Cairan pencuci membrane untuk perawaTan mesin ro

//
Cairan Pencuci Membrane

Dalam industri air minum, mesin reverse osmosis atau yang sering disebut sebagai mesin RO adalah jenis perangkat yang cukup spesial. Mesin ini bisa mengubah air yang kotor dan mengandung substansi berbahaya, menjadi air yang cukup jernih dan bahkan mendekati air murni. Artinya, air tersebut bisa dikonsumsi.

Demi menghilangkan kontaminan atau substansi yang berbahaya, mesin RO atau reverse osmosis selalu bekerja dengan lebih berat. Bahkan tidak jarang mesin RO mengalami penyumbatan pada bagian tertentu karena substansi kasar pada air yang akan disaring. Untuk itu para pemilik mesin RO senantiasa harus merawat mesin RO mereka, terlebih pada bagian membrane (membran)-nya dengan cairan pencuci membrane.

Apa Sih Membran RO Itu?

Pada mesin reverse osmosis, ada berbagai komponen yang harus dirawat secara rutin. Termasuk pada bagian membran-nya. Membran RO adalah sebuah pelindung yang bentuknya seperti selaput cukup tipis dan berada di dalam mesin reverse osmosis. Membran inilah yang nantinya akan digunakan untuk menyaring berbagai kontaminan dalam air.

Seperti debu, kotoran, bakteri, virus, logam berat, hingga zat-zat berbahaya. Jika Anda adalah pelaku industri air minum, pasti sangat paham jika membran reverse osmosis yang ada di mesin RO memiliki fungsi yang cukup vital. Bahkan jika membran ini rusak, maka proses penggantian akan cukup merepotkan.

Membran RO memiliki ukuran yang beragam, serta ketebalan yang beragam. Bahannya pun berbeda-beda, biasanya membran ini terbuat dari bahan semipermeabel (bisa ditembus oleh air, namun tidak bisa ditembus substansi kasar).

Jika ditilik dari harganya, membran RO pun tidak terlalu mahal seperti yang dibayangkan. Beberapa di antaranya justru dipatok harga sekitar sekian ratus ribu rupiah. Namun untuk industri dengan ukuran mesin RO yang lebih besar, tentu saja harga membran-nya akan jauh lebih mahal.

Apa Fungsi Membran RO Yang Sebenarnya?

Membran mesin reverse osmosis memiliki berbagai jenis fungsi, dan bisa digunakan pada berbagai jenis industri yang berhubungan dengan air. Seperti air minum atau penyaringan air untuk kebutuhan lainnya. Berikut ini berbagai fungsi membran RO yang harus Anda ketahui :

  1. Melakukan purifikasi terhadap air minum
  2. Melakukan penyaringan terhadap senyawa karbon aktif dan logam berat erukuran kecil pada air
  3. Bisa membuat air terasa lebih lembut karena mampu melakukan pertukaran ion
  4. Bisa menghilangkan kandungan mineral yang cukup pekat pada air, sehingga air lebih ringan dan jernih
  5. Bisa menyaring kadar besi dalam air, sehingga rasa dari air bisa benar-benar murni

Mengapa Membran RO Perlu Dicuci Secara Rutin?

Seperti yang kita ketahui, mesin reverse osmosis bekerja dengan cara mengeliminasi kontaminan berat dan yang berbahaya bagi kesehatan pada air yang disaring. Membran reverse osmosis berfungsi sebagai penyaring sekaligus pembatas pada mesin RO antara air yang kotor dengan air yang sudah steril.

Sebagai sarana menyaring zat serta kontaminan yang berbahaya, ada kalanya membran RO mengalami mampet karena terlalu banyak kotoran yang disaring. Kondisi mampet pada bagian membran bisa mengakibatkan proses filtrasi terhambat. Akibatnya, laju penyaringan menjadi lebih lama. Dan akibat yang lebih parah adalah membran RO bisa rusak.

Bagaimana Cara Mencuci Membran RO?

Cara yang bisa dilakukan untuk membersihkan membran mesin reverse osmosis adalah dengan cara mencucinya. Ada dua teknik pencucian membran RO yang biasanya dimanfaatkan oleh pelaku industri air minum, diantaranya adalah :

1. Dengan sistem terbuka

Melalui sistem terbuka, Anda bisa mengambil membran RO dan membersihkannya di luar mesin reverse osmosis. Pada proses ini, Anda bisa menggunakan membrane cleaner yaitu berupa TAL-3610. Cairan tersebut adalah cairan pencuci membrane khusus yang bisa dibeli di toko online, dan berfungsi untuk membersihkan membrane RO secara menyeluruh.

Setelah direndam menggunakan cairan TAL-3610, membran bisa diberi perlakuan sirkulasi menggunakan sebuah pompa. Setelah itu Anda bisa membilas bersih membran menggunakan air steril. Lalu Anda harus mengulangi langkah pencucian membran tersebut dari awal, namun dengan substansi pembersih yang berbeda, yaitu TAH-3600.

2. Dengan sistem tertutup

Cara mencuci membran reverse osmosis dengan sistem terbuka memang cukup mudah, akan tetapi akan sulit jika ukuran membran yang akan dibersihkan terlalu besar. Anda harus memanggil jasa pembersih membran RO untuk melakukan pembersihan membran dengan sistem tertutup.

Dalam kata lain, proses pembersihan dilakukan di dalam suatu housing reverse osmosis, tempat dimana berbagai proses perawatan dan perbaikan mesin RO dilakukan. Dan memang, sistem tertutup yang digunakan untuk mencuci membran RO ini diperuntukkan bagi membran yang berkapasitas sekitar lebih dari 2.000 gallon per day.

Jeni Produk Cairan Pencuci Membrane RO

Dari penjelasan di atas, bisa kita ketahui jika cairan pencuci membrane sangat dibutuhkan di industri filtrasi air. Dua jenis produk yang biasanya digunakan adalah TAL-3610 dan TAH-3600. Mari kita bahas satu persatu!

1. Cairan TAL-3610

TAL-3610 adalah suatu zat yang biasanya digunakan untuk mencuci membran RO dengan sistem terbuka pada tahap pertama. Zat yang satu ini memiliki fungsi untuk membersihkan membran ultra filtrasi dengan cara melepaskan zat fouling serta sisi membran. Harga cairan TAL-3610 yang cukup terjangkau menjadikannya sebagai salah satu pembersih membran RO yang sangat diminati.

2. Cairan TAH-3600

Cairan TAH-3600 adalah zat yang digunakan pada proses pembersihan membran RO pada tahap kedua. Fungsi dari cairan yang satu ini adalah untuk merontokkan kotoran yang menempel pada membran RO dengan lebih bersih. TAH-3600 bisa dengan mudah Anda temukan di toko-toko yang menjual berbagai peralatan yang berkaitan dengan mesn reverse osmosis.

Kedua jenis cairan tersebut adalah yang paling banyak digunakan untuk membersihkan membran RO, dan membuat proses pembersihan berlangsung sempurna. Setelah dibersihkan dengan kedua jenis cairan tersebut, membran akan kembali steril dan terbebas dari berbagai jenis kotoran yang melekat. Membran pun siap untuk kembali dipasang dan dioperasikan.

Tips Dalam Melakukan Pencucian Membran RO

Dalam melakukan wash off membran reverse osmosis, ada berbagai hal yang perlu Anda ketahui. Berikut ini tips mencuci membran RO yang perlu Anda ketahui sejak dini :

  1. Proses melepaskan membran RO maupun memasangnya kembali ke dalam mesin reverse osmosis harus dilakukan secara ekstra hati-hati.
  2. Pilihlah merek cairan pencuci membrane RO terbaik agar nantinya membran bisa lebih awet dan tahan lama. Karena bagaimanapun juga, proses pencucian dengan cairan kimia yang tidak cocok dengan membran akan menyebabkan kerusakan dini.
  3. Lakukan proses pencucian membran RO secara berkala, tidak terlalu jarang dan tidak terlalu sering. Sehingga nantinya kotoran yang menempel pada membran tidak terlalu padat dan mudah dibersihkan.

Kesimpulan

Itulah berbagai hal yang perlu Anda ketahui mengenai cairan pencuci membrane serta berbagai hal mengenai membran RO secara keseluruhan. Dengan melakukan proses pencucian membran RO secara berkala dengan cairan pencuci yang tepat, proses filtrasi air minum bisa berlangsung paripurna dan mesin RO akan memiliki umur lebih panjang. Semoga bermanfaat!

Cairan Pencuci Membrane

You cannot copy content of this page