Fungsi Ozone Generator untuk Air Minum dalam Industri Air Mineral!

//
Home » News » Fungsi Ozone Generator untuk Air Minum dalam Industri Air Mineral!

Belakangan ini, pembahasan tentang fungsi ozone generator untuk air minum sedang menjadi pembahasan yang diburu banyak orang. Pasalnya, teknologi ini terbilang mampu meningkatkan sumber daya serta kualitas pada air minum.

Tidak hanya berfungsi menetralisir air mineral dari kandungan zat serta bakteri berbahaya saja. Namun, teknologi ini mampu menyuntikkan ozon ke sumber air mineral tersebut. Selain itu, hal ini membuat air mineral yang mengandung ozon terbilang punya kualitas tinggi dengan manfaat yang sangat baik bagi tubuh.

Apa Itu Zat Ozone?

Sebelum masuk ke pembahasan tentang fungsinya, ada baiknya Anda mengenal terlebih dahulu tentang ozon. Ozon adalah salah satu jenis zat yang terdapat di lapisan stratosfer bumi. Zat ini berfungsi sebagai penyaring serta pelindung bagi bumi dari sinar ultraviolet yang terpancar langsung dari sinar matahari.

Atas dasar tersebut, intensitas dan jumlah sinar ultraviolet yang nantinya akan sampai ke bumi jadi semakin berkurang. Selain itu, zat ini juga berfungsi sebagai lapisan yang bersifat menyerap serta memakan sinar panas matahari. Jadi, saat pancarannya sampai ke bumi, zat ini akan menetralisir panas ultraviolet tersebut .

Seiring berkembangnya teknologi, pemanfaatan zat dari ozon ini juga semakin meningkat. Salah satunya adalah untuk industri air minum dalam kemasan. Dari industri inilah awal mula perkembangan dan kemunculan pemanfaatan ozone generator untuk air minum atau ozone generator for water.

Mesin ini mengusung sebuah konsep pembuatan zat ozon dengan menggunakan metode lucutan plasma dengan tegangan tinggi. Hasilnya, oksigen yang terkandung dalam lapisan ozon tersebut berubah menjadi zat trioxygen atau O3 yang memiliki segudang manfaat bagi kesehatan tubuh manusia.

Cara Kerja Mesin Ozone dalam Industri Air Mineral

Pada pabrik atau depot isi ulang air minum, mesin ini mempunyai beberapa peranan yang sifatnya sangat vital. Selain itu, dengan berbagai rangkaian proses, mesin ozone generator untuk air minum memiliki cara kerja sebagai berikut:

1. Memproses Air

Fungsi pertama dari mesin ini adalah sebagai alat yang sifatnya mampu memproses sumber air menjadi air mineral siap konsumsi. Ketika mesin ini memproses air, generator nantinya akan memproduksi zat ozon dengan sumber aliran listrik bertegangan tinggi.

Saat oksigen tersebut mengalir di antara sudut anoda dan katoda, selanjutnya alat ini juga akan menghasilkan kilatan listrik. Hasilnya, ozon tersebut akan berubah menjadi kandungan trioxygen atau O3. Setelah melewati proses pemecahan reaktor, zat O3 ini akan mengalir dalam bentuk air yang bermanfaat bagi banyak keperluan.

Output ini nantinya akan dimanfaatkan sebagai zat pensteril bagi perlengkapan air minum kemasan. Salah satunya adalah sebagai pembersih botol dari bakteri dan kuman berbahaya yang mungkin saja menempel karena terjadinya proses produksi dan distribusi air mineral tersebut.

2. Membunuh Bakteri pada Sumber Air

Sebelum air dapat orang konsumsi, mesin ozone generator untuk air minum akan mematikan berbagai bakteri dan kuman berbahaya yang terkandung dalam sumber air tersebut. Fungsi ini lah yang membuat mesin ini sangat berperan penting dalam proses produksi industri air mineral dalam kemasan.

Selain itu, proses tersebut terdapat di akhir dari tahapan pengolahan air. Setelah sumber air tersebut melewati serangkaian langkah penjernihan, pada tahap ini, air akan mendapat zat ozon dengan metode venturi dan ejector.

Cara pentransferan zat ozon ke sumber air ini terbukti sangat efektif sekali dengan tingkat keberhasilan yang mencapai 85 sampai 95 persen. Namun, proses tersebut harus Anda lakukan secara cermat dan perlu pengawasan langsung agar tidak terjadi kelebihan zat ozon dalam kandungan air mineral.

Pasalnya, butuh waktu agar bisa memastikan bahwa zat ozon tersebut telah benar-benar bereaksi terhadap bakteri, mikroorganisme. serta bahan kimia yang terkandung dalam air. Setelah itu, hasil dari proses inilah yang biasa orang sebut sebagai air ozon atau ozonated water.

Fungsi dan Manfaat Ozone Generator

Pasti Anda saat ini telah mengetahui cara kerja mesin ozone generator untuk air minum pada industri air mineral dalam kemasan (AMDK). Selanjutnya, Anda akan masuk ke pembahasan tentang keunggulan yang akan Anda dapatkan jika memanfaatkan mesin ozon untuk menghasilkan ozonated water.

Berikut penjelasan selengkapnya:

A. Dapat Menghasilkan Air yang Sangat Bagus untuk kulit

Manfaat pertama dari penggunaan air hasil olahan mesin ozon (ozonated water) adalah bagus untuk perawatan kulit. Dengan rajin mandi menggunakan air ozon akan berdampak baik bagi aktifnya sel kulit.

Selain itu, air ozon ini juga mampu mencegah tumbuhnya jamur pada kulit, mencegah penyakit kulit akibat kuman, serta dapat mengecilkan pori-pori kulit. Bahkan, air hasil pengolahan ozon ini juga sangat berkhasiat bagi kesehatan kulit wajah.

B. Meningkatkan Kualitas Air dan Udara

Manfaat lainnya dari penggunaan mesin ozone generator untuk air minum yang kedua adalah dapat meningkatkan kualitas udara. Untuk menstabilkan kadar oksigen di dalam air maupun yang terdapat di udara, tentu mesin ini dapat melakukan hal tersebut dengan cara meningkatkan kadar ozon dari sumber air.

Selain itu, jika udara yang terdapat di ruangan tercium bau, maka dengan menggunakan mesin ini berfungsi untuk menetralisir bau yang terdapat pada ruangan tersebut agar udaranya jadi lebih berkualitas lagi.

C. Hasil Airnya Mengandung Mineral Tinggi

Mesin ozone generator untuk air minum juga sangat bermanfaat untuk menghasilkan kualitas air mineral yang akan Anda konsumsi nantinya.

Ozonated water memiliki kadar mineral yang tinggi. Jika air mineral yang mengandung zat ozon dengan kadar tinggi, maka kandungan mineral alami yang terdapat pada air mineral tersebut akan meningkat.

Maka dari itu, dengan rajin mengonsumsinya, tentu saja akan sangat bermanfaat untuk kebugaran tubuh. Selain itu, rajin minum air mineral yang mengandung zat ozon juga sangat baik untuk menjaga daya tahan tubuh dan mencegah berbagai macam penyakit.

Bahkan, air mineral ini juga mampu menjaga kualitas cairan tubuh terutama bagi Anda yang memiliki aktivitas luar ruangan dengan intensitas gerak yang tinggi.

D. Menghasilkan Air yang Bisa Membunuh Bakteri dalam Tubuh

Manfaat terakhir dari penggunaan mesin ozone generator untuk air minum adalah untuk menghasilkan air yang dapat membunuh bakteri dalam tubuh.

Ketika Anda mengonsumsi makanan, terkadang Anda tidak mengetahui bakteri apa yang terdapat dalam makanan tersebut. Malahan, mungkin saja Anda jarang memperdulikan hal tersebut.

Namun, jika Anda rajin mengonsumsi air mineral yang mengandung zat ozon, maka bakteri serta jamur yang terkandung dalam makanan tersebut akan terbunuh. Hal ini terjadi karena dalam air mineral yang mengandung ozon terbukti berkhasiat dan ampuh membunuh bakteri dan menetralisir cairan pada tubuh manusia.

Sudah Tahu Sekarang?

Nah, itu dia penjelasan lengkap tentang fungsi atau manfaat mesin ozone generator untuk air minum serta cara kerjanya. Pada dasarnya, air mineral yang mengandung zat ozon sangat baik jika Anda konsumsi setiap hari. Terlebih lagi, untuk menjaga imunitas tubuh Anda agar terhindar dari berbagai penyakit.