5 Kelebihan Filter Air RO untuk Standar Kebersihan Air Minum

//
Home » News » 5 Kelebihan Filter Air RO untuk Standar Kebersihan Air Minum

Dalam berumah tangga, hal krusial yang perlu Anda analisis adalah faktor kebersihan air minum. Hal ini akan berefek panjang untuk kesehatan dan kenyamanan keluarga.

Filter air merupakan sebuah alat yang dapat membantu manusia untuk mendapatkan air bersih. Adapun di dalam filter ini terdapat teknologi yang dapat membantu mengolah air untuk mendapatkan air yang berkualitas. Teknologi tersebut yaitu RO atau reverse osmosis.

Untuk meningkatkan pengolahan air bersih, Anda dapat menggunakan Filter Air RO tersebut, simak penjelasannya dibawah ini.

Pengertian Filter Air RO

Air mineral RO adalah hasil air yang sudah terproses menggunakan mesin reverse otomatis (Mesin RO). Teknik Reverse Osmosis ini adalah teknik pemisahan unsur konsentrasi pada air dengan cara yang alami.

Kedua unsur konsentrasi yang ada pada air ini nantinya akan terpisah menggunakan membrane semipermeable.

Laju pertumbuhan masyarakat di Indonesia cukup pesat, sehingga menyebabkan banyak permasalahan akses air bersih yang seharusnya menjadi hak setiap orang.

Berdasarkan data BPS (Badan Pusat Statistik), ada sekitar 92% masyarakat Jakarta yang mampu mengakses air minum bersih. Namun, pada 2017, kalkulasi ini menurun sampai angka 88%, karena pertumbuhan masyarakat ibu kota yang semakin tahun semakin padat.

Air yang langsung berasal dari PAM atau dari tanah memiliki bahaya tertentu untuk kesehatan Anda dan keluarga Anda. Hal ini karena air yang berasal dari tanah tersebut memiliki zat-zat berbahaya, seperti nitrat, timbal, merkuri dan pestisida. Zat-zat ini tidak akan hilang, walaupun Anda memasak air sampai mendidih.

Jika zat-zat berbahaya tersebut masuk ke dalam tubuh, maka masalah kesehatan yang mungkin terjadi adalah:

  • Gangguan pencernaan dan ginjal.
  • Kanker.
  • Tekanan darah tinggi.
  • Keracunan.
  • Gangguan tumbuh kembang pada bayi dan anak-anak.

Jenis Filter yang Ada pada Filter Air RO

Untuk mengatasi kurangnya air minum bersih yang dapat menyebabkan masalah kesehatan seperti yang terbilang sebelumnya, Anda bisa menggunakan teknologi RO (Reverse Osmosis).

Cara kerja filter air ini antara lain air Anda akan melalui proses penyulingan dengan memberikan tekanan tinggi pada aliran air. Sehingga, nantinya kandungan ion dalam molekul air Anda akan membentuk barrier. Barrier atau perlindungan ini berfungsi sebagai penghalang kontaminasi bakteri, sehingga hasil air lebih bersih.

Jenis filter yang ada pada Sistem Air RO adalah sebagai berikut:

  • Filter Sedimen dengan Tebal 5 Mikron
    Berfungsi sebagai penyaring karat, kotoran, bau, dan pasir yang mempengaruhi visual air.
  • Filter Sedimen dengan Tebal 1 Mikron
    Berfungsi sebagai penghilang zat padat yang ada pada air Anda.
  • Block Activated Carbon
    Filter jenis block activated carbon ini akan menyaring semua bahan kimia berbahaya yang nantinya akan mempengaruhi rasa air.
  • Membran RO
    Berfungsi untuk menghalau virus atau bakteri yang ada pada air.
  • Post Carbon Filter
    Carbon Filter ini akan menyingkirkan rasa dan bau yang ada pada air, sehingga Anda akan mendapat air yang bening dan bersih.
  • Ultraviolet Water Sterilizer
    Bentuknya seperti lampu UV dengan panjang gelombang 254 nn yang berfungsi untuk membasmi mikroorganisme, seperti kutu air, dan lain-lain serta menghentikan proses produksi mikroorganisme tersebut.
  • Infra Red
    Filter ini berfungsi untuk memperbaiki tingkat oksigen yang ada pada air serta menghilangkan lemak, racun, dan bahan kimia.
  • Mineral
    Terakhir ada filter mineral yang fungsinya untuk memperbaiki kualitas air, sehingga kandungan mineral pada air akan semakin bertambah dan air tersebut akan menambah kesehatan Anda.

Namun, perlu Anda ketahui, saat air Anda sudah memakai filter air RO. Rasa air mungkin akan berubah menjadi lebih pahit daripada air mineral maupun air minum isi ulang yang biasa Anda minum.

Hal ini diakibatkan oleh kandungan mineral murni yang ada pada air hasil filter RO sangat banyak, sehingga mempengaruhi rasa minuman itu sendiri. Namun, hal ini tentunya baik untuk kesehatan, jadi Anda tidak perlu khawatir.

Kelebihan Filter Air RO

Setelah mengetahui penjelasan tentang Filter Air RO dan manfaatnya pada perubahan air minum, saatnya Anda mengetahui apa saja kelebihan lain dalam penggunaan metode RO ini:

1. Perawatan yang Cukup Mudah

Setiap filter air pasti memiliki perawatan tertentu yang harus Anda lakukan secara berkala. Namun, tenang saja, perawatan filter air ini cukup mudah dan dapat Anda lakukan sendiri.

Anda cukup mengecek membrane penyaringan dan pembersihan air secara rutin sekitar dua minggu sekali. Jika membrane tersebut sudah kotor, Anda cukup menggantinya dengan yang baru. Harga membran filter air RO juga tidak terlalu mahal, yaitu sekitar Rp130.000,00 per buah.

2. Kemampuan Penyaringan Sampai 99%

Manfaat selanjutnya dalam memakai filter air ini adalah kemampuan penyaringan airnya yang sangat efektif. Penyaringan pada sistem RO ini adalah sekitar 99% dapat menghilangkan virus, mikroorganisme yang tidak Anda inginkan, zat berbahaya, dan hal-hal yang membahayakan kesehatanmu.

Hal ini karena ukuran pori-pori pada membrane filter cukup kecil, yaitu mencapai 0,0001 mikron. Bakteri dan virus pada air biasanya berukuran sebesar 0,2 mikron, sehingga tidak akan lolos dari saringan filter RO.

Selain virus dan mikroba, kontaminasi lainnya seperti pestisida, logam, dan timbal juga dapat disaring melalui filter ini.

3. Biaya yang Tidak Terlalu Mahal

Jika Anda bandingkan dengan sistem penyulingan air lainnya, filter air RO memiliki biaya instalasi yang tidak terlalu mahal, yaitu terbagi atas 3 jenis, tergantung ukuran dan skala penyaringannya.

  • Rumah Tangga harganya sekitar Rp4.571.000,00.
  • Khusus Industri Skala Kecil sampai Menengah harganya sekitar Rp75.240.000,00.
  • Khusus Industri Skala Besar harganya sekitar Rp224.400.000,00.

Note: harga diatas hanya sebuah perkiraan, tergantung jenis dan kualitas jenis filter air RO yang Anda gunakan.

Anda juga cukup memasang mesin ini dekat dengan sumber air dan saluran PDAM, sehingga proses penyulingan air akan langsung dimulai dan air dapat langsung terpakai tanpa menunggu.

4. Tersedianya Air Minum Bersih Setiap Saat

Dengan menggunakan penyulingan sistem RO ini, air minum bersih akan langsung tersedia untuk rumahmu, sehingga Anda tidak perlu memasak air minum lagi. Baik dari skala besar maupun skala kecil, Anda tidak perlu menunggu penyulingan air yang biasanya memakan waktu lama.

Air minum yang dihasilkan oleh filter air ini pun akan sesuai dengan standar pemerintah Indonesia, yaitu tidak berbau, berasa, dan berwarna.

5. Kapasitas Penyulingan yang Menyesuaikan

Anda tidak perlu khawatir kekurangan air minum, karena penyulingan dengan sistem ini akan menyesuaikan kebutuhan penggunanya. Daya saringnya cukup tinggi, sehingga hasil air nya akan baik untuk kesehatan.

Beberapa daerah yang telah banyak menggunakan sistem penyulingan menggunakan filter air RO ini adalah Medan, Makassar, Bandung, Jakarta, dan lain-lain.

Tertarik Menggunakan Filter Air RO?

Itulah penjelasan dan kelebihan filter air sistem RO yang sangat bermanfaat untuk kesehatan Anda dan keluarga. Selain itu, biayanya juga cukup terjangkau, perawatannya cukup mudah, dan kapasitas penyulingannya bisa Anda sesuaikan. Jadi, tunggu apalagi untuk memasang filter air ini pada penyulingan air rumahmu?