Tips Memilih Jasa Pembuatan IPAL yang Tepat untuk Sektor Industri

//
Home » News » Tips Memilih Jasa Pembuatan IPAL yang Tepat untuk Sektor Industri

Setiap sektor industri tentu akan menghasilkan limbah. Supaya limbah tersebut tidak mencemari lingkungan karena mengandung zat-zat berbahaya, maka perusahaan wajib mengolahnya terlebih dahulu. Anda tentu memerlukan jasa pembuatan IPAL atau Instalasi Pengeloaan Air Limbah profesional untuk melakukan hal tersebut.

Air limbah yang sudah melewati proses pengelolaan tidak akan membahayakan lingkungan tapi memberikan beberapa manfaat. Kondisi tersebut lantaran air olahan limbah yang bersih bisa digunakan kembali untuk kebutuhan sehari-hari. Silakan ikuti pembahasan lengkap mengenai IPAL lewat artikel ini.

Cara Memilih Penyedia Layanan Pembuatan IPAL yang Tepat

Supaya bisa mendapatkan hasil pengolahan air limbah yang memuaskan, sebaiknya simak cara-cara memilih jasa pembuatan  IPAL sebagai berikut:

1. Berpengalaman dan Kredibel

Pertimbangan pertama yang sangat penting dalam memilih penyedia layanan IPAL yaitu sudah mempunyai pengalaman yang cukup lama. Tidak hanya sampai disitu saja karena Anda juga perlu mencari tahu reputasi dan kredibilitasnya dalam mengerjakan tugas tersebut.

Semakin lama perusahaan IPAL berdiri, tentu akan semakin mumpuni pula pengalaman yang mereka miliki. Jasa seperti ini tentu akan memberikan solusi positif apabila terjadi kendala selama pengerjaan. Mereka akan lebih mudah menemukan jalan keluar untuk mengatasi masalah yang mereka hadapi.

2. SDM Profesional dan Berkualitas

Jasa pembuatan IPAL yang kredibel biasanya hanya akan mempekerjakan SDM profesional dan berkualitas. Untuk mengetahui apakah vendor IPAL yang akan Anda gunakan tersebut mempunyai kriteria seperti ini, maka Anda bisa menanyakannya terlebih dahulu. Anda juga bisa meminta portofolio SDM mereka.

Pertimbangan ini penting mengingat mereka yang akan mengerjakan proses instalasi pengelolaan air limbah tersebut. Jika memilih SDM profesional dan berkualitas, Anda pun bisa mendapatkan hasil pengolahan air limbah sesuai dengan kebutuhan usaha Anda.

3. Mempunyai Perizinan Usaha dan Sertifikat

Mengingat pengelolaan limbah harus dilakukan oleh tenaga ahli dan profesional, maka pastikan Anda memilih vendor yang sudah memiliki sertifikat dan surat perizinan resmi. Apabila mereka sudah memiliki sertifikat dan surat perizinan usaha, Anda bisa memilihnya karena sudah memenuhi standard yang ditetapkan.

4. Memberikan Garansi

Jasa pembuatan IPAL profesional umumnya akan memberikan layanan garansi kepada pelanggan yang menggunakan jasa mereka. Memilih vendor kontraktor IPAL yang memberikan garansi dapat mengurangi kerugian apabila terjadi masalah atau kerusakan di kemudian hari.

Biasanya, vendor kontraktor akan memberikan garansi dalam jangka waktu tertentu. Jenis garansi yang mungkin ditawarkan antara lain perbaikan apabila terjadi kerusakan atau mengganti spare part yang rusak. 

5. Menawarkan Harga Wajar

Harga merupakan salah satu indikator penting dalam memilih barang atau layanan jasa. Penawaran harga murah memang menggiurkan, namun Anda perlu mempertimbangkan kualitas layanan yang mereka berikan. 

Jangan mudah terpengaruh dengan penawaran yang sangat murah karena sebaiknya Anda memilih vendor dengan harga wajar.

Jika Anda memilih jasa pembuatan IPAL yang sangat murah, kemungkinan untuk mengeluarkan biaya yang lebih besar pun akan sangat tinggi. Hal ini karena vendor tidak menggunakan peralatan yang baik sehingga rentan mengalami kerusakan. 

Belum lagi jika pengerjaannya asal-asalan yang memungkinkan Anda untuk mengganti ulang semuanya.

6. Menggunakan Peralatan Berkualitas

Tidak ada salah jika Anda harus memilih vendor yang menawarkan harga sedikit mahal. Biasanya vendor tersebut akan menggunakan peralatan atau produk berkualitas untuk instalasi pengelolaan air limbah. Hal ini tentu saja akan menguntungkan Anda karena peralatan tersebut jauh lebih awet dan mampu bekerja secara optimal.

Anda bisa melakukan survei terlebih dahulu jika ingin mengetahui peralatan IPAL yang berkualitas. 

7. Memiliki SOP yang Tepat

Jasa pembuatan IPAL profesional pasti memiliki standar operasional kerja yang baik dan tepat. Hal ini juga tidak boleh luput dari pertimbangan Anda karena air limbah mengandung zat-zat kimia berbahaya. 

Vendor IPAL profesional akan membuat perencanaan terlebih dahulu sebelum mengerjakan proyek tersebut. Perencanaan ini akan membuat pekerjaan lebih rapi, detail, terperinci. Jadi, saluran IPAL pun berfungsi secara maksimal dalam mengelola air limbah sehingga tidak mencemari lingkungan.

8. Melayani dengan Baik

Vendor IPAL profesional juga akan memberikan pelayanan yang baik dan ramah kepada pada klien. Biasanya, mereka juga memberikan layanan konsultasi sehingga klien dapat berkonsultasi dengan leluasa.

Komunikasi yang baik ini akan memberikan kepuasan terhadap klien karena pengerjaan IPAL sesuai dengan keinginan dan kebutuhan mereka.

Manfaat IPAL

IPAL yang merupakan pengolahan limbah menjadi air bersih mempunyai sejumlah manfaat menarik seperti di bawah ini:

A. Menghasilkan Air Bersih

Jasa pembuatan IPAL bisa menyaring limbah cair menjadi air bersih layak guna. Air dari hasil pengelolaan limbah tersebut akan menjadi air bersih yang bebas dari racun atau zat berbahaya sehingga bisa Anda manfaatkan untuk mandi, mencuci, bersih-bersih, dan kegiatan lainnya.

B. Melestarikan Lingkungan

Setiap sektor industri wajib untuk memelihara kelestarian lingkungan. Itulah mengapa penting untuk mengelola limbah dengan baik agar tidak meracuni lingkungan sekitar. Racun pada limbah yang dibuang sembarangan dapat membunuh hewan dan tanaman. Selain itu, racun tersebut juga membahayakan kesehatan manusia.

C. Mengurangi Polusi

Limbah merupakan bagian dari polusi yang berbahaya. Industri yang memiliki kepedulian terhadap lingkungan, tentu akan menggunakan jasa pembuatan IPAL untuk mengolah limbah cair agar tidak menjadi polusi. Sebab, polusi limbah cair yang mencemari air sungai atau laut tentu dapat menimbulkan kerusakan lingkungan.

D. Mendukung Kelancaran Usaha

Industri yang sudah menggunakan IPAL tentu bisa menjalankan usaha dengan lancar karena sudah memenuhi standar keamanan lingkungan. Berbeda dengan perusahaan yang masih belum mempunyai IPAL, pemerintah setempat bisa saja mencabut izin usaha karena dapat merusak lingkungan.

Sudah Bisa Memilih Jasa Pembuatan IPAL Profesional?

Anda sudah bisa mengenali penyedia jasa pembuatan IPAL profesional, bukan? Jika tidak ingin salah pilih, bisa mempercayakannya pada Tirta Mandiri. Perusahaan ini menggunakan mesin RO atau Reverse Osmosis yang bagus dalam menyaring air. Mesin tersebut bisa menghasilkan air bersih bebas dari kontaminasi logam berat dan bakteri.