Bahaya Air Limbah dan Cara Aman Untuk Menanggulanginya

//
Home » News » Bahaya Air Limbah dan Cara Aman Untuk Menanggulanginya

Salah satu polutan yang saat ini banyak berpartisipasi mencemari bumi adalah air limbah. Air limbah mengacu pada air kotor yang sudah tidak layak lagi untuk dipakai, dan biasanya berasal dari pemukiman rumah tangga, rumah sakit, pabrik, serta berbagai bangunan lainnya yang menggunakan air pada fasilitasnya. Ketika Anda selesai menggunakan keran untuk mencuci dan menyiram toilet, air bekas yang sudah digunakan tersebut pada akhirnya akan berubah menjadi air limbah.

Nah, yang dikhawatirkan adalah keberadaan air limbah ini terus bertambah setiap harinya. Padahal air limbah memiliki efek yang sangat berbahaya bagi lingkungan di sekitarnya, termasuk juga bagi mahkluk hidup yang ikut terdampak olehnya.

Apa Sajakah Bahaya Air Limbah?

Air limbah yang langsung dibuang ke alam tanpa melalui proses pengolahan dapat menyebabkan pencemaran yang luas. Pencemaran ini tentu saja akan memberikan banyak sekali dampak negatif bagi bumi dan seluruh penghuninya. Berikut ini merupakan beberapa bahaya yang ditimbulkan air limbah terhadap lingkungan kita

  1. Kontaminasi Air dan Habitat

Efek negatif yang paling terlihat dari air limbah terhadap lingkungan adalah kontaminasi dan perusakan pada habitat alami. Hal ini membuat hidup banyak satwa liar jadi terancam bahaya karena harus terekspos oleh bahan kimia beracun yang terkandung pada aliran dan sumber air yang ada di tempat tinggal mereka.

  1. Mengancam Banyak Jiwa

Menyebut air limbah sebagai sumber kesengsaraan bukanlah hal yang dianggap berlebihan. Faktanya, air limbah adalah salah satu pembawa sumber penyakit terburuk yang ada di muka bumi. Menurut laporan dari WHO, lebih dari 3,4 juta meninggal setiap tahunnya karena penyakit yang ditularkan melalui air.

  1. Mengeluarkan Gas Beracun

Ada banyak kandungan berbahaya yang terdapat pada air limbah, mulai dari kotoran manusia, campuran produk berbahan kimia, hingga lumpur kotor sisa industri. Selain mengandung banyak kuman dan bakteri yang bisa menjadi sumber penyakit, air limbah biasanya menghasilkan gas berbau busuk yang dapat membahayakan orang-orang yang terpapar olehnya.

  1. Merusak Unsur Tanah

Air limbah terkadang diolah dan digunakan kembali untuk sistem irigasi. Namun sayangnya, pengolahan yang dilakukan tidak sepenuhnya efektif sehingga kandungan bahan kimia berbahaya yang ada di dalamnya dapat merusak unsur tanah dan kualitas tanaman yang dihasilkan. Terlebih lagi, jika hasil tanaman nantinya untuk dimakan oleh manusia, tentu hal ini juga akan berdampak bagi mereka yang mengkonsumsinya.

Baca Juga: Mengenal Jenis – Jenis Limbah

Bagaimanakah Cara Aman Menanggulangi Air Limbah?

Meski tidak bisa dimusnahkan sepenuhnya, namun ada beberapa cara aman yang bisa dilakukan untuk menanggulangi air limbah dan mengurangi dampaknya terhadap lingkungan kita.

  1. Mengurangi Penggunaan Air

Semakin sedikit air yang kita gunakan, maka akan semakin sedikit pula air limbah yang kita hasilkan. Beberapa cara sederhana yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi penggunaan air yang tidak perlu di antaranya adalah dengan memperbaiki saluran pipa yang bocor, mengurangi waktu mandi, dan menghentikan kebiasaan mencuci yang boros.

  1. Meminimalisir Polusi Air

Salah satu faktor lain yang membuat air limbah menjadi lebih berbahaya adalah kandungan dari campuran bahan kimia, makanan sisa, dan kotoran manusia yang ada di dalamnya. Namun Anda  bisa menyiasati hal ini dengan mengganti produk rumah tangga yang Anda gunakan menjadi produk ramah lingkungan yang rendah fosfor, guna mengurangi kadar fosfat di dalam air limbah.

  1. Menggunakan Teknologi IPAL

IPAL adalah kepanjangan dari Instalasi Pengolahan Air Limbah, yaitu teknologi yang merujuk pada seperangkat struktur canggih yang berfungsi untuk mengolah air limbah. Air limbah yang sudah diolah ini nantinya bisa digunakan lagi untuk aktivitas lain atau dikembalikan ke alam dalam wujud yang lebih aman dan bebas kandungan berbahaya.

Hampir sebagian besar air limbah yang kita gunakan biasanya akan berakhir di sumber mata air yang ada di alam. Membiarkannya dibuang begitu saja tanpa melewati proses pengolahan yang benar dapat menyebabkan wabah penyakit dan merusak eksosistem alam serta keberlangsungan hidup mahkluk-mahkluk yang ada di sekitarnya. Oleh karena itu, demi menjaga kelestarian bumi, penting untuk selalu memastikan air limbah sudah melewati proses pengolahan yang sesuai sebelum dikembalikan ke alam.