Keuntungan Pemakaian Mesin Ozone Generator Untuk Industri Air Minum

//
ozone generator

Industri air minum memerlukan berbagai jenis mesin, seperti mesin filter ultraviolet hingga mesin reverse osmosis sekalipun. Namun pernahkah Anda mendengar perihal mesin ozone generator? Tampaknya dari segi nama, mesin ini sangat berkaitan erat dengan ozon (O3), yang kerap kali dikaitkan dengan selubung lapisan bumi di cakrawala.

Lantas bagaimanakah hubungan antara mesin generator ozon dengan industri air minum? Apa saja manfaat yang bisa didapatkan para pelaku industri air minum, terlebih air minum dalam kemasan (AMDK)? Di bawah ini, kami akan mengupas satu per satu perihal jawabannya, jadi simak ulasan berikut ini hingga selesai ya!

Mengenal Ozone Generator Lebih Dalam

Mesin generator ozon atau ozone (O3) generator adalah jenis mesin yang menghasilkan gas yang mampu bertindak seperti desinfektan bagi air yang ingin disterilisasi. Seperti yang kita ketahui, ozon merupakan sebuah senyawa yang tersusun atas tiga buah molekul oksigen, serta dituliskan dalam simbol O3 dalam rumus kimia.

Secara alami, ozon memang dihasilkan dari proses pencampuran cahaya UV dengan atmosfer bumi pada ketinggian kurang lebih 50 KM di atas permukaan tanah. Lapisan ozon juga biasanya tertumpu di bawah lapisan “Stratosfer” yang berada di ketinggian sekitar 15 – 30 kilometer di atas permukaan bumi.

Walaupun begitu, ternyata ozon memiliki karakteristik fisik yang bisa dilihat dengan mata telanjang. Zat yang juga dikenal sebagai trioxygen ini merupakan molekul anorganik dengan warna biru serta memiliki aroma tersendiri yang cukup khas. Secara alami, ozon memiliki kemampuan untuk mengurai molekul gas yang beracun, sehingga bisa digunakan dalam industri air minum sekalipun.

Fungsi Ozon Generator Untuk Industri

Karena kemampuannya untuk menghambat pertumbuhan bakteri serta virus yang ada di dalam air cukup tingggi, akhirnya ozon digunakan sebagai salah satu bahan sterilizer. Fungsi ozone generator untuk industri ini pun cukup beragam, diantaranya untuk :

  • Menghilangkan segala jenis zat pencemar dalam air
  • Melakukan sterilisasi pada botol sebelum melalui proses packing
  • Bertindak sebagai molekul antiseptik
  • Mencegah pertumbuhan mikroba serta bakteri
  • Memperpanjang umur buah dan sayuran
  • Menghilangkan berbagai bau yang tak sedap dari sebuah ruangan atau media penyimpanan makanan – minuman
  • Mengurai berbagai zat berbahaya yang bisa merusak lingkungan seperti deterjen atau limbah cair dari pabrik
  • Mencegah tumbuhnya lumut di daerah industri yang memiliki tingkat kelembaban tinggi
  • dan lain sebagainya

Pemanfaatan Ozone Generator Untuk Air Minum

Sudah ada banyak sekali industri air minum yang memanfaatkan teknologi ozone generator ini dengan mekanisme tertentu. Dengan memanfaatkan teknologi ozon, proses penyediaan air bersih bisa lebih terjamin, sehingga hasil output air yang telah difilter (disaring) memiliki tingkat keamanan konsumsi lebih tinggi.

Mesin ozone generator memiliki kemampuan untuk mengolah air hingga memiliki tingkat oksigen terlarut lebih banyak. Selain itu fungsi mesin ozone generator untuk air minum yaitu bertindak sebagai penjernih serta mesin sterilisasi air. Tak hanya itu, mesin generator ozon bisa juga digunakan sebagai sarana pengawet air sehingga tidak mudah terkontaminasi.

Mesin ini juga bisa dimanfaatkan oleh selain perusahaan air minum dalam kemasan, seperti digunakan untuk meningkatkan kualitas air dalam genangan alami. Contohnya seperti seperti danau atau tambak yang tercemar. Hal ini dikarenakan mesin generator ozon tidak meninggalkan zat buangan yang berbahaya bagi kesehatan.

Cara Kerja Mesin Ozone Generator

Alat yang sering disebut dengan generator ozon ini bekerja dengan cara mengubah energi listrik menjadi ozone. Garis besar cara kerja ozone generator adalah dengan mengubah oksigen yang memiliki rumus kimia O2 menjadi trioxygen (molekul triple oxygen atau O3). Tidak sembarang mesin bisa berfungsi sebagai pemecah oksigen seperti generator oxygen, sehingga wajar jika harga mesin seperti ini cukup mahal.

Jika diurutkan dari awal, cara kerja mesin generator ozon adalah dengan mengalirkan oksigen (O2) ke sebuah reaktor ozon. Di dalam reaktor ini terjadi proses pemecahan O2 menjadi O3, yang kemudian dialirkan keluar dari mesin untuk menjernihkan air atau melakukan sterilisasi pada barang tertentu.

Air yang dijernihkan serta mengandung ozon ini nantinya disebut dengan air ozon, yang memiliki rasa dan warna tidak jauh berbeda dari air minum biasanya. Paparan ozon dari ozone generator pada air hasil produksi ini akan menghasilkan air minum kemasan yang lebih tahan lama dan awet dalam kondisi apapun.

Keuntungan Menggunakan Mesin Ozone Generator

Mesin generator ozon memiliki harga yang cukup terjangkau, tergantung ukuran dan kapasitas penjernihan airnya. Mesin seperti ini sudah banyak dijual mulai harga Rp 1.000.000 ke atas untuk penggunaan secara individual. Sedangkan untuk pabrik air minum dalam kemasan atau industri air minum lainnya, harganya bisa jauh lebih mahal.

Dengan menggunakan mesin generator ozon, berbagai keuntungan bisa didapat pelaku industri :

  • Air yang diproduksi memiliki kualitas jauh lebih baik, karena mengandung ozon yang molekulnya lebih banyak dari oksigen. Selain itu, kualitas rasa dan warna serta bau air yang dihasilkan tidak jauh berbeda dari biasanya.
  • Air akan lebih awet dan tahan lama, termasuk jika terpapar panas sekalipun.
  • Harga mesin generator ozon untuk industri air minum tidak terlalu mahal, sehingga sangat ekonomis bagi pelaku industri.
  • Proses pengoperasian mesin yang tidak terlalu sulit.
  • Sangat ramah lingkungan dan menghasilkan air yang benar-benar bermanfaat bagi kesehatan.
  • Jenis mesin yang dapat dijumpai dengan mudah di berbagai pabrik produsen mesin khusus air minum.

Apakah Generator Ozon Bisa Berbahaya Dari Segi Kesehatan?

Walaupun ada cukup banyak pihak yang pro dan mendukung penggunaan teknologi ozon untuk proses purifikasi air, pastinya ada juga pihak yang menyatakan jika ada berbagai bahaya ozone generator. Pasalnya banyak orang yang menggunakan air purifier atau pemurni udara dengan teknologi ozon mengalami gangguan pernafasan.

Namun dari segi kesehatan, proses yang dilakukan menggunakan teknologi generator ozon bagi industri air minum tidaklah berbahaya. Bahkan banyak air ozon yang digunakan untuk kepentingan medis. Singkatnya, penggunaan teknologi generator ozon tidak akan buruk bagi kesehatan selama penggunaannya berdasarkan standar yang berlaku.

Gunakan Jasa Pembuatan Mesin Air Minum Dari Tirtamandiri.Com

Jika Anda ingin membeli produk mesin generator ozon, Anda bisa menghubungi pihak PT Tanindo Anugerah Nusantara melalui website www.tirtamandiri.com. Perusahaan kami telah berpengalaman dalam menjalankan bisnis jual beli mesin khusus untuk para pelaku industri air minum. Termasuk mesin generator ozon yang berdampak positif bagi air hasil produksi.

Selain itu, kami juga menyediakan berbagai layanan untuk para pelaku industri ini, seperti pemasangan mesin, melakukan desain denah pabrik / depot air minum, dan lain sebagainya. Dengan bekerjasama melalui jasa konsultasi milik kami, Anda bisa mendirikan pabrik air minum yang terstandarisasi serta layak uji dengan menggunakan berbagai teknologi canggih.

You cannot copy content of this page