Jenis-Jenis Mesin Produksi Air Mineral Kemasan dan Proses Produksinya

//
Home » News » Jenis-Jenis Mesin Produksi Air Mineral Kemasan dan Proses Produksinya

Seiring perkembangan zaman, mesin produksi air mineral terus mengalami inovasi untuk bisa terus memproduksi air minum kemasan yang sehat dan layak konsumsi. Seperti yang Anda ketahui, saat ini sudah banyak sekali bermunculan merek-merek air minum kemasan yang sangat populer di pasaran.

Bahkan, beberapa merek air minum kemasan ini juga sudah sangat terkenal hingga ke pasar internasional. Lantas bagaimana cara kerja dari mesin produksi air mineral untuk memproduksi air minum kemasan? Mari bahas bersama dalam artikel ini agar lebih paham.

Apa Itu Mesin Produksi Air Mineral?

Mesin Pembuatan Air Minum (termasuk mesin RO) adalah alat yang bisa melakukan pengelolaan air bersih menjadi air kemasan dalam bisnis air minum.

Kebutuhan terhadap air minum saat ini terbilang sangat besar, sehingga membuat banyak orang yang akhirnya tertarik untuk menjadikan air minum kemasan ini sebagai salah satu peluang bisnis.

Selain itu, pesaing bisnis air minum kemasan juga masih terbilang minim.

Jenis-Jenis Mesin Produksi Air Mineral

Berikut adalah jenis-jenis mesin pembuatan air minum kemasan yang wajib Anda ketahui. Simak penjelasan lengkapnya:

1. Water Treatment

Mesin water treatment merupakan mesin yang digunakan dalam pengolahan air. Pada tahap ini, sistem produksi air minum dalam kemasan akan mengalami proses pengolahan dengan berbagai macam teknis. Teknis ini berguna untuk menghilangkan kotoran, sehingga air minum kemasan menjadi lebih berkualitas.

Tak hanya dari segi pengolahan fisik saja, pengolahan kimia guna menjernihkan air, serta pengolahan bakteriologis untuk memusnahkan bakteri dapat Anda lakukan dalam mesin ini.

Jadi, sudah pasti bahwa mesin water treatment ini telah memiliki serangkaian sistem yang aman dan lengkap. Hal tersebut yang membuat air dapat Anda konsumsi karena telah sesuai prosedur dan ketentuan dari pihak Dinas Kesehatan Republik Indonesia.

2. Packaging

Jenis mesin produksi air mineral yang kedua yaitu mesin packaging atau pengemasan. Secara garis besar, pengemasan air minum kemasan bisa Anda sesuaikan dengan jenis produk yang nantinya akan Anda hasilkan dari bisnis air minum kemasan ini.

Beberapa jenis kemasan yang sering digunakan berupa gelas, galon, botol, atau mungkin Anda juga bisa memproduksi ketiganya. Selain itu, hal yang perlu Anda perhatikan saat memilih alat packing ini adalah Anda wajib memperhatikan kualitas dari bahan pengemasan tersebut.

Cara pengoperasian mesin packaging di berbagai bisnis air minum kemasan juga berbeda-beda. Jadi, Anda bisa memilih jenis mesin yang sekiranya cocok, sesuai, dan mudah untuk Anda gunakan.

3. Cup Sealer

Cup sealer otomatis merupakan jenis mesin produksi air mineral yang berfungsi untuk menyesuaikan ukuran kemasan dari produk air minum tersebut. Jenis mesin ini adalah jenis pengemas yang lebih memiliki potensi penjualan yang tinggi di pasaran jika Anda bandingkan dengan jenis mesin packaging lainnya.

Selain itu, cup sealer juga tidak hanya bisa Anda gunakan untuk bisnis air mineral saja, akan tetapi mesin ini juga bisa Anda gunakan untuk berbagai jenis minuman kemasan lain seperti teh, kopi, atau minuman lainnya.

Kapasitas dari mesin ini juga sangat beragam. Anda bisa memilih tipe dan mesin cup sealer yang sesuai dengan penggunaannya. Pada umumnya, isi kapasitas cup sealer ini terbagi menjadi 2, 4, 6, 8, sampai 16 line. Sebagai gambaran bagi Anda, mesin dengan 2 line mampu menghasilkan 1500 gelas air kemasan setiap jamnya.

4. Washing, Filling, dan Capping Mesin

Washing, filling, dan capping machine adalah mesin produksi air mineral yang proses produksinya menggunakan jenis botol kemasan. Kemudian, kemasan tersebut memiliki ragam ukuran yang bervariasi, seperti 260, 330, 600, dan juga 1500 ml.

Mesin ini memiliki fungsi utama untuk memasukkan air minum ke dalam botol serta memastikannya supaya tidak terjadi kelebihan muatan, tumpah, dan kerusakan produk.

5. Mesin Label

Sesuai dengan namanya, alat label kemasan ini adalah mesin produksi air mineral yang berfungsi tidak hanya untuk mengemas air dalam kemasan botol saja. Namun, mesin ini juga akan menempelkan label produk dan brand pada kemasan botol serta membedakan jenis air sesuai dengan cara produksi.

Jenis mesin ini biasanya mempunyai fungsi khusus untuk industri yang memproduksi minuman kemasan secara besar-besaran dan relatif jarang dipergunakan oleh industri kecil.

Pasalnya, harga mesin label kemasan ini terhitung cukup mahal. Selain itu, minimal produksinya harus tercapai sekitar 100 botol per hari.

Tahapan Produksi Air Mineral

Setelah mengetahui tentang jenis mesin produksi air mineral kemasan, berikut adalah tahapan proses produksi air minum dalam kemasan yang wajib Anda ketahui. Simak penjelasannya:

A. Proses Treatment

Tahap ini adalah proses pembersihan air dari segala jenis kotoran dan bakteri yang terkandung dari sumber air tersebut. Biasanya, pada proses ini memakan waktu yang cukup lama agar bisa menghasilkan air minum kemasan dengan kualitas terbaik.

Untuk bisa melewati proses ini, maka sumber air tersebut harus Anda masukkan ke dalam mesin water treatment. Nantinya, mesin ini yang akan mengelola masukan air secara otomatis dan membersihkan bakteri yang terkandung dalam sumber tersebut.

Hasilnya, maka sumber air tadi akan jadi lebih bersih serta menghasilkan air minum kemasan yang layak konsumsi.

B. Tahapan Uji Klinis

Tahapan kedua dalam proses pengelolaan dari mesin produksi air mineral kemasan adalah tahapan uji klinis. Pada tahapan ini, air minum kemasan memang sudah bisa Anda konsumsi.

Namun, Anda juga perlu melakukan uji klinis untuk memastikan kandungan yang terdapat dalam air minum tersebut terjamin keamanannya dan siap konsumsi.

Selain itu, tahapan ini juga berfungsi untuk mengetahui kadar pH yang terkandung dalam air, dan juga menguji kadar mineral yang terkandung di dalamnya.

C. Pengemasan dan Penempelan Logo Produk

Setelah melewati tahapan treatment dan uji klinis air minum, proses selanjutnya adalah air minum tersebut akan masuk ke tahap pengemasan dan penempelan logo produk.

Dalam beberapa perusahaan besar yang menggunakan mesin pengemasan modern, proses ini bisa terlaksana dengan prosedur otomatis.

Anda mungkin bisa menerapkan sistem pengemasan dan penempelan logo otomatis jika dalam bisnis air minum kemasan Anda menggunakan mesin produksi air mineral yang berteknologi tinggi. Namun tentu saja harga mesin tersebut relatif mahal untuk ukuran bisnis pemula berskala kecil.

Jika seluruh proses telah terlaksana sesuai dengan prosedurnya, maka air minum kemasan tersebut sudah layak untuk Anda jual dan konsumsi. Jadi, pastikan kualitas terbaik ada dalam air minuman kemasan yang akan Anda produksi ini.

Sudah Tahu Proses Pembuatan Air Minum Kemasan?

Nah, itu dia penjelasan lengkap tentang mesin produksi air mineral beserta dengan tahapan proses produksinya. Secara garis besar, jika Anda ingin memulai bisnis air minum kemasan, ada baiknya Anda memilih mesin berteknologi tinggi. Selain itu, pertimbangkan juga kualitas sumber air yang nantinya akan Anda gunakan.