Instalasi Pengolahan Air Limbah Sederhana untuk Cegah Pencemaran!

//
Home » News » Instalasi Pengolahan Air Limbah Sederhana untuk Cegah Pencemaran!

Instalasi pengolahan air limbah sederhana memang menjadi solusi terbaik untuk menjaga lingkungan dengan budget yang lebih kecil. Walaupun terbilang sederhana, namun perlu kesadaran bersama untuk meningkatkan efisiensi pengolahan air bersih demi generasi penerus bangsa.

Namun tahukah Anda apa itu instalasi pengolahan air limbah (IPAL)? Bagaimana penerapannya? Kenapa IPAL harus menjadi kesadaran bersama? Simak artikel ini untuk dapatkan informasi lengkap mengenai IPAL.

Apa Itu Instalasi Pengolahan Air Limbah Sederhana?

Pada dasarnya IPAL adalah sistem yang tercipta untuk mengolah air limbah secara bijak, tujuannya agar tidak terbuang atau mencemari lingkungan.

Secara teori, yang termasuk air limbah adalah sisa produksi berupa cairan biologis dan kimia, yang memiliki kandungan berbahaya bagi lingkungan.

Bahkan beberapa air limbah juga dapat dikategorikan sebagai B3 (Bahan Berbahaya Beracun), yang bisa merusak ekosistem serta membahayakan bagi warga sekitar lingkungan terdampak. Dari tingkat urgensi tersebut, pengolahan air limbah baik dari pabrikan industri hingga produksi rumahan harus diolah dengan bijak.

Saking berbahayanya dampak yang dapat disebabkan oleh air limbah, maka setidaknya perlu penanganan, pengolahan, metode pembuangan khusus untuk berbagai jenis limbah yang ada. Salah satunya adalah dengan membuat instalasi pengolahan air limbah sederhana.

IPAL sendiri sudah semestinya mendapatkan perhatian khusus. Tidak hanya dari pabrik atau industri saja, namun juga dari pemerintah, seluruh sektor kehidupan, serta masyarakat.

Karena dampak yang mungkin timbul tidak selalu berefek langsung, namun bisa saja berubah menjadi efek jangka panjang yang berisiko merusak alam yang Anda tinggali.

Bahkan jika terbuang tanpa penanganan khusus, alam yang tercemar tidak akan bisa menopang tugasnya dan akan berujung menjadi bencana. Oleh sebab itu, seluruh aspek harus bekerja sama untuk mewujudkan lingkungan yang sehat melalui kesadaran terhadap kondisi lingkungan.

Opini tentang masyarakat tidak harus ikut mengolah limbah juga harus terhapuskan. Hal tersebut harus terwujud karena menurut data dampak terbesar pencemaran lingkungan terjadi karena limbah cair rumah tangga. Jadi penerapan Instalasi pengolahan air limbah sederhana memang harus terwujud mulai dari segmen terkecil.

Regulasi Pemerintah Terkait IPAL

Demi melindungi kondisi lingkungan tetap dalam kondisi prima, pemerintahan ikut serta mengambil perannya dengan memberlakukan beberapa regulasi terkait IPAL. Tepatnya, pemerintahan menetapkan peraturan tentang pengendalian pencemaran dan atau perusakan laut pada PP nomor 19 yang disahkan tahun 1999.

Aturan IPAL jelas terangkum pada beberapa pasal yakni pasal 8, 9, 10, 12 dan juga 13. Hal tersebut dimaksudkan untuk menekan angka pencemaran lingkungan oleh industri, pertanian, perkotaan, maupun rumah tangga.

Selain regulasi tersebut, pemerintah juga memberlakukan beberapa peraturan khusus terkait pengolahan beberapa jenis limbah, mulai dari:

  • Pertama ada LH Nomor 51 tahun 1995 dan LH Nomor 5 tahun 2014 yang mengatur limbah mutu industri.
  • Kemudian ada PP Nomor 101 tahun 2014 terkait Limbah padat B3.
  • Lalu ada LH nomor 68 yang disahkan tahun 2016 membahas tentang limbah domestik.
  • UU Nomor 32 yang sah tahun 2009 yang membahas perlindungan lingkungan.
  • Serta produce water – oil dan gas yang tertuang dalam LH nomor 19 yang terbit pada tahun 2010 silam.

Fungsi Instalasi Pengolahan Air Limbah Sederhana

Pada dasarnya IPAL adalah salah satu upaya yang bisa manusia lakukan untuk menyelamatkan bumi dari pencemaran lingkungan. Sistem ini harus terealisasi pada seluruh kalangan termasuk pada rumah tangga sebagai segmen terkecil yang dapat menghasilkan limbah.

IPAL sendiri memiliki banyak fungsi, berikut beberapa fungsi IPAL yang bisa Anda rasakan:

1. Menjaga Lingkungan dari Dampak Buruk Pencemaran

Sudah menjadi rahasia umum jika limbah air sangat berbahaya bagi lingkungan. Dengan lingkungan yang tercemar pastinya akan mengancam umat manusia. Oleh karena itu, segala jenis limbah cair tidak bisa asal dibuang ke tempat pembuangan. Harus ada penanganan khusus terutama pada beberapa jenis limbah.

2. Instalasi Pengolahan Air Limbah Sederhana Menetralisir Kontaminan

Beberapa jenis limbah memiliki potensi untuk merusak lingkungan, terutama limbah yang memiliki potensi beracun dan berbahaya. Contohnya adalah beberapa limbah industri dan kimia. Saking berbahayanya, jika sampai terkontaminasi dengan air, tidak hanya berimbas pada pencemaran, namun dapat menyebabkan kepunahan ekosistem.

3. Membantu Menekan Biaya Pengeluaran

Karena memiliki sistem yang sederhana, pastinya IPAL sederhana butuh dana yang lebih sedikit dari produk unggulan. Walaupun memiliki harga yang relatif lebih murah, namun layaknya IPAL konvensional, fungsinya masih sama. Dan yang pasti, terkait performa IPAL sederhana masih bisa bersaing pada beberapa kelebihan lainnya.

4. Meningkatkan Kualitas Produk Alam

Jika air terawat dan terhindar dari kontaminasi limbah, panen dari seluruh hasil alam baik flora dan fauna akan menjadi lebih baik. Hal ini mungkin terjadi karena asupan air bersih yang diterima flora dan fauna membuatnya lebih sehat dan tidak gampang stres.

5. Mencegah Kepunahan dan Kelangkaan

Banyak kasus mengenai pembuangan limbah ke laut yang berimbas pada punah dan langkanya beberapa jenis flora dan fauna. Dengan kelestarian flora dan fauna, anak cucu Anda semua akan bisa menikmati keindahan dan keunikan makhluk hidup pada zamannya kelak.

Contoh Pembuatan Instalasi Pengolahan Air Limbah Sederhana

Jika Anda pernah melihat beberapa produk IPAL untuk pabrik maupun alat pemurni air, pastinya Anda juga tahu harga alat tersebut pastinya tidak murah. Hal ini lah yang membuat banyak orang malas untuk menerapkan IPAL untuk produksi limbah rumah tangganya.

Namun untungnya, Anda bisa menerapkan pengalikasian instalasi pengolahan air limbah sederhana yang bisa Anda terapkan di rumah dengan modal yang relatif lebih kecil. Caranya cukup mudah, bahkan Anda bisa coba ini di rumah:

A. Menghitung Jumlah Produksi Limbah

Sebelum membuat IPAL di rumah, Anda harus tahu berapa besaran rata-rata produksi limbah tiap harinya. Hal ini berfungsi untuk membuat besaran alat pengolahan limbah yang dapat menampung dan mengolah produksi limbah Anda.

Perkiraan produksi limbah untuk tiap rumah tangga tergantung jumlah orang di dalamnya. Namun perkiraan produksi limbah cair untuk mandi dan cuci adalah sekitar 100 liter sampai dengan 150 liter per hari.

Dari perhitungan tersebut kemudian Anda bisa mencari ¾ dari total hitung yang akan menjadi kapasitas minimum dari alat pemurni air yang akan Anda buat. Hal ini tentunya menggunakan asumsi bahwa air terkontaminan terbuang secara bertahap dan tidak sekaligus.

B. Membuat Galian atau Wadah IPAL

Langkah kedua, Anda bisa membuat galian atau wadah untuk IPAL tersebut. Untuk penampung, Anda bebas menggunakan bahan yang kedap air. Hal ini sebenarnya cukup mudah dilakukan jika Anda sudah tahu dasarnya.

C. Pembuatan Sekat Aliran Air Terkontaminan

Langkah selanjutnya adalah membuat sekat dengan sedikit jalur air. Pada masing-masing sekat, Anda akan menaruh bahan pemurni air yang berfungsi untuk menyaring air.

Konsepnya yaitu air pembuangan akan melewati sekat pertama yang berisi tampungan air, lalu menuju sekat kedua yang berisi pasir sebagai penyaringan pertama. Pada sekat ketiga Anda bisa menambahkan batu koral sebagai filter lanjutan.

Pada sekat berikutnya bisa Anda isi arang batok kelapa (charcoal) yang akan mengikat bakteri dan kotoran kecil. Yang terakhir bisa Anda tambahkan ijuk sebelum nantinya dibuang ke tanah serapan ataupun saluran pembuangan yang menuju sungai.

Tertarik Membuat Instalasi Pengolahan Air Limbah Sederhana?

Dari penjelasan tersebut dapat Anda simpulkan bahwa menjaga lingkungan adalah kepentingan bersama. Salah satu bentuk kepedulian Anda pada lingkungan adalah membuat instalasi pengolahan air limbah sederhana sendiri untuk rumah tangga. Dengan menjaga alam, tentunya alam akan ikut menjaga Anda.