Pengolahan Air Dengan Reverse Osmosis

//
Home » News » Pengolahan Air Dengan Reverse Osmosis
Pengolahan Air minum

Air bersih merupakan kebutuhan pokok setiap manusia, yang harus tersedia dalam jumlah banyak karena digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Sedangkan pada kenyataannya, tidak semua wilayah di Indonesia memiliki pasokan air bersih yang mencukupi.

Sehingga solusinya, air yang ada di lingkungan sekitar dikonversi menjadi air bersih yang layak konsumsi dan higienis. Tentunya, proses konversi ini bisa dilakukan dengan mesin filtrasi khusus seperti halnya mesin reverse osmosis.

Mesin Reverse Osmosis Sebagai Solusi Air Bersih

Di dunia industri pengolahan air minum, mesin yang cukup banyak digunakan adalah mesin reverse osmosis (RO). Jenis mesin yang satu ini memang sangat diandalkan karena memiliki performa sangat baik ketika melakukan filtrasi air. Dengan teknologi yang selalu disempurnakan dari waktu ke waktu, mesin RO bisa menjadi solusi air bersih di daerah yang kekurangan air.

Jenis mesin ini sudah sangat banyak dijual di pasaran, mulai dari yang berukuran kecil hingga besar. Dan bisa dipakai oleh berbagai pihak, seperti individu hingga pelaku usaha industri air minum. Harga mesin reverse osmosis pun juga cukup terjangkau, sehingga sangat banyak dipakai oleh pelaku rumah tangga.

Berbagai Komponen Penting Dari Mesin RO

Mesin reverse osmosis memiliki proses instalasi yang cukup rumit karena komponennya yang cukup banyak. Hal ini dikarenakan mesin ini dirancang sesempurna mungkin agar bisa memproduksi air yang higienis dan layak konsumsi. Berikut ini berbagai komponen penting mesin RO yang perlu Anda tahu :

  1. Tangki air (pra / pasca produksi) : fungsinya untuk menampung air ketika sebelum dan sesudah difiltrasi oleh mesin RO. Tersedia dalam kapasitas 1.000 – 5.000 L.
  2. Sand Filter : fungsinya untuk tempat penyaringan tahap pertama air yang masih mengandung kontaminan berbahaya.
  3. Carbon Active Filter : fungsinya untuk menyaring berbagai kontaminan yang lebih kecil, terutama klorin.
  4. Water Softener Filter : fungsinya adalah untuk menyaring serta menormalkan air sadah.
  5. Sediment Filter : fungsinya sebagai penyaring tahap lanjutan, tersedia dalam ukuran 0.5 dan 0.1 mikron (keduanya terdapat pada satu mesin sekaligus).
  6. Membrane RO : fungsinya untuk memurnikan air hingga benar-benar tidak mengandung kontaminan berbahaya sekalipun.
  7. Quality Adjuster : fungsinya untuk memastikan jika kualitas air benar-benar layak konsumsi atau tidak.

Berbagai komponen penting mesin reverse osmosis tersebut ada di setiap mesin RO dan tidak boleh dikecualikan satu pun. Anda bisa mendapatkan mesin reverse osmosis terbaik dengan memesannya di PT Tanindo Anugerah Nusantara melalui website www.tirtamandiri.com.

Sistem Kerja Mesin RO Untuk Menormalkan Air

Mesin RO bekerja dengan cara menyaring berbagai kontaminan berukuran besar maupun kecil yang dimasukkan dari tangki pra produksi. Setelah itu, air akan melalui berbagai tahap penyaringan, dengan bagian penyaring inti yang berupa membran RO. Ukuran membran yang sangat kecil membuat kontaminan air tersebut tidak bisa menembus bagian tangki yang berisi air bersih dan higienis.

Mesin ini bekerja dengan memberi tekanan yang berbeda pada salah satu sisi tangki, agar nantinya air bisa melewati membran semi permeabel untuk memisahkan kontaminan. Sehingga air yang diproduksi mesin RO sudah dipastikan sebagai air yang berkualitas dan layak konsumsi. Terlebih ada fitur quality adjustment dan final polishing yang membuat air memiliki kualitas yang sangat baik.

Hasil Akhir Air Yang Difiltrasi Dengan Mesin RO

Mungkin ada beberapa orang yang kurang percaya jika mesin RO benar-benar bisa menghasilkan air yang berkualitas dan higienis. Tapi pada kenyataannya, jenis mesin ini bisa mengubah berbagai jenis air yang “tak normal” menjadi aman untuk dikonsumsi. Contohnya seperti air laut, air payau, air sadah, hingga air limbah sekalipun.

Mesin RO bisa menghilangkan berbagai bakteri serta virus yang terkandung di dalam air pra produksi dengan sempurna. Tak hanya itu, mesin ini juga bisa memastikan air hasil produksi tidak memiliki kontaminan logam atau bahan kimia berbahaya sekalipun. Inilah mengapa pemilik depot air minum dan perusahaan air minum dalam kemasan (AMDK) menggunakan mesin RO di dapur produksi mereka.

Dapatkan Mesin RO Terbaik Anda Di PT Tanindo Anugerah Nusantara

Setelah membaca berbagai uraian yang telah kami berikan di atas, pastinya Anda semakin berhasrat untuk menggunakan mesin RO, bukan? Penting sekali bagi Anda memilih perusahaan penjual mesin RO agar nantinya kualitas air yang dihasilkan juga semakin baik.

Bagi Anda yang merupakan perseorangan dan ingin membeli mesin RO berkualitas dalam berbagai ukuran, pastikan Anda membelinya di website www.tirtamandiri.com (PT Tanindo Anugerah Nusantara). Kami merupakan produsen mesin reverse osmosis berkualitas yang menyediakan pelayanan terbaik bagi para klien.

Dengan investasi minimal Rp 1.300.000, Anda bisa membeli mesin RO pada perusahaan kami nantinya. Tentu saja, setelah Anda membeli mesin, kami akan melakukan serangkaian layanan purna jual kapanpun Anda butuhkan. Sehingga nantinya Anda bisa mendapatkan air berkualitas dari hasil filtrasi mesin RO yang kami jual.