjadi sebuah tolok ukur dari air yang aman untuk Anda konsumsi. Meskipun memang saat ini sudah banyak sekali produk air minum di pasaran, namun tidak semuanya sama.

Air minum botolan tentu memiliki perbedaan dalam proses pembuatannya. Hal ini juga berlaku pada kandungan dan tingkat keasaman (pH) air kemasan tersebut.

Jenis-Jenis Air Minum dalam Kemasan

Nah, berikut ini akan dijelaskan apa saja jenis-jenis air minum yang ada di Indonesia.

A. Air Mineral

Jenis air mineral ini merupakan air yang mengandung mineral dalam jumlah tertentu. Selain itu, air ini juga tidak memiliki tambahan mineral dalam prosesnya.

Air mineral sendiri memiliki pH antara 6 sampai 8,5. Jadi, pada proses pembuatannya tersebut, mineral AMDK ini tetap dipertahankan kealamiannya hingga sampai ke tangan konsumen.

B. Air pH tinggi

Jenis air minum dalam kemasan ber-pH tinggi atau air alkali ini merupakan air kemasan yang proses pembuatannya menggunakan metode secara elektrolisis maupun ionisasi. Biasanya, air dengan pH tinggi ini memiliki kisaran pH antara 8,5 sampai 9,97.

C. Air Demineral

Jenis air demineral ini adalah air minum yang tidak mengandung mineral. Kandungan mineral dari jenis air minum ini memang sengaja dihilangkan ketika pemrosesan menggunakan mesin pabrik air minum dalam kemasan.

Jadi, pemrosesan air demineral ini adalah dengan cara destilasi, deionisasi, atau reverse osmosis. Untuk kadar pH airnya sendiri berkisar antara 5,0 sampai 7,5.

D. Air Beroksigen

Jenis air minum yang terakhir adalah air beroksigen. Air ini bisa berupa air mineral atau air demineral. Dalam prosesnya, air beroksigen ini ditambahkan dengan oksigen dalam jumlah tertentu.

Air mineral beroksigen ini sendiri memiliki tingkat keasaman mulai dari 6,0 sampai 8,5. Sementara itu, untuk air demineral beroksigen sendiri memiliki kadar keasaman mulai dari 5,0 sampai 7,5.

Tips Memilih Air Minum dalam Kemasan yang Berkualitas

Perlu Anda ketahui bahwa air minum dalam kemasan atau AMDK ini sudah mengantongi izin dari BPOM dan LPPOM MUI terkait dengan kualitas dan kehalalan produknya. Namun, Anda sendiri sudah sepatutnya mengetahui secara jelas bagaimana tips memilih air kemasan yang baik.

Tips memilih produk air minum berkualitas tersebut antara lain:

1. Cek Standarisasi

Hal pertama yang perlu Anda lakukan sebelum memilih air minum adalah mengecek terlebih dahulu standarnya. Pastikan bahwa produk air minum botolan yang Anda minum merupakan produk air minum yang sudah mendapatkan izin edar dari BPOM dan LPPOM MUI.

2. Perhatikan Informasinya

Ada banyak sekali jenis air minum dalam kemasan botolan, mulai dari botol, gelas, hingga galon. Namun, air minum yang paling banyak diminati adalah air botolan dari mesin RO.

Selain itu, air mineral yang berkualitas baik, tentunya berasal dari sumber air bawah tanah atau mata air pegunungan yang mengandung banyak mineral alami.

Air mineral ini tentunya mengandung berbagai mineral yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Kandungan mineral dalam air tersebut antara lain kalium, natrium, magnesium, kalsium, dan fluoride.

Selain itu, proses pengolahan dalam produksi air mineral ini tentunya perlu Anda perhatikan. Sebab, air mineral kemasan dikemas dengan teknologi yang canggih. Jadi, kandungan mineralnya pun tetap terjaga dan tidak akan terkontaminasi oleh kuman atau bahan kimia berbahaya lainnya.

Pastikan saja Anda memilih produk air mineral yang kemasannya masih rapi, utuh, dan tidak rusak.

3. Cek Masa Kadaluarsa

Tips selanjutnya dalam memilih air minum dalam kemasan yang berkualitas baik adalah dengan cara mengecek masa kadaluarsanya.

Tidak seperti air minum masak, air minum kemasan tentunya memiliki masa kadaluarsa. Jadi, sebelum Anda membeli dan mengkonsumsinya, sebaiknya cek terlebih dahulu tanggal kadaluarsanya.

Sebab, air yang sudah terlalu lama berada dalam kemasan, kemungkinan kualitas airnya pun sudah menurun dan tidak layak Anda konsumsi lagi.

Oleh karena itu, sebaiknya hindarilah membeli air minum kemasan yang sudah mendekati atau bahkan sudah melewati tanggal kadaluarsa.

4. Perhatikan Warna, Rasa, dan Bau

Perlu Anda ketahui, bahwa air minum yang layak untuk Anda konsumsi adalah air minum yang tidak berwarna, tidak berbau, dan tidak berasa.

Jadi sebaiknya, Anda menghindari air minum yang terlihat keruh, karena bisa jadi air tersebut sudah terkontaminasi oleh kuman atau bahan kimia lainnya yang berbahaya bagi tubuh.

5. Perhatikan Kondisi Air Minum dalam Kemasan

Tips selanjutnya dalam memilih air minum dalam kemasan berkualitas baik adalah dengan selalu memperhatikan kondisi dari kemasan air tersebut.

Pastikan bahwa kemasannya dalam kondisi yang baik, tidak bocor, dan masih tersegel. Kemasan yang rusak menandakan bahwa produk air minum kemasan tersebut sering terpapar suhu panas dalam jangka waktu cukup lama.

Hal inilah yang kemudian membuat kualitas air dan keamanannya tidak lagi terjamin. Untuk itu, sebaiknya Anda memilih produk dengan kemasan yang terbuat dari bahan berkualitas tinggi.

Pada umumnya, air minum kemasan memang terbuat dari bahan plastik sekali pakai. Jadi, Anda tidak boleh menggunakan kemasan tersebut kembali meskipun kondisinya masih baik.

Sudahkah Air Minum dalam Kemasan yang Anda Pilih Aman?

Itulah beberapa informasi yang perlu Anda ketahui mengenai tips memilih air minum dalam kemasan berkualitas baik. Tentunya akan ada banyak sekali manfaat yang bisa Anda dapatkan jika bisa memilih dan mengkonsumsi air minum kemasan berkualitas baik.

Tidak hanya kebutuhan akan hidrasi Anda terpenuhi, kesehatan Anda pun akan terjaga dengan beragam kandungan dalam air kemasan tersebut. Jadi, jangan sampai Anda salah memilih air minum kemasan.